Home / Berita / Parasetamol Memicu Stroke untuk Pasien Diabetes Berusia Lanjut

Parasetamol Memicu Stroke untuk Pasien Diabetes Berusia Lanjut

Farmasetika.com – Penggunaan parasetamol/asetaminofen dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke di antara pasien dengan diabetes berusia lanjut (dewasa tua/geriatri) berdasarkan sebuah laporan studi terbaru.

Hasil penelitian dari data sekunder

Dalam analisis data sekunder pada lebih dari 5000 orang dewasa yang tinggal di panti jompo di barat daya Prancis, risiko kematian dan hasil kardiovaskular serupa di antara pasien yang menggunakan asetaminofen dan mereka yang tidak menggunakan asetaminofen, kecuali untuk mereka yang menderita diabetes. Dalam subkelompok itu, penggunaan asetaminofen dikaitkan dengan risiko stroke lebih dari tiga kali lebih tinggi daripada yang bukan pengguna.

Berdasarkan efek diabetes pada fungsi kardiovaskular, ditambah efek asetaminofen pada sintesis prostaglandin dan mekanisme inflamasi lainnya, temuan menunjukkan bahwa asetaminofen “bisa menjadi faktor pemicu stroke,” para peneliti mempublikasikannya dalam sebuah artikel yang diterbitkan online 26 Maret 2019 di Journal of American Geriatrics Society.

Fakta bahwa pasien berusia lanjut juga berarti bahwa mereka memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan faktor risiko kardiovaskular.

“Asetaminofen, dalam keadaan seperti itu, mungkin menjadi faktor pemicu yang menyebabkan ketidakseimbangan yang genting.”kata pemimpin penulis Philippe Girard, MD, dikutip dari Medscape Medical News.

Sikapi hasil penelitian dengan bijak

Namun, Girard, dari Gérontopôle, Centre Hospitalo-Universitaire de Toulouse, Prancis, juga memperingatkan bahwa temuan penelitian harus ditafsirkan dengan hati-hati.

“Kami tidak bisa begitu saja menyimpulkan, meskipun analisis statistik yang solid, bahwa asetaminofen mewakili risiko untuk semua subyek diabetes,” katanya.

“Studi spesifik yang mencari risiko khusus ini perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi atau membantah temuan ini.” Lanjutnya.

Setidaknya para ahli setuju dengan rekomendasi untuk berhati-hati.

“Temuan ini mungkin merupakan sinyal yang dapat mengarah pada penelitian lain, tetapi saya tidak akan menggunakannya untuk memandu praktik klinis,” Laura C. Hanson, MD, MPH.

Baca :  Konsumsi Parasetamol Ketika Hamil Menunda Kemampuan Bicara pada Bayi Perempuan

“Ini adalah analisis sekunder dari data yang dikumpulkan untuk tujuan lain,” kata Hanson, seorang profesor di Divisi Kedokteran Geriatrik, Fakultas Kedokteran Universitas Carolina Utara, Chapel Hill.

“Saya mengagumi para penulis ini karena memanfaatkan kumpulan data ini, tetapi temuan harus ditempatkan dalam konteks semua data lain yang menunjukkan bahwa asetaminofen aman.” Lanjutnya.

Pilihan lain memang ada untuk mengendalikan rasa sakit pada populasi pasien ini, Hanson menambahkan.

Dia merekomendasikan latihan dan terapi fisik untuk mengelola nyeri muskuloskeletal, serta penggunaan bantalan dan reposisi secara hati-hati pada pasien yang kurang rawat jalan. Paket panas dan dingin dari obat pereda nyeri topikal juga bisa menjadi “sumber pereda nyeri yang tidak berbahaya.” Nyeri neuropatik dapat merespons agen sistemik, seperti gabapentin, pregabalin, atau antidepresan.

Girard mendesak dokter untuk mengobati jenis nyeri tertentu dengan menilai kapasitas metabolisme ginjal dan hati pasien sebelum meresepkan obat penghilang rasa sakit.

Sumber : Acetaminophen Tied to Stroke Risk in Older Adults With Diabetes https://www.medscape.com/viewarticle/911553

Share this:
  • 637
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    637
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Beasiswa LPDP untuk Program Magister dan Doktor Farmasi Masih Dibuka

Farmasetika.com – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan [LPDP] masih membuka pendaftaran bagi calon penerima Beasiswa Pendidikan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar