Home / R & D / Penghantaran Obat / Menghambat Signal Syaraf dengan Bioelektronik Mampu Kendalikan Penyakit
Apa itu bioelektronik?
Konsep pengobatan bioelektronik : Chip elektronik yang sangat kecil diimplan dalam tubuh, mengobati dengan memodifikasi impuls dari sistem syaraf

Menghambat Signal Syaraf dengan Bioelektronik Mampu Kendalikan Penyakit

Majalah Farmasetika (V1N6-Agustus 2016). GlaxoSmithKline dan Galvani Bioelectronics mengklaim bahwa dengan mengontrol sel-sel saraf manusia dengan impuls listrik (biolektronik) bisa mengobati berbagai penyakit termasuk radang sendi, asma dan diabetes.

Galvani Bioelectronics berharap untuk membawa sistem pengobatan baru berdasarkan teknik ini dalam waktu 7 tahun kedepan.

Hal ini didasarkan atas percobaan pra-klinik pada hewan percobaan yang telah terpasang alat silikon kecil mengandung elektroda di sekitar saraf dan kemudian menggunakan power supply untuk mengontrol pesan saraf ini.

Pengujian ini untuk membuktikan pendekatan terapi diabetes tipe-2, di mana tubuh bisa mengabaikan hormon insulin. Mereka berfokus pada sekelompok sensor kimia dekat arteri utama di leher yang memeriksa kadar gula dan insulin hormon.

Sensor mengirim temuan mereka kembali ke otak, melalui saraf, sehingga organ dapat mengkoordinasikan respon tubuh terhadap gula dalam aliran darah.

“Dengan menghalangi sinyal-sinyal saraf pada tikus diabetes, Anda melihat sensitivitas tubuh terhadap insulin dipulihkan.” komentar GSK wakil presiden bioelectronics Kris FAMM dikutip dari BBCNews (2/8).

Menurutnya pengujian awal ini dimungkinkan bisa bekerja pada penyakit lain juga.

“Ini bukan hanya satu-trick-kuda poni, itu adalah sesuatu yang jika kita bisa melakukannya dengan benar bisa memiliki kelas baru terapi di tangan kami,” kataFAMM.

Namun dia mengatakan ide ini bisa gagal bila tidak memahami sinyal saraf mana yang memiliki efek penting di dalam tubuh. Volume dan irama sinyal saraf penting untuk diketahui sebelum menonaktifkannya.

Dan bahkan jika pendekatan ini bekerja sesuai teorinya, sejumlah besar upaya akan dibutuhkan untuk membuat teknologi praktis. Sebuah Kit atau microchip untuk mengendalikan saraf diperlukan, disesuaikan dengan saraf pasien yang berbeda ‘, cukup tahan lama untuk bertahan di jangka panjang tubuh dan memiliki daya baterai yang cukup.

Baca :  Gambaran Singkat Proses Pengemasan Vaksin di GlaxoSmithKline
Seberapa kecil chipnya? Dikembangkan akan menjadi sekecil nasi
Seberapa kecil chipnya? Dikembangkan akan menjadi sekecil nasi
[Selengkapnya Baca : Bioelektronik, Konsep Pengobatan Masa Depan yang Dikembangkan GSK]

Dr FAMM menambahkan: “Dalam 10 sampai 20 tahun saya pikir akan ada satu set terapi presisi miniatur ini yang akan tersedia untuk Anda dan saya ketika kita pergi ke dokter.”

Kepala kantor teknologi Brian Otis mengatakan: “obat bioelectronic merupakan daerah baru eksplorasi terapi, dan kita tahu bahwa keberhasilan akan membutuhkan pertemuan keahlian biologi penyakit dalam dan baru teknologi yang sangat miniatur.”

“Kemitraan ini (GSK-Galvani) memberikan kesempatan untuk lebih lanjut misi sesungguhnya dengan mengerahkan keahlian kami fokus dalam daya rendah, terapi miniatur dan analisis data dari Kit kami berpotensi mengatasi banyak daerah penyakit dengan lebih presisi dengan tujuan hasil membaik.”

Sumber : http://www.bbc.com/news/health-36940755

Share this:
  • 53
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    53
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

magnet implan

Teknologi Implan Magnet Prospektif Sebagai Sistem Penghantaran Obat Baru

farmasetika.com – Para peneliti dari University of British Columbia (UBC) telah menemukan metode baru sistem penghantaran …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar