Home / Sediaan & Alkes / Biologis / Era Baru Pengobatan Kanker dengan Terapi Genetik Sudah Dimulai
sel punca
pic : freedigitalpictures.net

Era Baru Pengobatan Kanker dengan Terapi Genetik Sudah Dimulai

Farmasetika.com – Novartis AG pada hari Rabu kemarin (3/1/2018) mendapatkan persetujuan FDA untuk jenis imunoterapi modifikasi gen baru yang pertama untuk leukemia.

Pengobatan ini menandai dimulainya paradigma pengobatan baru yang potensial untuk beberapa jenis kanker.

Persetujuan tersebut muncul setelah rapat panel dewan penasihat FDA bulan lalu dengan suara bulat merekomendasikan tindakan tersebut.

Novartis juga mengumumkan sebuah kesepakatan dengan Pusat Pelayanan Medicare dan Medicaid di Amerika Serikat dimana pembayaran untuk terapi akan didasarkan pada hasil klinis yang dicapai.

Obat yang disebut Kymriah, disetujui untuk pasien berusia sampai 25 tahun yang telah kambuh atau tidak dibantu oleh pengobatan sebelumnya untuk leukemia limfoblastik sel B-sel (ALL).

Dr Kevin Curran, seorang ahli onkologi anak di Memorial Sloan Kettering Cancer Center di New York, mencatat biaya pengobatan ini sangat tinggi senilai $ 475.000 atau 5 miliar rupiah.

“Tentu saja, kita harus membicarakan harga dari sudut pandang nasional,” katanya.

“Tapi jika saya memiliki orang tua dan anak (sakit) di depan saya, dan saya memiliki kesempatan untuk menyelamatkan mereka, kami akan mengambilnya.”

Kymriah termasuk dalam kelas perawatan baru yang disebut terapi CAR-T. Ini melibatkan pemindahan sel T melawan penyakit dari seorang pasien, memodifikasi secara genetis mereka untuk lebih mengenali dan menyerang kanker, dan kemudian menggantinya, di mana mereka dapat bersirkulasi selama bertahun-tahun untuk mencari penyakit ini.

Novartis memperkirakan sekitar 600 pasien setahun akan memenuhi syarat untuk terapi dengan Kymriah. Mereka mengharapkan untuk membuka lima pusat perawatan dalam beberapa hari dan 35 sampai akhir tahun.

“Kami memasuki perbatasan baru dalam inovasi medis dengan kemampuan memprogram ulang sel pasien untuk menyerang kanker yang mematikan,” kata Komisaris Diet dan Obat-obatan di Negara Bagian Scott Gottlieb dikutip dari kantor berita Reteurs.

Baca :  Uji Klinik NIRAPARIB Signifikan Tingkatkan Angka Hidup Penderita Kanker Ovarium

FDA mengatakan telah memberikan 76 aplikasi untuk uji coba yang melibatkan terapi CAR-T eksperimental.

“Dua tahun yang lalu banyak orang mengatakan bahwa jenis perawatan ini adalah fiksi ilmiah,” kata Brad Loncar, chief executive Loncar Investments, yang mengelola Immunotherapy Immunotherapy Loncar Cancer

Dalam uji klinis, terapi CAR-T telah menunjukkan kemanjuran yang luar biasa terhadap kanker darah. Dalam percobaan Novartis yang sangat penting, 83 persen pasien mencapai remisi dengan penyakit yang memiliki hasil buruk secara historis.

“Kami belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya dan saya yakin terapi ini bisa menjadi standar perawatan baru untuk populasi pasien ini,” Dr Stephan Grupp dari Children’s Hospital of Philadelphia mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Namun, jenis terapi ini membawa risiko efek samping yang parah. Kymriah akan mencantumkan kotak peringatan untuk sindrom pelepasan sitokin, respons sistemik yang berpotensi mematikan terhadap aktivasi dan proliferasi sel CAR-T, menyebabkan demam tinggi dan potensi masalah neurologis.

Sumber : Novartis gene therapy approval signals new cancer treatment era. https://www.reuters.com/article/us-novartis-fda/novartis-gene-therapy-for-leukemia-wins-u-s-approval-idUSKCN1BA1ZY

Share this:
  • 36
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    36
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Produk Biosimilar dari Pegfilgrastim Telah Disetujui FDA

Farmasetika.com – Food and Drug Administration (FDA) telah menyetujui pegfilgrastim-jmdb (Fulphila, Mylan GmbH) sebagai biosimilar …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar