Home / Sediaan & Alkes / Alat Kesehatan / Pankreas Buatan Terbukti Dapat Mengontrol Gula Darah Pada Pasien Diabetes Tipe 2

Pankreas Buatan Terbukti Dapat Mengontrol Gula Darah Pada Pasien Diabetes Tipe 2

Farmasetika.com – Sebuah penelitian terhadap ‘Pankreas buatan’ terbukti lebih baik mengontrol gula darah pada pasien diabetes tipe 2 yang dirawat di rumah sakit dibandingkan dengan terapi insulin.

Kontrol yang buruk terhadap kadar glukosa dapat menyebabkan komplikasi seperti koma diabetes, masalah ginjal dan amputasi. Oleh karenanya dibutuhkan Teknologi dengan Sistem otomatis yang mampu mengontrol kadar gula darah yang lebih baik pada pasien di rumah sakit dengan diabetes Tipe 2.

Sebuah alat yang disebut pankreas buatan terbukti lebih baik mengontrol kadar gula darah pada pasien yang dirawat di rumah sakit dengan diabetes Tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan insulin secara manual, menurut penelitian yang diterbitkan Senin (25/6/2018) di New England Journal of Medicine.

Perangkat yang merupakan variasi yang telah digunakan untuk mengobati diabetes tipe 1, menjaga glukosa darah di zona target lebih konsisten daripada kelompok kontrol, tidak ada yang menerima perawatan kritis.

Dalam generasi mendatang, para ahli percaya, teknologi ini dapat meningkatkan hasil kesehatan dan mengurangi beban kerja dokter dan perawat mengelola kadar glukosa untuk jutaan pasien diabetes yang dirawat di rumah sakit setiap tahun.

“Sistem ini hanya bereaksi terhadap naik dan turunnya glukosa,” kata penulis studi Roman Hovorka, direktur penelitian di Universitas Cambridge Metabolic Research Laboratories dikutip dari cnn.com.

Hovorka mengatakan ini adalah studi pertama yang menunjukkan efektivitas sistem dengan diabetes tipe 2 di luar pengaturan perawatan kritis. Timnya sebelumnya menunjukkan ini menjadi layak dalam studi kecil 40 orang, setengah di antaranya menerima pengiriman insulin otomatis.

Sistem pankreas buatab untuk pasien dengan diabetes tipe 1.

FDA telah menyetui pankreas buata di 2016 untuk pasien dengan diabetes tipe 1.

“Kontrol glukosa darah di rumah sakit adalah tidak sangat baik, dan ada pasti adalah kebutuhan untuk mengatasi masalah ini,” kata Dr. Steven Russell, profesor Kedokteran di Massachusetts RSU dan Harvard Medical School.

Russell tidak terlibat dalam studi baru ini, penelitian otomatisasi kontrol glukosa pada proyek yang dikenal sebagai Bionic pankreas.

Mesin ini “memberikan data setiap lima menit. Dan kita tidak bisa mungkin mewakilkan seseorang untuk membuat keputusan yang sering,” tambahnya.

“Ini adalah proses yang cocok untuk otomatisasi.” Tutupnya.

Sumber : https://edition-m.cnn.com/2018/06/26/health/artificial-pancreas-diabetes-hospital-study/index.html

Share this:
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    12
    Shares
Baca :  Semaglutide, Kandidat Obat Diabetes yang Signifikan Turunkan Risiko Kardiovaskular

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Nanopartikel Emas, Solusi Mutakhir Deteksi Kolesterol Terakurat

Farmasetika.com – Kolesterol adalah senyawa biologis penting yang diproduksi di hati dan usus, dimana ia …

Leave a Reply

Skip to toolbar