Home / Farmasi Industri / Informasi teknologi / Apt.Care: Aplikasi Apoteker Digital Untuk Kepatuhan Terapi Pengobatan Pasien

Apt.Care: Aplikasi Apoteker Digital Untuk Kepatuhan Terapi Pengobatan Pasien

Farmasetika.com – Meminum obat secara tepat dan teratur merupakan hal yang sangat penting dalam pengobatan seorang pasien. Khususnya dalam penggunaan obat antibiotik, jika pasien melewati 1x pemakaian obat maka akan dapat mengakibatkan terjadinya resistensi antibiotik tersebut. Hal ini tentu merugikan pasien karena harus mengulang bahkan mengganti pengobatan dengan jenis antibiotik yang lainnya. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan pun semakin membengkak.

Tingkat Kepatuhan Pengobatan Pasien

Tingkat ketidakpatuhan pasien sangatlah rendah. Persentase kasus ketidakpatuhan pasien pada penyakit-penyakit diabetes, hipertensi, asma, kanker, dan tuberkulosis di seluruh dunia mencapai 54% (negara maju) dan 46% (negara berkembang) dari seluruh penyakit pada tahun 2001. Angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 65% (negara maju) dan 56% (negara berkembang) pada tahun 2020 (BPOM RI, 2006; WHO, 2003).

Intervensi Apoteker

Intervensi yang dapat dilakukan oleh seorang Apoteker untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menjalin hubungan yang lebih intens dengan pasien, sehingga dapat mengontrol pengobatan yang dilakukan pasien. Solusi terbaik untuk melakukan intervensi tersebut adalah melalui sistem online, karena dapat dilakukan tanpa terpaut jarak dan waktu.

Untuk mewujudkan solusi tersebut, sebuah tim mahasiswa lintas fakultas dari Universitas Padjadjaran, dengan CEO Budi Kurniawan (Mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran) membuat sebuah aplikasi online untuk meningkatkan kepatuhan terapi pengobatan pasien, aplikasi tersebut bernama Apt.Care: Intervensi Digital Berbasis Aplikasi Online untuk Meningkatkan Kepatuhan Terapi Pengobatan Pasien.

Aplikasi ini meraih juara 1 pada kompetisi bisnis diajang Bandung International Conference on Clinical Pharmacy pada 2018 silam.

Baca :  PP IAI Keluarkan Regulasi Baru Terkait Rekomendasi Surat Izin Praktik Apoteker

Apa itu Apt.Care?

Apt.Care merupakan sebuah aplikasi berbasis online pertama di Indonesia yang bertujuan sebagai reminder pasien dalam meminum obat agar proses terapi pengobatan berjalan dengan lancar. Tidak hanya reminder secara sistem layaknya fitur alarm smartphone pada umumnya, tetapi Apt.Care menghadirkan peran Apoteker secara langsung untuk “menemani” pasien menjalankan terapi pengobatannya.

Sistem yang akan dijalankan aplikasi Apt.Care yaitu seperti aplikasi ojek online yang saat ini sedang marak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Pasien dapat diibaratkan sebagai “penumpang” dan Apoteker dapat diibaratkan sebagai “driver” yang akan selalu menemani pasien menjalankan terapi pengobatan terhadap penyakit yang sedang diderita.

Fitur Utama Apt.Care

Sangat banyak fitur yang akan dihadiran dalam Apt.Care guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satu fitur, yang merupakan fitur utama pada aplikasi ini adalah fitur Your Therapy, yaitu fitur yang membantu pasien untuk meminum obat dengan cara yang tepat dan di waktu yang tepat.

Cara kerja dari fitur ini adalah ketika seorang pasien sudah dipertemukan dengan Apoteker yang menjadi mitra Apt.Care, maka pasien akan mendapatkan pelayanan reminder oleh sistem dan juga oleh Apoteker dalam meminum obat. Tidak hanya itu, pada fitur ini pun pasien difasilitasi untuk dapat berkonsultasi terkait pengobatannya secara langsung dengan Apotker melalui fitur Chat and Call yang berada pada aplikasi Apt.Care agar pasien benar-benar merasa “ditemani” dalam terapi pengobatan penyakitnya.

Manfaat Apt.Care

Manfaat dari adanya aplikasi Apt.Care sebagai solusi dari permasalahan kepatuhan masyarakat dalam meminum obat adalah dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Pasien akan tidak merasa kesulitan dalam menjalankan terapi pengobatan penyakit yang sedang dideritanya, karena “ditemani” langsung oleh Apoteker.

Baca :  Apoteker Bermartabat sebagai Revolusi Apoteker Indonesia di Hari Apoteker Sedunia

Manfaat aplikasi ini pun tidak hanya akan dirasakan oleh pasien saja, tetapi tentunya merupakan wadah bagi Apoteker di Indonesia untuk lebih berperan aktif secara langsung kepada masyarakat. Maka Apt.Care dapat meningkatkan eksistensi profesi Apoteker di mata masyarakat.

Rencana Rilis

Apt.Care masih dalam tahap pembuatan aplikasi. Tim Apt.Care merencanakan akan memulai soft launching pada bulan Maret 2019 mendatang. Setelah itu akan terus dilakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum mulai dipasarkan dan dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Nantinya, masyarakat Indonesia dapat mengunduh aplikasi Apt.Care ini di Google Play Store untuk pengguna Android dan di Apple Store untuk pengguna iPhone.

Dengan solusi Apt.Care ini, diharapkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia akan terus meningkat dengan berperannya Apoteker secara langsung dalam terapi pengobatan pasien.

Sumber:

  1. BPOM RI, 2006. Kepatuhan Pasien: Faktor Penting dalam Keberhasilan Terapi. InfoPOM Badan POM RI 7.
  2. WHO, 2003. Adherence to Long-Term Therapies: Evidence for Action. World Health Organization, Switzerland.
Print Friendly, PDF & Email
Share this:
  • 294
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    294
    Shares

About Ilham Septiandi

Check Also

Mengenal Beta Keton, Penanda Diabetes Tipe 1 pada Sensor Elektrokimia

farmasetika.com – Dewasa ini, diabetes mulai menjadi permasalahan global, dimana jumlah penderitanya terus mengalami peningkatan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar