Home / Berita / Opini / Smart Menyikapi HOAX di Bidang Kosmetika
Kosmetik

Smart Menyikapi HOAX di Bidang Kosmetika

Farmasetika.com – Jangan sampai jempol kita lebih cepat dari pada pikiran kita; jangan buat dosa secara berjamaah. Deteksi dulu! karena itu langkah cerdas bermedia sosial. Dunia informasi di media sosial sudah seperti rimba atau hutan belantara. Siapa pun bisa tersesat apabila tak cermat. Bisa celaka jika tidak waspada! Bahkan bisa mati sia-sia karena tidak berhati-hati dan tidak bisa menahan diri.

Perkembangan teknologi tidak bisa lepas dari apa yang kita kenal dengan internet. Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking. Secara garis besar dapat diartikan sebagai jaringan global dari sebuah jaringan komputer. Saat ini, perkembangan internet, berlangsung sangat cepat. Sebagian besar penggunanya adalah anak muda yang rentan akan informasi yang tidak benar (HOAX/HOAKS).

Dengan internet orang dapat mengakses informasi di berbagai server di seluruh dunia. Internet juga dapat menjadi media komunikasi antar pengguna di berbagai belahan dunia secara langsung atau tidak langsung. Kemajuan teknologi patut di akui, kecanggihan semakin nyata dan berpengaruh besar pada kehidupan, dampak negatif pun turut berada di belakangnya. Seiring dengan perkembangan teknologi serta kemudahan dalam penggunaan nya menjadikan internet sebagai media online menjadi media penyebaran berita yang sangat berpengaruh pada masyarakat saat ini. Penyebaran berita melalui media online yang tidak dapat di pertanggung jawabkan atas kebenarannya, informasi tersebut berisi berita – berita hoaks .

Saat ini banyak sekali berita-berita hoaks yang sangat mudah kita jumpai di media online. Media online semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan menyebarkan konten-konten positif. Sayangnya beberapa pihak memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang mengandung konten negatif. Jika hal tersebut di biarkan dikhawatirkan akan membahayakan generasi muda. Jelas berita hoax pasti membawa dampak negatif bagi kehidupan sosial masyarakat dan juga pada kehidupan pribadi seseorang. Munculnya berita hoax yang menjamur di media sosial dikarenakan rendahnya pemahaman masyarakat terhadap informasi yang tersaji di media sosial. Di era smartphone jangan phonenya saja yang smart tetapi penggunanya juga harus smart.

Baca :  Sensor Elektrokimia, Solusi Efektif Deteksi Merkuri dalam Kosmetik

Kosmetik adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk diguankan pada bagian luar tubuh. Kosmetik yang terjamin dalam segi kualitas dan keamanan adalah kosmetik yang telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM). Setelah maraknya dunia online, kini bukan hanya Fecebook, Instagram, WhatsApp, dan Line, akibat nya pemerintah banyak kebobolan, cara berjualan lewat sosmed perorangan yang amat banyak tentu lebih sulit dimonitor dibandingkan milik perusahaan. Dan di sinilah kosmetik hoax masuk. Nama lain kosmetik hoax adalah fake cosmetic atau kosmetik palsu! Kenapa pengawasan kosmetik palsu ini penting? Isu kosmeti semakin hari semakin berkembang tidak hanya dalam segi kualitas ataupun keamanan nya tetapi dalam segi ke halalan nya.

Urgensi kosmetik halal menjadi hal utama bagi semua pengguna, terutama bagi muslimah yang memiliki pedoman halal is my life. Karena banyak hoaxs yang ber edar bahwa bahan-bahan yang di pakai berbahaya. Apa saja mereka? Diantaranya adalah merkuri yang bisa menyebabkan aborsi, kerusakan ginjal dan bahan kanker.

Hati ini Gregetan, kening berkerut, jempol kanan bergetar ingin mengetik komen ….P, hebatnya lagi hoaxs tetap bermunculan walupun sudah di tangkis dengan berbagai info yang memperjelas bahwa setiap hoaxs itu dusta. Kosmetik dianggap wajib untuk semua kalangan terutama wanita.

Di tambah lagi dengan berjubelnya iklan kecantikan dimedia online yang menawarkan iming-iming cantik, putih, dan mulus dapat dengan hitungan hari. Namun dibalik semua itu, tersimpan bahaya bagi kesehatan karena tidak semua produk kosmetik yang di jual punya izin edar dari pihak BPOM. Adanya kosmetik tanpa izin edar dan mengadung bahan berbahaya yang di jual bebas secara online. Untuk pengguna atau pencinta kosmetik di media online harus bijak dalam menyiapi berita tentang kosmetik yang akan di gunakan. Kita sebagi konsumen harus jeli memilih dan memilah untuk mendapatkan informasi dengan berbagi cara yang tepat dan real di media online ataupun di dunia nyata.

Baca :  Pentingnya Siklodekstrin dalam Industri Makanan, Kosmetik, dan Farmasi

Kita harus mengenali informasi produk kosmetik yang akan kita gunakan, terkait dengan hoaxs yang beredar di media online, kita sebagai masyarakat harus cerdas dalam membeli kosmetik. Isu yang sering kita dengar dengan menguji kosmetik dengan perhiasan, apakah semua itu benar? Ternyata itu semua hoaxs yang harus kita tangkal hoaxs seperti itu. Dengan cara membeli ke tempat yang mempunyai izin, cek lebel, identitas produk tanggal pembuatan, nama produk, nomor batch, nomor lot, nomor izin edar hingga tanggal kadar luarsa kosmetik, cek kemasan, jangan tergoda oleh iklan yang menawarkan secara instan.

Kita sebagai pengguna harus lebih pintar dalam menyikapi hoax tentang kosmetik yang beredar di media online, karena kita sering kali tertipu oleh berita yang tidak dapat di pertanggung jawabkan. Dampak dari ketidak mampuan kita memilih berita hoaxs dan berita benar begitu besar. Penanganan berita hoax pe-er buat kita bersama. Begitu dengan mudahnya orang menjadikan diri pengedar hoaxs, sebab hoaxs selalu lebih menarik ketimbang berita.

Anda harus cukup jeli untuk menyiarkan ujaran kebencian. Anda harus cukup picik untuk menganggap diri yang paling benar. Jadilah konsumen yang cerdas jangan mau di kalahkan oleh smartphone, jangan mau phone nya saja yang cerdas kita nya tidak .

Penulis : Meia Yevi Setiawati (Mahasiswi AKAFARMA Univ. Malahayati-Lampung)

Juara I Lomba Artikel Populer tentang Kosmetika yang diselenggarakan oleh Balai Besar POM di Bandar Lampung yang diumumkan pada tanggal 1 Oktober 2018.

Share this:
  • 23
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    23
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

pasien dokter

Apoteker dan Konsep Kolaborasi Interprofesionalitas Tenaga Kesehatan dalam Program JKN

Farmasetika.com – Kesehatan merupakan hak asasi warga negara dan salah satu unsur kesejahteraan umum yang …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar