Home / R & D / herbal / Tapellon, Minuman Kesehatan Masa Kini dari Daun Hantap dan Lemon

Tapellon, Minuman Kesehatan Masa Kini dari Daun Hantap dan Lemon

farmasetika.com – Tiga tim mahasiswa Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) berhasil mendapatkan dana hibah Ristekdikti tahun 2018 melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan. Salah satu tim tersebut mengembangkan produk bernama Tapellon.

Tapellon merupakan minuman jelly yang berbahan dasar air perasan daun hantap (Sterculia oblongata R. Brown) dan buah lemon yang dipercaya secara empiris sebagai pencegah panas dalam. Selain panas dalam, daun hantap juga berkhasiat untuk sariawan, mengatasi perut kembung, melancarkan buang air besar, dan melancarkan persalinan.

Produk inovatif ini dipimpin oleh Mila Tri Cahyani, dengan didukung oleh Syifa Khairunnisa, Destiana Purnama, Nadia Wirvani, dan Rizky Azizah, serta dosen pendamping Ami Tjitraresmi, M.Si., Apt.

“Secara turun temurun, daun hantap biasanya di konsumsi dengan terlebih dahulu dirajang, kemudian diremas dan direndam dalam air lalu disaring. Cara penggunaan daun hantap yang masih tradisional dan tidak praktis, serta maraknya penggunaan obat sintesis, menyebabkan pemanfaatan daun hantap berkurang.” tutur Mila.

“Tanaman ini juga tidak memiliki rasa khas, sehingga tidak menjadi daya tarik bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, tim dari Farmasi Unpad ini memodifikasi daun hantap menjadi minuman olahan yang bermanfaat dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat.” lanjutnya.

Menurutnya, penambahan sari buah lemon digunakan untuk memberikan sensasi segar pada daun hantap. Selain sebagai perisai, buah lemon kaya akan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas. Konsumen pun tidak memerlukan waktu untuk mengkonsumsi daun hantap melalui pengolahan secara langsung karena daun hantap sudah tersedia dalam bentuk minuman jelly.

“Tapellon kedepan bisa menjadi produk pangan fungsional dan dapat meningkatkan eksistensi dari daun hantap sendiri. Tapellon, segarnya melindungimu!” tutup Mila.

Baca :  6 Kasus Efek Samping Serius Obat Sariawan Konsentrat Policresulen di Indonesia

Info lebih lanjut mengenai produk Tapellon dapat mengunjungi Line : http://line.me/ti/p/%40hjp0527s dan Instagram @tapellon

Share this:
  • 11
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    11
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

kanker dan kopi

Kopi Mengandung Zat Penyebab Kanker, Berhentikah Kita Minum Kopi?

farmasetika.com – Dua minggu yang lalu, berita gerai kopi yang digandrungi dunia Starbucks menjadi headline di …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar