Home / Berita / PP IAI Ajak Apoteker Belum Praktek Profesional Segera ber-“Taubat Nasuha”

PP IAI Ajak Apoteker Belum Praktek Profesional Segera ber-“Taubat Nasuha”

Farmasetika.com – Sekitar 1500 apoteker dari seluruh Indonesia menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Pekan Ilmiah Tahunan (PIT) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) di hotel El Royale, Bandung, 13-15 Maret 2019.

Ketua Umum Pengurus Pusat IAI (PP IAI), Nurul Falah Eddy Pariang, dalam sambutannya menjelaskan bahwa tema dari PIT IAI 2019 ini adalah Enhancing Public Access to Pharmacist in Digital Era, yang merupakan tema yang aktual saat ini, dimana kecepatan kemajuan di bidang sains, teknologi dan informasi di bidang farmasi menuntut cara-cara baru untuk meningkatkan akses masyarakat pada praktek kefarmasian yang dilakukan oleh Apoteker.

“Kita mengharapkan peluang era digital ini dapat dimanfaatkan oleh para apoteker khususnya apoteker millenial untuk berkiprah lebih produktif dan kreatif” ujarnya.

“Namun, kita juga menyadari bahwa kondisi praktek kefarmasian di area pelayanan, khususnya apoteker praktek komunitas masih perlu di revitalisasi lebih lanjut agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan ikut serta menyehatkan masyarakat melalui praktek kefarmasian.” tambahnya.

Menurutnya, meski belum jelas seberapa besar persentase kehadiran dan mutu praktek apoteker di komunitas dikarenakan belum dilaksanakannya secara intensif kegiatan pengawasan dan akreditasi apotek yang seharusnya dilakukan pemerintah, Komite Farmasi Nasional dan IAI, namun secara kasat mata masih nyata terlihat ada beberapa apoteker yang belum hadir praktek di komunitas secara professional dan bertanggungjawab.

“Pesan dan harapan saya kepada para peserta Rakernas dan PIT 2019 ini, apabila menjumpai teman sejawat apoteker yang masih belum praktek secara professional dan bertanggung jawab, maka mari kita ajak mereka untuk ber-“taubat nasuha”, jangan di ulangi lagi, ajak mereka untuk praktek sesuai peraturan agar tidak dikenai pelanggaran etik oleh disiplin oleh MEDAI bahkan sangsi peringatan sampai dengan penghentian kegiatan oleh Dinas setempat” lanjutnya.

Baca :  Seorang Apoteker Melaporkan Asistennya ke Polisi Karena Mencuri 40 Botol Kodein

Nurul berharap di era digital ini mereka mendapatkan peluang yang lebih baik dan mendapatkan solusi atas inspirasi para narasumber pada acara Rakernas dan PIT 2019 yang akan dituangkan dalam upaya revitalisasi apoteker praktek di komunitas sebagai salah satu keputusan Rakernas kali ini.

Galeri Rakernas dan PIT IAI 2019 dapat dilihat di Instagram resmi farmasetika.com.

Share this:
  • 455
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    455
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Rakernas IAI Sepakati Komponen Standar Jasa Profesi Apoteker Berbasis Kinerja

Farmasetika.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) di Hotel El Royale pada …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar