Home / Dispensing / Edukasi / 6 Produk Makanan yang Sering Dipalsukan Saat Ini
makanan palsu

6 Produk Makanan yang Sering Dipalsukan Saat Ini

Farmasetika.com – Jika Anda seorang pembelanja yang cerdas, Anda mungkin selalu mencari dan memperhatikan tas, sepatu dan jam tangan imitasi saat menuju ke pusat perbelanjaan. Tapi bagaimana dengan bahan imitasi di toko bahan makanan?

Menurut sebuah studi tahun 2017 oleh Universitas Dalhousie, Kanada, Konsumen di Kanada saat ini semakin khawatir tentang kecurangan makanan dan menanyakan apakah mereka memakan sesuai yang mereka bayar.

Entah itu ikan palsu, minyak zaitun yang dipalsukan atau biji kopi yang diencerkan, 40 persen orang Kanada yang disurvei mengatakan bahwa mereka yakin telah menjadi korban kecurangan produk makanan.

“Pemalsuan makanan selalu ada tapi kami baru mulai melihat lebih proaktif,” Sylvain Charlebois, pakar industri makanan di Universitas Dalhousie mengatakan.

Dia mengatakan bahwa perusahaan dan individu memiliki “motivasi ekonomi” untuk menjual makanan palsu karena kurangnya penyelidikan, terutama bila menyangkut produk cair dan bubuk, seperti minyak dan rempah-rempah.

Berikut adalah daftar makanan palsu teratas dan bagaimana cara menemukannya.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bukanlah jenis terjelek dari kecurangan produk makanan di pasaran, tapi ini mudah untuk diketahui, menurut pakar pemalsuan makanan Larry Olmsted.

Minyak zaitun dapat dimodifikasi dengan berbagai cara, seperti mengurangi minyak sebenarnya dengan minyak yang lebih murah (seperti kedelai atau bunga matahari) atau mengurangi minyak zaitun berkualitas tinggi dengan kualitas rendah.

2. Keju Parmesan

Investigasi Bloomberg News tahun 2016 menemukan bahwa beberapa keju Parmesan memiliki pulp kayu di dalamnya.

Aditif ini tampaknya digunakan untuk mencegah penggumpalan yang juga dapat dihindari dengan pati kentang, menurut ilmuwan makanan Mark Johnson dari Center for Dairy Research di Wisconsin.

Pulp kayu sebenarnya dianggap aman dikonsumsi dalam jumlah tertentu, katanya. Namun, “mungkin ada godaan untuk digunakan lebih dari yang diperlukan.” Itu karena bubur kayu lebih murah dari pada keju, jadi beberapa perusahaan mungkin menggunakan lebih banyak untuk melemahkan persaingan mereka, tambahnya.

3. Seafood

“Seafood adalah satu kategori yang paling bermasalah untuk makanan palsu,” kata Olmsted. Dan jika Anda pikir Anda bisa menghindari ikan palsu dengan makan di restoran kelas atas, pikirkan lagi.

Sebuah studi di A.S. tahun 2013 yang dilakukan oleh Oceana, menemukan 38 persen dari semua restoran sampel dan 74 persen dari semua restoran sushi, terjadi kesalahan penamaan spesies ikan yang disajikan.

“Jika Anda memesan fillet ikan kakap merah dan mendapatkan jenis ikan lain, Anda mungkin tidak tahu,” katanya. “Orang tidak tahu seperti apa ikan tertentu.” Hal ini terutama terjadi jika ikan tidak disajikan utuh dan berbentuk “olahan,” katanya.

Strategi terbaik untuk mendapatkan ikan asli adalah dengan mencoba membelinya sedekat mungkin dengan bentuk alaminya, kata Olmsted.

4. Madu

Madu secara konsisten masuk dalam daftar Top 10 untuk pemalsuan makanan, menurut Olmsted. Dan ini karena madu merupakan salah satu bentuk gula yang paling mahal dan mudah untuk dipalsukan.

Madu dapat diencerkan dengan sirup jagung fruktosa tinggi, gula tebu dan gula bit.

5. Kopi

Biji kopi dan kopi bubuk dapat dipalsukan dengan ranting, batu, jelai, dan sekam jagung untuk meningkatkan berat yang nyata, menurut Penasihat Penipuan Makanan.

Tapi jika Anda ingin menghindari biji kopi yang dipalsukan, belilah biji utuh dan giling di rumah.

6. Safron

Safron adalah salah satu rempah-rempah yang paling mahal, tapi juga salah satu yang paling banyak dipalsukan juga.

Menurut Database Penipuan Makanan, safron sebenarnya bisa mengandung bunga marigold, rambut jagung, kapur tulis, bawang merah dan benang katun.

Sumber : https://globalnews.ca/news/4014182/food-fraud-avoiding-fake-product/

Share this:
  • 17
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    21
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

apoteker warung biasa

Survei Buktikan Apoteker Termasuk Profesi Terpercaya dan Etis

Farmasetika.com – Apoteker kembali berada di antara profesional paling jujur dan etis di Amerika Serikat, …

Leave a Reply

Skip to toolbar