Home / Dispensing / Edukasi / Konsumsi Ibuprofen Bisa Menurunkan Kesuburan Pria dan Disfungsi Ereksi
Ibuprofen bottle and tablets. Label is not real.; Shutterstock ID 173305823; Purchase Order: -

Konsumsi Ibuprofen Bisa Menurunkan Kesuburan Pria dan Disfungsi Ereksi

Farmasetika.com – Sebuah studi baru membuktikan bahwa konsumsi ibuprofen bisa menurunkan kesuburan di kalangan pria.

Konsumsi enam tablet obat ibuprofen setiap hari bisa mempengaruhi produksi hormon seks yang merupakan kunci kesuburan.

Selain itu, penggunaan obat penghilang rasa sakit dalam jangka waktu yang lama ini juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi, kehilangan otot dan depresi yang menyebabkan dorongan seks berkurang.

Ilmuwan Denmark menemukan bahwa pria berusia antara 18 dan 35 tahun, mengalami kondisi disfungsi hormon seksual yang disebut hipogonadisme.

Hipogonadisme mempengaruhi hormon seks yang mengatur produksi testosteron. Kejadian ini juga sering ditemukan pada pria usia lanjut dan mereka yang memiliki gangguan reproduksi.

Orang-orang mengembangkan kondisi ini diketahui hanya sepertiga dari jangka waktu penelitian dengan empat minggu waktu penelitian yang tersisa dengan dosis ibuprofen 600mg dua kali sehari.

Tingkat hormon luteinising yang merangsang produksi testosteron meningkat saat pasien minum obat ibuprofen, akan tapi secara keseluruhan hormon testosteron turun.

Ilmuwan Universitas Kopenhagen menemukan 31 relawan tersebut pulih kembali ketika mereka berhenti minum obat penghilang rasa sakit ini. Kondisi sel testis juga telah diteliti di laboratorium.

Penemuan ini diyakini sebagai studi pertama dari jenisnya untuk menunjukkan bahwa ibuprofen dapat mempengaruhi kesehatan testis.

Periset memperingatkan bahwa tidak ada efek samping buruk dari pria yang menggunakan obat tersebut untuk mengatasi sakit kepala sesekali.

Namun, mereka yang beralih ke ibuprofen untuk manajemen nyeri jangka panjang, terutama pasien nyeri kronis, berisiko mengalami hipogonadisme.

Sumber : http://www.dailymail.co.uk/health/article-5247083/amp/Three-ibuprofen-tablets-lead-loss-sex-drive.html

Share this:
  • 262
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    262
    Shares
Baca :  Kelebihan Dosis Ibuprofen dan Diklofenak Sebabkan Risiko Kardiovaskular

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

produk halal obat

Upaya Farmasis dalam Implementasi Undang-Undang Jaminan Produk Halal

farmasetika.com – Edisi Khusus. Jaminan Produk Halal (UU No.33 Tahun 2014) telah diundangkan pada 17 …

Leave a Reply

Skip to toolbar