Home / Dispensing / Edukasi / 5 Hal Penting yang Tidak Anda Ketahui Tentang Mulut Kering
mulut kering

5 Hal Penting yang Tidak Anda Ketahui Tentang Mulut Kering

5 Hal Penting yang Tidak Anda Ketahui Tentang Mulut Kering. Apakah Anda tahu bahwa jutaan pasien mengalami mulut kering secara episodik atau kronis? Atau mulut kering bukan berasal penyakit itu sendiri, tetapi merupakan gejala dari masalah yang mendasarinya?

Berikut adalah 5 hal penting yang mungkin tidak diketahui orang banyak tentang mulut kering, menurut buku the Bad Breath Bible oleh Harold Katz, MD, pendiri the California Breath Clinics dan pengembang dari produk perawatan mulut the TheraBreath line.

1. Mulut kering sebagai efek samping dari mayoritas obat yang biasa diresepkan.
Resep obat yang dapat menyebabkan mulut kering termasuk antidepresan, antihistamin, antihipertensi, dan antikonvulsan (Tabel 1). Namun, banyak obat OTC juga dapat sering menyebabkan mulut kering, termasuk OTC antihistamin, penghilang rasa sakit, dan antidiarrhetics.

TABLE 1: MEDICATION CLASSES THAT CAUSE DRY MOUTH

Antirexiant

Antidiarrhetic

Antipsychotic

Antiacne

Antihistamine

Bronchodilator

Antianxiety

Antihypertensive

Decongestant

Anticholinergic/

Antispasmodic

Anti-inflammatory Analgesic

Diuretic

Anticonvulsant

Antinauseant/Antiemetic

Muscle Relaxant

Antidepressant

Antiparkinsonian

Narcotic Analgesic

Sedative

 

 

Source: TheraBreath

2. Alkohol dan Rokok penyebab terburuk dari mulut kering.
Itu karena alkohol adalah zat pengering yang secara substansial mengurangi aliran air liur dan kandungan oksigen di mulut, yang keduanya bisa mencegah mulut kering.

alkohol zat pengering yang paling umum ditemukan dalam makanan dan minuman. Itu juga ditemukan di banyak obat kumur populer, yang mungkin berisi hingga 27% alkohol dan benar-benar akan memperburuk mulut kering.

Hal lain yang dapat membuat mulut kering adalah pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate, yang terbukti menyebabkan mulut kering. Penggunaan tembakau, sebagai jangka panjang dari merokok dapat mengurangi aliran kelenjar saliva sehingga bisa meningkatkan gangguan mulut dan gigi yang berhubungan erat dengan mulut kering.

Baca :  Cara Ilmiah Deteksi Kandungan Babi dan Alkohol dalam Produk Farmasi

3. Mulut kering di pagi hari bisa berarti masalah pernapasan.
Bangun dengan mulut kering ini terkait dengan ketidakmampuan untuk bernapas normal saat tidur. Ketika jumlah berlebihan udara yang dihirup dan dihembuskan melalui mulut semalam, dapat mengurangi aliran air liur, yang pada gilirannya menyebabkan mulut kering dan bau mulut.

4. Mulut kering dapat menyebabkan kerusakan gigi dan radang gusi.
Karena air liur meminimalkan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan infeksi mulut lainnya, penurunan aliran saliva yang berhubungan dengan mulut kering dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan radang gusi, yang menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak, dan rentan terhadap perdarahan dengan mudah.

Jika tidak diobati, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis, penyakit peradangan serius yang mempengaruhi jaringan gusi, yang banyak pasien dengan mulut kering sayangnya akan berkembang. Dalam kasus lanjut, penyakit periodontal dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang dan menyebabkan malformasi rahang serius.

5. Produk air liur buatan dapat mencegah dan mengobati mulut kering.
Sejumlah produk saliva buatan yang tersedia di Amerika untuk mencegah dan mengobati mulut kering, dan hadir dalam formulasi seperti bilasan, semprotan, pasta gigi, gel, lozenges, dan permen karet. Produk ini diformulasikan untuk meniru sifat-sifat kimia dan fisika air liur alam, tetapi mereka tidak bisa melakukan perlindungan air liur alami.

Produk saliva buatan biasanya berisi karboksimetilselulosa dan gliserin untuk viskositas, serta kalsium dan fosfat ion. Beberapa produk mengandung fluoride dan / atau agen penyedap / pemanis. Apoteker harus mengingatkan pasien mereka bahwa produk ini diklasifikasikan sebagai produk pengganti dan bukan obat untuk mulut kering.

Sumber : http://www.pharmacytimes.com/news/5-things-you-dont-know-about-dry-mouth/

Share this:
  • 19
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    19
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Defisiensi Tinggi Vitamin B pada Remaja Terkait Gangguan Jiwa

Farmasetika.com – Berdasarkan penelitian terbaru menjelaskan bahwa defisiensi dengan tingkat kekurangan vitamin B9 dan B12 …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar