Home / Sediaan & Alkes / Parenteral / Liraglutide, Obat Diabetes dengan Indikasi Baru Untuk Mengurangi Resiko Kardiovaskular
ijpst

Liraglutide, Obat Diabetes dengan Indikasi Baru Untuk Mengurangi Resiko Kardiovaskular

farmasetika.com – ​Food and Drug Administraion (FDA) telah menyutujui indikasi baru obat diabetes untuk mengurangi resiko efek samping kardiovaskular.

Pejabat FDA telah menyetujui indikasi baru untuk liraglutide (Victoza, Novo Nordisk) yang menjadikannya satu-satunya obat diabetes tipe 2 untuk mengurangi risiko kejadian kardiovaskular utama pada orang dewasa, menurut siaran pers dari Novo.

Indikasi yang disetujui didasarkan pada hasil uji klinis yang menunjukkan bahwa Victoza secara signifikan mengurangi risiko kematian kardiovaskular, serangan jantung non-fatal atau stroke non-fatal sebesar 13% dibandingkan dengan plasebo, bila ditambahkan ke perawatan standar.

Penelitian yang melibatkan 9340 peserta tersebut, menyelidiki efek jangka panjang obat tersebut dibandingkan dengan plasebo, baik sebagai tambahan terhadap standar perawatan, pada individu dengan diabetes tipe 2 pada risiko tinggi kejadian kardiovaskular.

Standar perawatan termasuk modifikasi gaya hidup, perawatan penurunan glukosa, dan pengobatan kardiovaskular.

Victoza awalnya disetujui oleh FDA pada tahun 2010 sebagai tambahan untuk diet dan olahraga untuk memperbaiki kontrol gula darah pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2.

Di Indonesia, Victoza pen injeksi 6 mgl/mL yang berisi Liragluide disetujui oleh Badan POM pada tahun 2016 yang didaftarkan oleh Beta Pharmacon.

Indikasi yang diperbarui memungkinkan Victoza digunakan untuk mengurangi risiko kejadian kardiovaskular utama, seperti kardiovaskular mematikan, infark miokard non-fatal, atau stroke non-fatal, pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular lanjut.

Sumber : 

  1. Victoza approved in the US as the only type 2 diabetes treatment indicated to reduce the risk of major adverse cardiovascular events [news release]. Denmark. Novo Nordisk’s website. https://www.novonordisk.com/media/news-details.2129162.html. Diakses 25 Agustus, 2017.
  2. http://cekbpom.pom.go.id/index.php/home/produk/1d36cacc159e2060e6acc3dfe34cc3cf/all/row/10/page/1/order/4/DESC/search/1/Victoz
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Obat Baru Glecaprevir dan Pibrentasvir untuk Hepatitis C Disetujui FDA

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

CAR-Tmanufacturing-840x470

Tisagenlecleucel, Terapi Genetik Imunoseluler Pertama Untuk Leukimia Disetujui FDA

farmasetika.com – Pejabat FDA telah mengeluarkan persetujuan bersejarah dari Terapi T-Cell Chimeric Antigen Receptor (CAR) pertama …

Leave a Reply

Skip to toolbar