Home / Sediaan & Alkes / Solid & Semisolid / Ertugliflozin, Obat Baru Terapi Diabetes dari Golongan SGLT-2

Ertugliflozin, Obat Baru Terapi Diabetes dari Golongan SGLT-2

Farmasetika.com – Diabetes merupakan salah satu dari empat prioritas penyakit tidak menular. Berdasarkan data WHO, pada tahun 2013, diabetes menjadi salah satu beban pengeluaran kesehatan terbesar di dunia yang diestimasikan sekitar 11% dari pembelanjaan untuk kesehatan dunia. Oleh karena itu, banyak obat diabetes dikembangkan, salah satunya adalah steglatro (ertugliflozin).

Obat baru Steglatro (ertugliflozin)

Steglatro merupakan obat untuk mengendalikan kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe 2.

Steglatro dapat diberikan satu tablet sekali sehari di pagi hari. Salah satu kelebihan obat steglatro ini adalah sudah teruji klinis dapat mengendalikan kadar HbA1c pada pasien DM tipe 2. Selain itu, penggunaan steglatro tidak terbatas pada jenis kelamin karena obat memiliki efek yang sama baik pada pria maupun wanita. Obat ini juga dapat digunakan pada pasien usia diatas 65 tahun. Namun, kebanyakan penggunaan steglatro ini ditujukan pada ras kulit putih.

Dalam penggunaan, perlu pengawasan yang ketat karena steglatro dikhawatirkan dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, kerusakan ginjal, peningkatan kadar kolesterol, dan kadar gula darah yang sangat rendah bila digunakan dalam kombinasi dengan insulin atau obat yang meningkatkan insulin, dan infeksi saluran kemih yang serius serta ketoasidosis.

Terapi di Indonesia

Steglatro merupakan golongan obat sglt2 . Di indonesia juga sudah tersedia obat DM tipe 2 dengan golongan SGLT-2, salah satunya Dapagliflozin.

Dapagliflozin merupakan obat antidiabetes golongan inhibitor SGLT2 paling baru di Indonesia yang telah disetujui oleh BPOM pada 22 Maret 2018 dengan nomor registrasi DKI 1735301317A1. Inhibitor SGLT2 bekerja menurunkan reabsorpsi glukosa dalam ginjal dan meningkat ekskresi glukosa urin sehingga mengurangi kadar glukosa puasa darah dan postprandial.

Baca :  Baricitinib, Obat Baru Untuk Rheumatoid Arthritis

Dapagliflozin ini tersedia dengan merek dagang Forxiga dan diproduksi oleh Astra Zeneca. Dosis yang tersedia yaitu 5 mg dan 10 mg. Menurut sebuah penelitian, penggunaan dapagliflozin 10 mg sekali sehari pada diabetes tipe 2 dapat memperbaiki kontrol glikemik dengan pemakaian sebagai monoterapi jika diet dan latihan fisik tidak memberikan kontrol glikemik yang adekuat atau pada pasien yang tidak dapat menggunakan metformin karena intoleransi.

Persetujuan Seglatro

Seglatro baru disetujui oleh FDA pada tahun 2017. Dibandingkan dengan obat-obat golongan SGLT-2 inhibitor di Indonesia lainnya, steglatro tidak memiliki kelebihan dalam efikasi dan keamanan yang signifikan. Data di Amerika menunjukkan obat steglatro memliki harga yang lebih murah dibanding dengan obat segolongan lainnya.

Penelitian lebih lanjut masih berlangsung sampai tahun ini (2019) untuk menunjukkan bahwa steglatro (ertugliflozin) dapat berpotensi menjaga kesehatan jantung. Obat ini juga sebaiknya dihindarkan bagi pasien yang memiliki penyakit ginjal.

Sumber :

BPOM. 2017. Dapagliflozin. Tersedia online di https://cekbpom.pom.go.id/index.php/home/produk/mpi8s5sfd1khp5jr7lb8fgch32/all/row/10/page/0/order/4/DESC/search/5/dapagliflozin (diakses tanggal 27 November 2018).

JAMA. 2018. Ertugliflozin for Type 2 Diabetes. American Medical Association, 319 (23): 2434-2435

Luman, A. 2015. Peran Inhibitor Sodium Glucose Co-transporter 2 (SGLT2) pada Terapi Diabetes Melitus. Continuing Professional Development, 42 (7): 498-503

Penulis : Wiwit Nurhidayah, Mohamad Irfan Fitriansyah, Rini Meliawati, Hanifa Olgha Rizka, Widiya Nurmalasari, Yeni Andriani

Print Friendly, PDF & Email
Share this:
  • 68
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    68
    Shares

About Mohamad Irfan Fitriansyah

Check Also

Dalteparin, Antikoagulan Pertama untuk Anak Tromboemboli Vena Disetujui FDA

Farmasetika.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah menyetujui injeksi dalteparin sodium (Fragmin, …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar