Home / Dispensing / IFRS / 3 Upaya Pencegahan Penting Agar Pasien Terhindar Infeksi di Rumah Sakit
ijpst
CDC
@CDCgov 21h21 hours ago Best infection control? Prevention! Clean your hands often.

3 Upaya Pencegahan Penting Agar Pasien Terhindar Infeksi di Rumah Sakit

3 Upaya Pencegahan Penting Agar Pasien Terhindar Infeksi di Rumah Sakit. Pasien yang menerima perawatan medis bisa mendapatkan infeksi serius yang disebut dengan infeksiterkait perawatan kesehatan (healthcare-associated infections /HAIS), yang dapat menyebabkan sepsis bahkan kematian.

Beberapa Rumah sakit telah melaporkan banyaknya kasus HAIS kepada Centers for Disease Control & Prevention (CDC) di Amerika, termasuk infeksi yang disebabkan oleh C. difficile, infeksi setelah operasi, dan infeksi berikut penempatan tabung di kandung kemih atau pembuluh darah besar (kateter).

Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri yang resisten terhadap antibiotik, membuat mereka sulit untuk diobati. Dalam beberapa jenis rumah sakit, satu dari empat infeksi ini (tidak termasuk C. difficile) disebabkan oleh bakteri resisten antibiotik diidentifikasi oleh CDC sebagai ancaman mendesak atau serius terhadap kesehatan.

Tiga upaya penting untuk mencegah HAIS adalah

1) mencegah infeksi yang terkait dengan operasi atau penempatan kateter,
2) mencegah penyebaran bakteri antara pasien, dan
3) meningkatkan penggunaan antibiotik. Sangat penting bahwa penyedia layanan kesehatan mengambil tindakan ini dengan setiap pasien setiap kali untuk mencegah HAIS dan menghentikan penyebaran resistensi antibiotik.

Menurut CDC, tenaga kesehatan termasuk Apoteker harus:

  • Ikuti rekomendasi untuk mencegah C. difficile dan infeksi yang dapat terjadi setelah operasi atau terkait dengan penggunaan kateter yang ditempatkan kedalam tubuh. Ikuti tindakan yang direkomendasikan dengan setiap pasien setiap kali.
  • Mengisolasi pasien saat yang tepat, dan tahu pola resistensi antibiotik di fasilitas Anda / daerah.
  • Meresepkan antibiotik dengan benar. Dapatkan budaya, mulai antibiotik segera, dan menilai kembali 24-48 jam kemudian. Tahu kapan harus berhenti pengobatan antibiotik.

Selain itu, CDC juga memberikan info grafis mengenai 6 tips pencegahan infeksi seperti berikut ini

Baca :  Regulator Amerika Rilis Pedoman Baru Penggunaan Antibiotik Untuk Hindari Resistensi
CDC
@CDCgov 21h21 hours ago
Best infection control? Prevention! Clean your hands often.

Sumber : CDC Maret 2016
http://www.cdc.gov/vitalsigns/protect-patients/index.html

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

orbis

Begini Fasilitas Pesawat Edukasi dan Rumah Sakit Mata Orbis Generasi Terbaru

Majalah Farmasetika (V1N8-Oktober 2016). Pesawat khusus Rumah Sakit pendidikan mata New Orbis Flying Eye Hospital yang dirancang untuk membawa …

Leave a Reply

Skip to toolbar