Home / Dispensing / IFRS / Pentingnya Cuci Tangan yang Bisa Cegah Infeksi dan Kontaminasi Silang di Rumah Sakit
ijpst
who hand

Pentingnya Cuci Tangan yang Bisa Cegah Infeksi dan Kontaminasi Silang di Rumah Sakit

Pentingnya Cuci Tangan yang Bisa Cegah Infeksi dan Kontaminasi Silang di Rumah Sakit. Kemarin (5/5) adalah hari tangan higienis sedunia, World Health Organization (WHO) dan Center of Diesease Control and Prevention (CDC) ikut mengkampanyekan hal ini untuk mengingatkan profesional kesehatan, pasien, dan orang-orang terdekat pasien untuk mencegah infeksi kesehatan terkait dengan menjaga tangan mereka agar tetap bersih.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Roy Sparringa juga ikut bersuara melalui akun twitter pribadinya.

Selalu jaga higiene perseorangan, cuci tangan, hindari kontaminasi silang. Kenali Bahaya Kuman, Cegah! Kebersihan tangan banyak mengubah dunia. Mulai dari diri sendiri.” tweeps @RoySparringa (6/5).

Meskipun kontak tangan diketahui menjadi cara kuman tersebar di fasilitas medis, studi menunjukkan bahwa beberapa profesional kesehatan tidak mengikuti rekomendasi kebersihan tangan CDC.

@CDCGov

Rata-rata, para profesional kesehatan membersihkan tangan mereka kurang dari setengah dari waktu yang seharusnya.

“Pasien tergantung pada tim medis mereka untuk membantu mereka sembuh, dan langkah pertama adalah memastikan para profesional kesehatan tidak mengekspos mereka untuk infeksi baru,” kata Direktur CDC Tom Frieden, M.D., M.P.H. “Membersihkan tangan harus benar-benar diperhitungkan dan dalam beberapa kasus dapat menjadi masalah hidup dan mati.”

@CDCGov

Kampanye yang diusung CDC kali ini mempromosikan penyedia layanan kesehatan kepatuhan terhadap rekomendasi CDC tentang kebersihan tangan dengan mengatasi beberapa mitos dan kesalahan persepsi tentang kebersihan tangan.

@CDCGov

Sebagai contoh, beberapa orang secara keliru percaya bahwa menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol memberikan kontribusi untuk resistensi antibiotik dan bahwa lebih merusak tangan daripada mencuci dengan sabun dan air.

@CDCGov

Alkohol berbasis pembersih tangan membunuh kuman dengan cepat dan dengan cara yang berbeda dari antibiotik, sehingga tidak menyebabkan resistensi antibiotik, dan hal itu menyebabkan iritasi kulit kurang dari sering menggunakan sabun dan air.

Baca :  3 Upaya Pencegahan Penting Agar Pasien Terhindar Infeksi di Rumah Sakit
@CDCGov

Inisiatif ini juga mendorong pasien dan orang yang mereka cintai untuk meminta tim kesehatan mereka untuk membersihkan tangan mereka jika mereka tidak melihat mereka melakukannya sebelum memberikan perawatan.

@CDCGov

“Kita tahu bahwa pasien dapat merasa ragu-ragu untuk berbicara, tetapi mereka adalah anggota penting dari tim perawatan kesehatan dan harus mengharapkan tangan yang bersih dari penyedia,” kata Arjun Srinivasan, gelar M.D., associate director CDC untuk program pencegahan infeksi kesehatan terkait. “Kita tahu bahwa penyedia layanan kesehatan menginginkan yang terbaik untuk pasien mereka, jadi kami ingin mengingatkan mereka bahwa langkah sederhana membersihkan tangan mereka melindungi pasien mereka.”

Sebanyak 722.000 infeksi terkait tenaga kesehatan diperkirakan terjadi setiap tahun di rumah sakit AS, dan sekitar 75.000 pasien dengan infeksi ini meninggal selama tinggal di rumah sakit mereka. Penyedia layanan kesehatan harus mengikuti praktik kebersihan tangan yang baik, seperti membersihkan tangan mereka sebelum dan setelah setiap kontak dengan pasien.

@WHO

Sedangkan menurut WHO, Terkait infeksi yang disebabkan oleh perawatan kesehatan biasanya akan menerima perhatian publik ketika ada wabah terjadi. Padahal saat ini 1 dari 2 staf operasi tidak mencuci tangan, sebesar 31% pasien mengalami infeksi di Rumah Sakit dan hal ini disebabkan karena 61% tenaga kesehatan tidak mencuci tangannya.

Sumber : http://www.cdc.gov/media/releases/2016/p0505-clean-hands.html

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com.

Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami.

Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

infeksi

Cara Melindungi Pasien dari Resistensi Antibiotik di Rumah Sakit

Cara Melindungi Pasien dari Resistensi Antibiotik di Rumah Sakit. Center for Disease and Prevention (CDC) memberikan …

Leave a Reply

Skip to toolbar