Home / Berita / Obat Tiroid Ditarik dari Peredaran Karena Resiko Ketidakmurnian

Obat Tiroid Ditarik dari Peredaran Karena Resiko Ketidakmurnian

Farmasetika.com – Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menginformasikan (13/8/2018) bahwa perusahaan Westminster Pharmaceuticals telah menarik semua produk obat tablet tiroid berisi levotiroksin (levothyroxine) dan liotironin (liothyronine) 15 mg, 30 mg, 60 mg, 90 mg, dan 120 mg di pasaran AS.

Penarikan ini merupakan tindakan pencegahan karena produk yang diproduksi menggunakan zat aktif farmasi dengan bahan-bahan yang bersumber dari produk impor Sichuan Friendly Pharmaceutical, Cina.

FDA pada tahun 2017 melakukan inpeksi dan menemukan “penyimpangan signifikan” dari GMP (Good Manufacturing Practice) untuk bahan aktif farmasi yang bisa mewakili kemungkinan risiko impuritas ke dalam proses produksi.

Obat Tiroid berisi tetraiodothyronine natrium (t4 levothyroxine) dan liothyronine natrium (t3 liothyronine) dan bahan alami berasal dari kelenjar tiroid babi yang digunakan oral sebagai pengganti atau suplemen terapi pada pasien dengan hipotiroidisme.

Pasien disarankan untuk terus mengkonsumsi obat-obatan sampai mereka memiliki produk pengganti. Sampai saat ini, perusahaan Westminster belum menerima laporan dari efek samping yang berhubungan dengan produk.

“Sementara kami berdiri di belakang kualitas produk kami, kami mengambil tindakan pencegahan terbaik dengan menarik produk tablet tiroid USP kami di pasaran karena pemeriksaan oleh FDA baru-baru ini di salah satu dari produsen bahan aktif kami,” kata Gajan Mahendiran, CEO dari Westminster Pharmaceutical.

Sumber : https://www.medscape.com/viewarticle/900606?nlid=124356_3901?src=soc_tw_share

Share this:
  • 50
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    50
    Shares
Baca :  Segel Obat Tetes Mata Hindari Kontaminasi Tapi Waspada Penggunaannya

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

bpom

BPOM Buka Lowongan CPNS Farmasi Tahun 2018 di Kota dan Kabupaten di Indonesia

Farmasetika.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membuka kesempatan bagi putra putri terbaik di …

Leave a Reply

Skip to toolbar