Home / Berita / Studi Terbaru Pastikan Vaksinasi Flu Ketika Hamil Tidak Sebabkan Autis Pada Anaknya
vaksin
pic : freedigitalphotos.net

Studi Terbaru Pastikan Vaksinasi Flu Ketika Hamil Tidak Sebabkan Autis Pada Anaknya

farmasetika.com – Sebuah studi baru yang diterbitkan di JAMA Pediatrics menyebutkan bahwa vaksinasi flu selama kehamilan tidak meningkatkan risiko gangguan spektrum autisme (autism spectrum disorders/ASD) pada anak-anaknya kelak.

Studi ini tidak menemukan hubungan antara infeksi influenza pada ibu dan vaksinasi serta risiko autisme pada anak-anak. Meskipun infeksi maternal dan demam selama kehamilan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan spektrum autisme, tidak ada penelitian yang meneliti dampak vaksinasi influenza selama kehamilan memiliki risiko ASD.

Studi ini meneliti 196.929 anak yang lahir di Kaiser Permanente Northern California pada renatang 1 Januari 2000 hingga 31 Desember 2010. Dalam kelompok tertentu, influenza didiagnosis pada 17% dari ibu dan 23% menerima vaksinasi influenza selama kehamilan. Secara keseluruhan, 1,6% dari anak-anak dalam penelitian ini didiagnosis dengan ASD.

Berdasarkan hasil studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa vaksinasi infeksi influenza atau flu pada ibu kapan saja selama kehamilan tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko ASD.

Hasil pada waktu trimester spesifik menunjukkan peningkatan kecil dalam risiko ASD ketika ibu menerima vaksinasi flu selama trimester pertama. Namun, asosiasi ini secara statistik tidak cukup signifikan untuk memberikan bukti hubungan sebab akibat langsung..

Kelompok studi dibatasi untuk anak-anak yang lahir pada usia kehamilan minimal 24 minggu dan tetap dikontrol sampai setidaknya 2 tahun. Peneliti memeriksa catatan medis ibu dengan infeksi influenza dan vaksinasi yang terjadi selama kehamilan.

Meskipun hasil studi tampaknya positif, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memberikan jawaban yang pasti, terutama karena penelitian lain telah menemukan hubungan antara infeksi ibu selama kehamilan dan autisme.

Perempuan didorong untuk menerima imunisasi flu mereka saat hamil karena risiko tinggi bahwa infeksi influenza terjadi pada bayi yang baru lahir.

Baca :  Bio Farma Inisiasi Industri Biofarmasetikal Mandiri Melalui Forum Riset Life Science

Sumber :

Jennifer Barrett. Flu Vaccination During Pregnancy Not Linked to Autism Risk, Study Finds. http://www.pharmacytimes.com/resource-centers/flu/flu-vaccination-during-pregnancy-not-linked-to-autism-risk-study-finds (diakses 14 Desember 2016).

Share this:
  • 82
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    82
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Audrey Clarisa Terpilih Sebagai Presiden Apoteker Muda Asia 2018-2020

Farmasetika.com – The Federation of Asian Pharmaceutical Association (FAPA) merupakan organisasi yang menaungi asosiasi farmasis …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar