Home / Dispensing / Edukasi / Konsumsi Asam Folat Sebelum dan Selama Kehamilan Mencegah Cacat Tabung Saraf Janin
Neural_tube_defect
pic : wikimedia.org

Konsumsi Asam Folat Sebelum dan Selama Kehamilan Mencegah Cacat Tabung Saraf Janin

farmasetika.com – US Preventive Services Task Force (USPSTF) mengeluarkan pernyataan terkait konsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan dapat membantu melindungi bayi terhadap cacat tabung saraf pada janin atau Neural Tube Defects. Pernyataan ini telah dipublikasikan di jurnal JAMA baru-baru ini.

Apa itu Neural Tube Defects?

Cacat tabung saraf (Neural Tube Defects/NTD) adalah sekelompok kondisi di mana adanya pembukaan di sumsum tulang belakang atau otak tetap dari awal perkembangan janin. Pada minggu ke-3 kehamilan disebut gastrulasi, sel-sel khusus di sisi dorsal embrio mulai berubah bentuk dan membentuk tabung saraf. Jika neural tube tidak menutup sepenuhnya, maka kondisi NTD akan berkembang.

Tipe tertentu meliputi: spina bifida yang mempengaruhi tulang belakang, anencephaly yang menghasilkan sedikit atau tidak ada otak, encephalocele yang mempengaruhi tengkorak, dan iniencephaly yang menghasilkan masalah leher yang parah.

NTDs adalah salah satu cacat lahir yang paling umum, yang mempengaruhi lebih dari 300.000 kelahiran setiap tahun di seluruh dunia. Misalnya, spina bifida mempengaruhi sekitar 1.500 kelahiran per tahun di Amerika Serikat, atau sekitar 3,5 di setiap 10.000 (0,035% dari kelahiran AS), yang telah menurun dari sekitar 5 per 10.000 (0,05% dari kelahiran AS) sejak fortifikasi asam folat dimulai. Jumlah kematian di Amerika Serikat setiap tahun karena cacat tabung saraf juga menurun dari 1.200 dibanding sebelum fortifikasi folat dimulai.

Konsumsi asam folat mampu mencegah NTD

Mengonsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan dapat membantu melindungi bayi terhadap cacat tabung saraf, menurut rekomendasi dari USPSTF. Pernyataan itu juga mencatat bahwa periode kritis ketika suplemen asam folat dikonsumsi akan memberikan manfaat paling melindungi dimulai 1 bulan sebelum hamil dan berlanjut melalui 3 bulan pertama kehamilan.

Baca :  Peneliti Pertanyakan Kemanan Obat Pfizer Lyrica Untuk Wanita Hamil

Asam folat ditemukan secara alami dalam buah-buahan dan sayuran, tetapi kebanyakan wanita tidak mendapatkan dosis yang dianjurkan 400-800 mikrogram asam folat per hari, menurut pernyataan itu.

“USPSTF menemukan bukti yang meyakinkan bahwa risiko cacat tabung saraf dapat dikurangi ketika perempuan mengambil suplemen asam folat harian 400-800 mikrogram,” kata anggota Satgas Alex R. Kemper, MD, MPH, MS. “Suplemen ini dapat diambil sebagai multivitamin harian, vitamin prenatal, atau tablet tunggal yang memiliki jumlah yang disarankan asam folat.”

Sumber :

Neural tube defect. https://en.wikipedia.org/wiki/Neural_tube_defect. (diakses 13 Januari 2017)

Collen hall. USPSTF to Pregnant Women: Take Folic Acid to Prevent Neural Tube Defects. http://www.pharmacytimes.com/resource-centers/vitamins-supplements/uspstf-to-pregnant-women-take-folic-acid-to-prevent-neural-tube-defects (diakses 13 Januari 2017).

USPSTF. Folic Acid Supplementation for the Prevention of Neural Tube DefectsUS Preventive Services Task Force Recommendation Statement.
JAMA. 2017;317(2):183-189. doi:10.1001/jama.2016.19438.

Share this:
  • 626
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    626
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Peran Apoteker dalam Pengobatan Wasir

Farmasetika.com – Merasa sakit setiap setelah buang air besar atau setiap duduk? Jika wasir terasa …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar