Home / Dispensing / Edukasi / Apoteker Bisa Memberikan Resep Kontrasepsi Hormonal Kepada Pasien

Apoteker Bisa Memberikan Resep Kontrasepsi Hormonal Kepada Pasien

Farmasetika.com – Apoteker yang praktek di bidang pelayanan di Amerika Serikat, saat ini bisa memberikan resep kontrasepsi hormonal kepada pasien sekaligus memonitor penggunaan obatnya sesuai panduan yang dikeluarkan oleh US Center of Disease Control.

Apoteker memiliki peran penting menyediakan informasi yang diperlukan kepada pasien tentang cara aman dan efektif menggunakan metode kontrasepsi. Termasuk memberikan beberapa pilihan metode alternatif untuk kontrasepsi.

Apoteker kemudian memberikan obat konseling,pendidikan kontrasepsi, penilaian kepatuhan, dan tolerabilitas dengan jadwal berikutnya. Apoteker di AS berlatih bersama tim perawatan berbasis lingkungan yang juga siap untuk membantu pasien, dan mereka tim asuhan di pemilihan agen yang memperhitungkan pasien bersamaan obat terapi, dan potensi risiko dan manfaat terapi hormonal diberikan kondisi komorbid.

Di beberapa negara bagian apoteker diperbolehkan memberikan kontrasepsi langsung ke pasien. Dalam praktek kefarmasiannya, apoteker menilai pasien kesesuaian untuk kontrasepsi, menyediakan pendidikan memilih dan menggunakan metode, dan memberikan pasien dengan akses dengan perabotan atau resep kontrasepsi.

Protokol CDC mengizinkan semua apoteker di AS berpotensi memberikan resep atau memberikan kontrasepsi,

Pada April 2018, 6 negara bagian di AS telah mengizinkan apoteker memberikan pelayanan kontrasepsi di tempat dengan potensi untuk beberapa negara bagian lainnya untuk mengikutinya melalui pengesahan legislatif.

Pedoman The Medical Eligibility Guidelines for Contraceptives (MEC) berfungsi sebagai sumber daya untuk memberikan rekomendasi aman penggunaan metode kontrasepsi untuk pasien dengan berbagai kondisi medis dan karakteristik lain, seperti usia atau merokok sejarah.

Sedangkan pedoman The Selected Practice Recommendations (SPR) dimaksudkan untuk menjadi sumber daya untuk dokter memberikan berbasis bukti klinis bimbingan tentang penggunaan hormonal metode kontrasepsi sekali medis kelayakan telah ditentukan. SPR juga mencakup bimbingan klinis dimaksudkan untuk mengurangi medis hambatan kontrasepsi akses dan tepat digunakan. Baik MEC dan SPR yang didukung oleh American College of Obstetricians and Gynecologists, and the North American Society for Pediatric and Adolescent Gynecology.

Apoteker pelayanan di semua tempat praktek dapat menggunakan sumber daya di situs CDC untuk mempelajari panduan dalam pemilihan, penggunaan dan pemantauan terapi kontrasepsi dan banyak yang akan menemukan alat ini berguna dalam menangani pertanyaan umum atau masalah yang dihadapi dalam praktek. Pasien dapat sangat terbantu oleh apoteker yang proaktif mempelajari sumber daya untuk perawatan terkait kontrasepsi.

Baca :  Profesi Apoteker Termasuk 5 Besar Pekerjaan Terbahagia di Amerika

Sumber :Autumn Stewart-Lynch, PharmD, BCACP, CTTS and Brooke L. Griffin, PharmD, BCACP. Hormonal Contraceptive Prescribing By Pharmacists: A Brief Overview. http://www.pharmacytimes.com/news/hormonal-contraceptive-prescribing-by-pharmacists-a-brief-overview

Share this:
  • 62
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    62
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

produk halal obat

Upaya Farmasis dalam Implementasi Undang-Undang Jaminan Produk Halal

farmasetika.com – Edisi Khusus. Jaminan Produk Halal (UU No.33 Tahun 2014) telah diundangkan pada 17 …

Leave a Reply

Skip to toolbar