Home / Berita / Game Pokemon Go Dilaporkan Membantu Orang yang Terkena Depresi
pokemon go
pic : youtube

Game Pokemon Go Dilaporkan Membantu Orang yang Terkena Depresi

Majalah Farmasetika (V1N5-Juli 2016). Aplikasi game terbaru Pokemon Go benar-benar membuat pengalaman baru bagi yang memainkannya. Walau pro dan kontra muncul terutama karena dampak yang merugikan, baru-baru ini dilaporkan pula dapat membantu orang yang terkena depresi.

Pokemon Go merupakan permainan paling inovatif yang dapat dinikmati melalui smartphone dimana bisa dimainkan secara real dengan mengarahkan kamera ke lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, para pemain bisa mencari teman bermain dengan benar-benar berjalan mengitari kota-kota mereka.

Tapi ternyata dilaporkan adanya manfaat tak terduga bagi orang yang menderita kondisi kesehatan mental.

Seperti yang dilaporkan psikolog John M. Grohol pada PsychCentral melaporkan peningkatan tak terduga dalam depresi dan kecemasan mereka sebagai akibat dari bermain game.

Dengan lebih banyak orang sekarang menggunakan aplikasi ini maka penggunaan aplikasi lainnya seperti Twitter akan segera tersusul, tampak bahwa Pokemon Go memotivasi pengguna untuk bangun dan keluar dari rumah, sesuatu yang sering memerlukan perjuangan untuk orang yang menderita depresi atau kecemasan.

Berikut adalah beberapa dari ratusan Tweet dari seluruh dunia yang memuji permainan Pokemon Go:

Dengan aplikasi yang baru selama seminggu, para ilmuwan belum mampu mempelajari link ini, jadi kita tidak bisa mengatakan dengan pasti apa efek dari aplikasinya secara ilmiah.

Baca :  Bahaya Minuman Berlabel "Diet Soda" yang Rendah Kalori dan Gula

Tapi Grohol berpikir bahwa manfaat berasal dari dorongan orang untuk bergerak di sekitar, sesuatu yang pernah dipelajari di penelitian terdahulu yang telah menunjukkan hal yang bermanfaat bagi kesehatan mental.

“Untuk orang yang menderita depresi atau gangguan mood yang lain, gagasan latihan dapat hampir mustahil untuk direnungkan” tulis Grohol. “Untuk seseorang yang menderita kecemasan sosial, gagasan pergi ke luar dan mungkin menabrak orang lain yang mungkin ingin berbicara dengan Anda adalah menakutkan.”

Namun aplikasi ini mendorong orang untuk keluar dan menjelajahi lingkungan mereka untuk menemukan dan menangkap Pokémon, sesuatu yang memberikan penghargaan mereka untuk meninggalkan rumah tanpa memaksa harus berinteraksi sosial.

“Saya rasa ini adalah demonstrasi yang indah dari konsekuensi yang tidak disengaja tapi menguntungkan dari game dan menghasilkan permainan yang mendorong latihan yang sehat,” kata Grohol dari PsychCentral.

“Ratusan pengembang aplikasi telah mencoba untuk mengembangkan aplikasi suasana hati mengubah dengan mendorong orang untuk melacak suasana hati mereka atau dengan mendorong afirmasi. Tapi aplikasi ini jarang menangkap, dan beberapa orang terus menggunakan mereka melewati minggu pertama,” tambah Grohol.

“Para pengembang di balik Pokemon Go tidak bermaksud membuat aplikasi game untuk kesehatan mental. Tapi mereka sudah melakukannya, dan efek tampaknya sebagian besar positif.”

Fakta bahwa beberapa Pokémon yang paling menarik yang ditemukan di dekat pohon atau air juga bisa menjadi membantu, dengan studi terbaru menunjukkan bahwa hanya 30 menit dari paparan alam seminggu dapat bermanfaat bagi kesehatan mental masyarakat.

Tentu saja, Pokemon Go belum semua positif.

Pekan lalu, seorang remaja di Wyoming menemukan mayat ketika mencoba untuk menangkap Pokémon, dan perampok bersenjata menggunakan permainan ini agar tidak curiga. Ada juga versi aplikasi Android yang berbahaya yang saat ini telah beredar.

Baca :  Menakar Anggaran Kesehatan dalam RAPBN Tahun 2017

Tapi tampaknya bahwa manfaat dari bermain aman dan keluar dari rumah lebih sering untuk menemukan Pokemon mungkin lebih besar daripada beberapa risiko tersebut .

Sumber : sciencealert.com

Print Friendly, PDF & Email
Share this:
  • 99
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    99
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Pengurus KIFI Dilantik, Para Apoteker dan TTK bisa Kembangkan Profesinya Lewat KIFI

Farmasetika.com – Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI), Drs. Nurul Falah Eddy …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar