Home / R & D / Zat Aktif / Peneliti Temukan Senyawa Baru Turunkan Mobilitas Sperma Tanpa Pengaruhi Fungsi Hormon

Peneliti Temukan Senyawa Baru Turunkan Mobilitas Sperma Tanpa Pengaruhi Fungsi Hormon

Farmasetika.com – Sebuah studi baru yang diterbitkan baru-baru ini dalam jurnal PLOS ONE menjelaskan bagaimana senyawa yang disebut EP055 mengikat protein sperma untuk secara signifikan memperlambat keseluruhan mobilitas sperma tanpa mempengaruhi hormon, membuat EP055 menjadi “pil kontrasepsi pria” potensial tanpa efek samping.

“Sederhananya, senyawa itu mematikan kemampuan sperma untuk berenang, secara signifikan membatasi kemampuan pemupukan,” kata peneliti utama Michael O’Rand, PhD, pensiunan profesor biologi sel dan fisiologi di University of North Carolina di Chapel Hill School of Medicine. , dan presiden / CEO Eppin Pharma, Inc.

“Ini membuat EP055 kandidat ideal untuk kontrasepsi pria non-hormonal.” Lanjutnya.

Saat ini, kondom dan vasektomi bedah adalah satu-satunya bentuk kontrol kelahiran yang aman dan tersedia untuk pria saat ini. Telah ditemukan obat hormonal dalam uji klinis yang menargetkan produksi sperma, tetapi ini mempengaruhi hormon alami pada pria seperti kontrasepsi wanita yang mempengaruhi hormon pada wanita.

Selama penelitian, tiga puluh jam setelah infus EP055 intravena dosis tinggi pada kera rhesus jantan, O’Rand dan peneliti di Pusat Penelitian National Primate Oregon di OHSU di Portland, Oregon, tidak menemukan indikasi motilitas sperma yang normal. Selanjutnya, tidak ada efek samping fisik yang diamati.

“Pada 18 hari pasca-infus, semua kera menunjukkan tanda-tanda pemulihan lengkap, menunjukkan bahwa senyawa EP055 memang reversibel,” kata peneliti peneliti Mary Zelinski, PhD, profesor peneliti di ONPRC di OHSU dan profesor kebidanan dan ginekologi di Sekolah Kedokteran OHSU.

O’Rand dan Zelinski menunjukkan bahwa lebih banyak pekerjaan diperlukan sebelum EP055 tersedia untuk digunakan manusia. Mereka dan tim mereka mulai menguji bentuk pil dari senyawa tersebut dan pada akhirnya akan melakukan percobaan perkawinan efektifitas EP055 terhadap kehamilan.

Baca :  7 Obat Baru yang Disetujui FDA di Bulan Februari 2017

Sumber : University of North Carolina Health Care. “Male contraceptive compound stops sperm without affecting hormones: Study in monkeys: In preclinical tests, researchers have shown how a new compound can immobilize sperm temporarily without side effects.” ScienceDaily. ScienceDaily, 19 April 2018. <www.sciencedaily.com/releases/2018/04/180419172654.htm>.

Share this:
  • 11
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    11
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kosmetik

Sensor Elektrokimia, Solusi Efektif Deteksi Merkuri dalam Kosmetik

Farmasetika.com – Merkuri merupakan salah satu logam berat yang sangat berbahaya. Saat ini, sedang marak …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar