Home / Regulasi / Rancangan Permenkes Tentang Toko Obat, Masyarakat Bisa Memberikan Masukan

Rancangan Permenkes Tentang Toko Obat, Masyarakat Bisa Memberikan Masukan

Farmasetika.com – Kementrian Kesehatan RI saat ini sedang membuat Rancangan Peraturan Menteri Kesehatan tentang Toko Obat untuk memperbarui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes/PMK) Nomor 167/KAB/B.VIII/1972 tentang Pedagang Eceran Obat yang telah diubah dengan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor 1331/Menkes/SK/X/2002 tentang Perubahan Permenkes Nomor 167/KAB/B.VIII/1972 tentang Pedagang Eceran Obat dengan alasan perlu disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan hukum.

Selain itu, rancangan Permenkes ini dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas, keterjangkauan, dan kualitas pelayanan kefarmasian kepada masyarakat, perlu penataan penyelenggaraan pelayanan kefarmasian di Toko Obat.

Beberapa poin penting yang akan dirubah diantaranya tidak ada lagi istilah pedagang eceran obat, tetapi digantikan dengan Toko Obat dimana memiliki persyaratan bangunan bersifat permanen yang dapat merupakan bagian dan/atau terpisah dari pusat perbelanjaan, toko swalayan, apartemen,rumah toko, rumah kantor,rumah susun, dan bangunan yang sejenis.

Istilah Toko obat ini dimungkinkan menggantikan pedagang eceran obat di Kepmenkes sebelumnya dimana dapat menjual obat bebas dan obat bebas terbatas, toko swalayan yang diantaranya termasuk minimarket diwajibkan memiliki tenaga teknis kefarmasian.

Dalam rangka penyusunan Rancangan Peraturan Menteri Kesehatan tentang Toko Obat ​, Direktorat Jenderal Farmasi dan Alkes Kemenkes RI meminta tanggapan atas rancangan regulasi ini kepada masyarakat. Tanggapan dapat dikirim ke: hoh.farmalkes@gmail.com dengan subjek “Tanggapan atas RPM Toko Obat”

Rancangan Permenkes dapat dilihat dibawah ini :

Sumber : http://farmalkes.kemkes.go.id/2018/11/rancangan-peraturan-menteri-kesehatan-tentang-toko-obat/#.W-g_SXozb0F

Share this:
  • 90
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    90
    Shares
Baca :  PP IAI Keluarkan Regulasi Baru Terkait Rekomendasi Surat Izin Praktik Apoteker

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

roche indonesia

PT Roche Indonesia Perbarui Informasi Keamanan Penting Peresepan Xeloda (Capecitabine)

farmasetika.com – Pusat Farmakovigilans Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Republik Indonesia hari ini …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar