Home / Sediaan & Alkes / Alat Kesehatan / Manajemen Nyeri Kronis Masa Depan dengan Teknologi Digital Dirilis FDA
ijpst

Manajemen Nyeri Kronis Masa Depan dengan Teknologi Digital Dirilis FDA

Farmasetika.com – Spinal cord atau sumsum tulang belakang adalah bagian dari sistem saraf pusat didalam kanal tulang belakang pada bagian vertebral. [1] 

Baru-baru ini telah dikembangkan stimulasi sumsum tulang belakang yang merupakan salah satu teknik paling efektif yang tersedia dalam penanganan nyeri kronis yang refrakter terhadap modalitas lain dan lebih konservatif. [2]

Food and Drug Administration telah menyetujui hadirnya stimulator saraf pusat medtronic implant. 

Platform berbasis Intell (Intellis) yang dikembangkan dapat merekam dan melacak aktivitas pasien sepanjang waktu dengan pemantauan menggunakan tablet Samsung Galaxy Tab S2.

Seorang peneliti dari Duke University Medical Center di Durham, NIC telah melakukan penelitian dengan menanamkan pada salah satu pasien pertama di Amerika Serikat dengan menggunakan perangkat Intellis. 

Terapi neurostimulasi Medtronic dikembangkan untuk mengatasi nyeri kronis yang selama ini sulit diatasi hanya dengan menggunakan alat yang diletakan dibawah kulit pasien untuk memberikan implus listrik ringan melalui timbal yang ditanamkan pada epidural untuk memblokir jalannya sinyal rasa sakit agar tidak menuju ke otak.

Platform Intellis ini dirancang dengan tujuan untuk mengoptimalkan perawatan pada pasien dan mempermudah komunikasi anatar pasien dan dokter dengan cara melacak dan bebagi aktivitas sehari-hari. Dengan adanya Platorm Intellis ini akan membantu memperbaiki pandangan dokter agar lebih obyektif pada mobilitas dan kemajuan.

Platform Intellis juga digunakan untuk menangani keluhan pasien seperti, maslaha pengisian ulang baterai. Dengan teknologi baterai Overdrive (TM) yang telah dikembangkan oleh Medtronic dan baterai dari alat ini dapat diisi dengan waktu yang sangat cepat hanya memerlukan kurang lebih 1 jam dan dokter dapat menyesuaikan waktu pengisian baterai berdasarkan pada pengaturan terapi.

Baca :  Segel Obat Tetes Mata Hindari Kontaminasi Tapi Waspada Penggunaannya

Platform Intellis ini juga mampu mencakup teknologi MRI SureScan yang di kembangkan Medtronic untuk akses terluas untuk diagnostik MRI dan memiliki kelayakan yang sederhana  dan memungkinkan MRI dapat digunakan di manapun pada tubuh dengan kondisi tertentu, serta dengan teknologi AdaptiveStim (TM) yang otomatis. 

Penyesuaian yang dilakukan adalah dengan memberikan dosis terapi yang tepat pada pasien dengan lokasi terapi yang tepat, karena target nyeri dapat dengan mudah bergeser mengikuti posisi tubuh.

Seorang spesialis obat nyeri Lance Roy di Duke University Medical Center “Pada pasien dengan keluhan nyeri kronis sangat menarik untuk ditangani dengan memiliki data real-time sehingga dapat memberikan lebih banyak informasi tentang kualitas hidup pasien” dan dengan pengembangan Platorm ini merupakan pilihan baru untuk mengatasi nyeri kronis. 

Hal ini dapat menjadi pilihan yang baik dalam pengobatan non-opioid mengingat pentingnya krisis nasional mengenai penyalahgunaan opioid di masyarakat.[3]

 Sumber :

  1. D. Alberstone, “Anatomic Basis of Neurologic Disease Thieme”, New York (2009), pp. 116-198
  2. M. Donnini, “Use and effectiveness of spinal cord stimulation Pract Pain Manag”, 1 (2010), p. 29
  3. Medtronic Announces FDA Approval and U.S. Launch of Next Generation Spinal Cord Stimulator for Chronic Pain Management [news release] Dublin. Medtronic website. http://newsroom.medtronic.com/phoenix.zhtml?c=251324&p=irol-newsArticle&ID=2301240. Accessed September 18, 2018.
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About Diah Permata Sari

Mahasiswa Magister Ilmu Farmasi, Wound Healing Research Group, Departemen Farmasetika dan Teknologi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran.

Check Also

Central_Sleep_Apnea.png 2017-10-13 13-27-29

FDA Menyetujui Pengobatan Terbaru untuk Pasien dengan Central Sleep Apnea (CSA)

Farmasetika.com – Jeda pendek dalam bernapas ketika seseorang sedang tertidur merupakan hal wajar yang biasa …

Leave a Reply

Skip to toolbar