Home / Berita / BPOM Jelaskan Kerupuk Kulit dari Babi Berlabel Halal

BPOM Jelaskan Kerupuk Kulit dari Babi Berlabel Halal

Farmasetika.com – Isu viral melalui media sosial terkait produk pangan kerupuk kulit yang terbuat dari babi dengan dicantumkan label halal pada kemasannya ditanggapi serius oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM mengeluarkan pernyataan resmi melalui situsnya (16/7/2019) bahwa Badan POM telah melakukan penelusuran dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, diperoleh hasil bahwa produk Krupuk Kulit Babi seperti yang beredar di media sosial tersebut telah mendapatkan nomor Depkes RI P-IRT 2.01.5102.01.215 pada tahun 2012 yang kemudian diperbaharui pada April 2018 dengan nomor Depkes RI P-IRT 2.01.5102.01.546.23 dengan label tanpa Logo Halal.

Menurut BPOM, diduga bahwa logo halal yang terdapat pada label produk Krupuk Kulit Babi yang beredar di media sosial dengan nomor Depkes RI P-IRT 2.01.5102.01.215 sengaja dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berikut adalah label asli yang tercantum dalam lampiran rilis BPOM.

BPOM telah melakukan penelusuran Badan POM di pasaran dan tidak ditemukan produk Krupuk Kulit Babi berlogo halal seperti yang disebarkan di media sosial.

BPOM tegaskan akan terus melakukan pengawasan terkait persyaratan label pangan, sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan. Pengawasan Label dimaksudkan untuk menjamin kesesuaian terkait dengan asal, keamanan, mutu, kandungan gizi, dan keterangan lain yang diperlukan (keterangan halal bagi yang dipersyaratkan) serta untuk menjamin informasi mengenai pangan yang disampaikan kepada masyarakat adalah benar dan tidak menyesatkan.

Sumber : PENJELASAN BADAN POM RI tentang Isu Peredaran Produk Krupuk Kulit Babi yang Berlogo Halal. https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/98/PENJELASAN-BADAN-POM-RI-tentang-Isu-Peredaran-Produk-Krupuk-Kulit-Babi-yang-Berlogo-Halal.html

Print Friendly, PDF & Email
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Cara Ilmiah Deteksi Kandungan Babi dan Alkohol dalam Produk Farmasi

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kanker Kerongkongan Kini ada Obat Imunoterapinya

Farmasetika.com – Kanker kerongkongan kini telah bergabung dengan daftar jenis tumor yang dapat diobati dengan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar