Home / Dispensing / Edukasi / Tips Bepergian Untuk Penderita Diabetes Menurut Panduan Medis

Tips Bepergian Untuk Penderita Diabetes Menurut Panduan Medis

Farmasetika.com – Pasien dengan diabetes mungkin saja khawatir tentang kesulitan mengelola kesehatan mereka saat bepergian.

Dalam sebuah survei, hampir 1/3 orang melaporkan bahwa bimbingan dari seorang profesional perawatan kesehatan akan membantu mengurangi ketakutan mereka.

Para profesional perawatan kesehatan, termasuk apoteker, harus berdiskusi dengan pasien seandainya rencana perjalanan mereka sebelum melakukan perjalanan untuk memastikan bahwa semua persediaan yang diperlukan — obat-obatan, strip tes glukosa, lancet, dll. — Sudah cukup untuk menutupi durasi perjalanan.

Selain itu, pencegahan komplikasi akut, manajemen masalah yang berhubungan dengan perjalanan, dan kebutuhan akan imunisasi harus ditinjau oleh seorang profesional perawatan kesehatan.

CDC dan American Diabetes Association (ADA) menyarankan hal-hal berikut untuk bepergian dengan diabetes.

Persediaan Pengemasan

Barang-barang yang disarankan ketika melakukan perjalanan meliputi:

Pemeliharaan

  • Obat diabetes / pompa insulin
  • Jarum suntik / jarum
  • Perangkat dan jarum Lancing
  • Glucometer dan strip tes
  • Strip tes keton urin
  • Penyeka kapas
  • Penyeka alkohol
  • Band-aids
  • Wadah benda tajam
  • Lembar log glukosa
  • Tas transportasi dengan paket gel es / pendingin

Persediaan darurat

  • Tablet glukosa / permen keras
  • Kit darurat Glucagon
  • Identifikasi medis
  • Kartu asuransi kesehatan

Makanan ringan

  • Jus
  • Soda biasa
  • Keju dan kerupuk
  • Selai kacang
  • Buah

Menurut ADA, praktik terbaik adalah mengemas obat-obatan sedikitnya dua kali lipat dan pasokan pengujian glukosa seperti yang biasanya diperlukan untuk meminimalkan komplikasi akibat keterlambatan perjalanan atau kehilangan bagasi.3

Banyak produsen pompa insulin akan menyediakan peminjam untuk perjalanan internasional.

CDC merekomendasikan untuk membawa obat-obatan dalam botol farmasi tempat mereka datang atau meminta apoteker yang meracik untuk mencetak label tambahan yang dapat dilampirkan pada kantong penyimpanan plastik.2

Walaupun tidak diharuskan oleh undang-undang, resep dokter yang menjelaskan kondisi medis pasien, rejimen pengobatan, dan medis keharusan untuk membawa persediaan dapat mempercepat proses pemeriksaan pihak berwajib/petugas bea cukai.

Baca :  Patch Jarum Mikro Tanpa Rasa Sakit Ini Efektif Mengontrol Diabetes

Penting juga untuk mengedukasi pasien tentang pentingnya mempersiapkan situasi darurat.

Hipoglikemia terjadi pada hingga 10% pasien yang menggunakan insulin selama perjalanan atau dalam 24 jam pertama setelah kedatangan.1

Pasien harus mempertimbangkan mengemas persediaan yang dapat mengobati hipoglikemia, seperti tablet glukosa, permen keras yang mengandung gula sederhana, dan kit glukagon.

Bepergian dengan cemilan sehat, seperti kerupuk, keju, selai kacang, buah, kotak jus, sangat ideal untuk mengatasi hipoglikemia. Pasien harus didorong untuk memakai aksesoris identifikasi medis untuk mengingatkan orang lain tentang kondisi kesehatan mereka jika terjadi keadaan darurat.

Penyimpanan

Wadah dengan kemasan gel es atau pendingin harus digunakan untuk menyimpan insulin dan persediaan lain yang perlu disimpan pada suhu yang lebih rendah.

Setelah digunakan, sebagian besar pena insulin harus disimpan pada suhu kamar pada <86 ° F (<30 ° C). Satu pengecualian adalah insulin glulisine, yang harus dijaga pada suhu 77 ° F.8

Pasien harus diingatkan untuk tidak meninggalkan persediaan dalam kendaraan yang panas atau di bawah sinar matahari langsung.

Saat terbang, pasien diperbolehkan membawa semua persediaan medis di pesawat dalam tas jinjing, menurut Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) .9

Tidak direkomendasikan untuk memeriksa persediaan medis, karena suhu yang berfluktuasi dan penanganan bagasi yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan.

Orang dengan diabetes dikecualikan dari Aturan penerbangan, yang berarti bahwa obat-obatan, karbohidrat kerja cepat seperti jus, dan paket gel pendingin lebih dari 3,4 ons atau 100 mililiter dapat dikemas dalam tas jinjing dan tidak perlu ditempatkan di kantong plastik zip-top.

Pedoman untuk terbang dengan obat diabetes dan persediaan dapat berubah kapan saja, jadi selalu penting untuk memeriksa dengan TSA untuk rekomendasi saat ini.

Bagi mereka yang bepergian melintasi zona waktu, alarm telepon dapat membantu mengingatkan pasien kapan harus minum obat.

Baca :  10 Hasil Penelitian Klinis Diabetes yang Wajib Diketahui Apoteker

Hari menjadi lebih pendek saat bepergian dari barat ke timur dan diperpanjang saat bepergian dari timur ke barat, yang dapat meningkatkan risiko hipoglikemia atau hiperglikemia jika pasien tidak memantau glukosa dengan ketat dan memodifikasi pemberian insulin dengan tepat.

Mungkin perlu untuk memberikan panduan tentang penyesuaian obat untuk memperhitungkan durasi perjalanan dan perbedaan dalam zona waktu.

Kesimpulan

Apoteker dan profesional perawatan kesehatan lainnya dapat memberikan pendidikan tentang keterampilan manajemen diri dan persiapan perjalanan yang memadai untuk individu dengan diabetes.

Rekomendasi dapat membantu mempertahankan kontrol glukosa dan menurunkan risiko kesehatan. Saran perjalanan untuk pasien penting untuk mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam merencanakan perjalanan ke masa depan.

Sumber :

  1. Burnett JCD. Long- and short-haul travel by air: Issues for people with diabetes on insulin. J Travel Med. 2006;13(5):255-260.
  2. U.S. Centers for Disease Control and Prevention. 21 Tips for traveling with diabetes. https://www.cdc.gov/diabetes/library/features/traveling-with-diabetes.html. Accessed May 16, 2019.
  3. American Diabetes Association. When you travel. http://www.diabetes.org/living-with-diabetes/treatment-and-care/when-you-travel.html. Accessed May 16, 2019.
  4. Bettes TN, McKenas DK. Medical advice for commercial air travelers. Am Fam Physician. 1999;60(3):801-810.
  5. Lumber T, Strainic PA. Have insulin, will travel: planning ahead will make traveling with insulin smooth sailing. Diabetes Forecast. 2005;58(8):50-54.
  6. Boerner H. Tips to trip by: the art and science of traveling with diabetes. Diabetes Forecast. 2008;61(5):42-45.
  7. American Diabetes Association. Know your rights. http://www.diabetes.org/living-with-diabetes/know-your-rights/discrimination/law-enforcement/know-your-rights.html. Accessed May 20, 2019.
  8. Pearson TL. Practical aspects of insulin pen devices. J Diabetes Sci Technol. 2010;4(3):522-531.
  9. Burns B. TSA travel tips: travelers with diabetes or other medical conditions. https://www.tsa.gov/blog/2014/04/01/tsa-travel-tips-travelers-diabetes-or-other-medical-conditions. Accessed May 16, 2019.
  10. Recommendations for Counseling Traveling Patients with Diabetes. https://www.pharmacytimes.com/resource-centers/diabetes/recommendations-for-counseling-traveling-patients-with-diabetes
Print Friendly, PDF & Email
Share this:
  • 81
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    81
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

BPOM dan Kemenkes Komentari Bajakah sebagai Obat Kanker

Farmasetika.com – Ramai di media sosial terkait hasil penelitian pada tikus yang diklaim memiliki efek …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar