Home / R & D / Penghantaran Obat / Teknologi Implan Magnet Prospektif Sebagai Sistem Penghantaran Obat Baru
magnet implan
(Images courtesy of UBC)

Teknologi Implan Magnet Prospektif Sebagai Sistem Penghantaran Obat Baru

farmasetika.com – Para peneliti dari University of British Columbia (UBC) telah menemukan metode baru sistem penghantaran obat yang mengandalkan teknologi magnet berukuran mungil. Perangkat diaktifkan melalui sistem magnet di atas kulit, dengan berbagai tingkat dosis yang diberikan dengan diterapkan kekuatan magnet yang berbeda.

Teknologi pengiriman baru ini berpotensi memberikan alternatif untuk pasien yang tidak mampu untuk mengkonsumsi obat bentuk pil atau suntikan intravena. Penemuan ini telah diterbitkan di jurnal Advanced Functional Materials edisi terbaru.

Perangkat ini berukuran diameter enam milimeter dan terbuat dari spons silikon, dengan partikel karbonil besi magnet, yang dibungkus dalam polimer berkumparan. Obat yang disuntikkan ke dalam sistem kemudian ditanamkan ke pasien. Ketika magnet melewati perangkat, spons yang bermagnet akan mengatur untuk memberikan dosis yang terukur.

“Implan obat dapat aman dan efektif untuk mengobati berbagai kondisi, dan implan yang dikendalikan secara magnetis sangat menarik karena Anda dapat menyesuaikan dosis setelah implantasi dengan menggunakan kekuatan magnet yang berbeda. Banyak implan lain kekurangan fitur tersebut”, jelas peneliti Ali Shademani, Mahasiswa PhD di UBC.

Implan sejauh ini baru diuji pada hewan dalam pelepasan obat kanker prostat. Obat docetaxel  telah diuji dan ditemukan dapat memberikan obat dalam dosis yang benar serta pemberian obat berpotensi bekerja secara perlahan karena ditahan dalam perangkat sementara yang memiliki efek yang diinginkan pada sel kanker.

“Sistem ini bisa digunakan selama satu hari untuk menghantarkan obat penghilang rasa sakit, hormon, obat kemoterapi dan perawatan lain untuk berbagai kondisi kesehatan,” kata Mu Chiao, pembimbing untuk Shademani dan Profesor Teknik Mesin di UBC.

Potensi obat ini relatif luas, tahap berikutnya akan menguji perangkat dalam manusia dan pengujian validitas untuk penggunaan jangka panjang.

Baca :  Acalabrutinib, Obat Baru Untuk Terapi Lymphoma Sel Mantel

Sumber :

  1. Magnetic implant promises tailored drug delivery. https://www.theengineer.co.uk/magnetic-implant-promises-tailored-drug-delivery/ (diakses 15 Februari 2017)
  2. Tiny magnetic implant offers new drug delivery method. https://phys.org/news/2017-02-tiny-magnetic-implant-drug-delivery.html (diakses 15 Februari 2017)
  3. Ali Shademani et al, Active Regulation of On-Demand Drug Delivery by Magnetically Triggerable Microspouters, Advanced Functional Materials (2017).
Share this:
  • 97
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    97
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Sensor Inhaler Pintar Ini Bisa Menjadi Terapi Asma dan PPOK yang Menjanjikan

farmasetika.com – Food and Drug Adminstration (FDA) Amerika telah menyetujui aplikasi pre-market dari GlaxoSmithKline Ellipta bubuk …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar