Home / Sediaan & Alkes / Parenteral / Symjepi Tawarkan Sistem Penghantaran Baru Injeksi Epinefrin

Symjepi Tawarkan Sistem Penghantaran Baru Injeksi Epinefrin

farmasetika.com – Prevalensi alergi tumbuh kearah yang buruk, dengan survei 2011 pada 38.480 anak-anak menunjukkan bahwa kejadian alergi makanan bisa setinggi sekitar 8% .1 Data penelitian ini merupakan yang lebih tinggi dari estimasi, penelitian lain menunjukkan angka itu antara 1% dan 5%.

Epinefrin untuk anafilaksis alergi

Komplikasi serius dari alergi yang mengancam jiwa adalah anafilaksis setelah terpapar alergen. Pengobatan lini pertama untuk anafilaksis adalah epinefrin intramuskuler (IM). 2 Injektor otomatis epinefrin (Ephineprine Auto Injector,EAI) adalah produk epinefrin IM yang paling sering diresepkan. Nama-nama obat bermerek Adrenaclick, Auvi-Q, dan EpiPen, serta beberapa obat generik, telah beredar di pasaran. Adrenaclick dan Auvi-Q tidak dapat saling dipertukarkan satu sama lain, generik merek EpiPen, atau EpiPen Mylan- dan Teva. Produk-produk ini tersedia dalam dosis dewasa 0,3 mg dan dosis pediatrik 0,15 mg, dengan pengecualian epinefrin Teva-generik, yang tersedia hanya dalam dosis dewasa.

Symjepi opsi pilihan sistem penghantaran terbaru

Symjepi adalah opsi epinefrin IM yang bukan EAI tetapi beroperasi seperti jarum suntik. Ditawarkan oleh Sandoz Inc, ia memiliki ukuran yang ringkas, mekanisme yang tersedia dalam dosis orang dewasa dan anak-anak, jarum yang lebih tipis daripada beberapa EAI lainnya, dan sebuah jendela yang menunjukkan apakah dosis telah diberikan.

Hambatan Akses

Akses ke produk-produk IM epinefrin sangat penting bagi pengasuh dan pasien jika terjadi respons alergi yang parah, tetapi mereka sering menemui hambatan karena kekurangan obat dan biaya pengobatan yang tinggi.
Produk seperti EpiPen dan EAI generik telah mengalami kekurangan terus-menerus sejak Mei 2018.4 Baru-baru ini pada 5 Juni 2019, Mylan dan Pfizer berkoordinasi dengan FDA untuk memperpanjang tanggal kedaluwarsa beberapa produk epinefrin untuk mengatasi masalah kekurangan. Ini menandai ketiga kalinya dalam periode 1 tahun, setelah 27 Februari 2019, dan 21 Agustus 2018, bahwa tindakan semacam ini diperlukan.5

Biaya obat-obatan adalah penghalang umum lainnya untuk perawat dan pasien. Biaya langsung tahunan untuk EAI diperkirakan hampir 25% dari biaya tahunan untuk mengobati beberapa reaksi alergi pada tahun 2010.6

Analisis pengeluaran untuk 191,2 juta pasien yang diasuransikan secara komersil antara 2007 dan 2014 menunjukkan peningkatan dari sekitar $ 33 menjadi lebih dari $ 75 untuk pengeluaran out-of-pocket per EpiPen per tahun, per pasien. Analisis yang sama menemukan bahwa persentase pasien yang harus membayar lebih dari $ 100 meningkat hampir 400%, dan mereka yang harus membayar lebih dari $ 250 meningkat lebih dari 5000%. Total pengeluaran EpiPen Tahunan per pasien meningkat dari $ 124,9 menjadi $ 468,7,7

Sistem penghantaran alternatif

Injektor otomatis epinefrin adalah obat yang paling sering diresepkan untuk reaksi alergi parah, tetapi ampul dan botol 1 mg juga kadang-kadang digunakan di rumah sakit dan lingkungan medis lainnya. Kekhawatiran dengan produk ini, bagaimanapun, adalah bahwa isinya harus ditarik ke dalam jarum suntik sebelum disuntikkan, yang dalam situasi penuh tekanan yang dapat menyebabkan injeksi dosis yang salah.

Baca :  Injeksi Glukagon untuk Hipoglikemia Berat Dirilis, Cairan Stabil Suhu Ruangan Pertama

Pada tahun 2014, National Comprehensive Cancer Network menyerukan penggunaan EAI di rumah sakit anggota untuk menghindari kesalahan dosis dan rute yang salah (mis., Intravena [IV], bukan IM).8 Dalam tinjauan lebih dari 600 kasus yang dilaporkan kepada Sistem Pelaporan Keselamatan Pasien Pennsylvania, kesalahan rute salah yang melibatkan pemberian IV bukan IM atau injeksi subkutan bertanggung jawab atas 25,4% dari semua efek samping epinefrin dan 63,3% dari peristiwa berbahaya.8

Dengan Symjepi, Sandoz bertujuan untuk membuat opsi lain. Diberikan persetujuan FDA pada tahun 2018, dosis 0,3 mg dan 0,15 mg Symjepi tersedia di rumah sakit dan klinik awal tahun ini.

“Kolaborasi kami dengan mitra ritel akan memungkinkan pasien dan pengasuh mereka untuk dengan mudah mengakses Symjepi, pilihan perawatan hemat biaya dengan desain yang ringkas dan ramah pengguna,” kata Carol Lynch, presiden Sandoz US, dalam sebuah pernyataan.9

Symjepi memiliki biaya perolehan grosir yang lebih rendah daripada EAI, sekitar 17% di bawah biaya yang paling banyak digunakan.10

Perangkat menggunakan proses 4 langkah untuk memastikan pemberian obat yang tepat dan keamanan pengguna.

  1. Siap: Lepaskan tutup untuk membuka jarum. Jangan menyentuh plunger sampai jarum masuk sepenuhnya untuk memastikan tidak ada kebocoran epinefrin yang terjadi secara tidak sengaja.
  2. Stabil: Menggenggam dengan jari mencengkeram badan jarum suntik, perlahan memasukkan jarum ke paha, menyuntikkan melalui pakaian jika perlu.
  3. Go: Setelah jarum dimasukkan sepenuhnya, dorong plunger sepenuhnya ke bawah sampai berbunyi klik. Tahan selama 2 detik, lalu lepaskan jarum suntik dan pijat daerah itu selama 10 detik. Jika pasien telah mendorong plunger ke bawah, jendela solusi akan setidaknya diblokir sebagian, menunjukkan bahwa dosis yang tepat telah disuntikkan.
  4. Lindungi: Symjepi memiliki penjaga keamanan yang dapat digeser pasien ke jarum. Setelah injeksi diberikan, tutup jarum menggunakan 1 tangan dengan jari-jari di belakangnya untuk menggeser pengaman ke atas sampai berbunyi klik. 11

Dalam studi head-to-head, remaja secara acak menggunakan EpiPen atau Symjepi. Studi ini menemukan tingkat kegagalan yang secara statistik lebih tinggi untuk pemberian EpiPen daripada untuk Symjepi, dengan kesalahan seperti menempel ibu jari dan tidak memberikan waktu yang cukup untuk pemberian dosis setelah injeksi jarum.

Peran Apoteker dibutuhkan

Apoteker dapat bekerja dengan tim perawatan kesehatan dalam merekomendasikan pemilihan produk yang tepat untuk mencegah hambatan pasien terhadap akses pengobatan. Mereka memainkan peran penting dalam memahami pilihan epinefrin yang tersedia untuk alergi, serta dalam meningkatkan kesadaran akan pemilihan produk untuk mengatasi hambatan pengobatan pasien.

Baca :  Versi Generik Auto Injektor Epinefrin Pertama Telah Disetujui FDA

Resep EAI merek-generik dan terbatas membatasi kemampuan apotek untuk hanya sebagian dari produk epinefrin, menciptakan lebih banyak hambatan bagi pasien yang mencoba mengakses obat penyelamatan darurat. Untuk mengatasi keterbatasan ini, apoteker dapat mendidik pasien untuk meminta dokter mereka untuk menunjukkan injeksi epinefrin atau epinefrin pada resep untuk memungkinkan pilihan produk epinefrin mana yang tersedia.

Produk epinefrin IM merupakan kebutuhan bagi banyak pasien dalam situasi darurat. Apoteker juga harus memberi tahu pasien tentang sumber daya online dan kelompok advokasi, seperti Yayasan Asma dan Alergi Amerika dan organisasi Penelitian & Pendidikan Alergi Makanan, yang dapat membantu pasien memberi label perangkat medis untuk mengangkutnya dengan aman ke pengasuh bayi, kamp, ​​atau sekolah , sebagai contoh.

Meskipun masih banyak penghalang antara obat epinefrin untuk reaksi alergi parah dan pasien, apoteker dapat meningkatkan hubungan mereka untuk meningkatkan pendidikan tentang pilihan yang tepat dan penggunaan yang tepat.13

Sumber :
  1. Gupta RS, Springston EE, Warrier MR, et al. The prevalence, severity, and distribution of childhood food allergy in the United States. Pediatrics. 2011;128(1):e9-17. doi:10.1542/peds.2011-0204.
  2. Simons FER, Ardusso LRF, Bilò MB, et al. World Allergy Organization guidelines for the assessment and management of anaphylaxis. World Allergy Organ J. 2011;4(2):13-37. doi: 10.1097/WOX.0b013e318211496c.
  3. Symjepi [prescribing information]. San Diego, CA: Adamis Pharmaceuticals Corp; 2018. www.accessdata.fda.gov/drugsatfda_docs/label/2017/207534lbl.pdf. Accessed July 19, 2019.
  4. FDA drug shortages. FDA website. www.accessdata.fda.gov/scripts/drugshortages/. Accessed June 20, 2019.
  5. Extended use dates provided by Pfizer. FDA website. www.fda.gov/Drugs/ DrugSafety/DrugShortages/ucm563360.htm. Updated June 5, 2019. Accessed June 20, 2019.
  6. Fromer L. Prevention of anaphylaxis: the role of the epinephrine autoinjector. Am J Med. 2016;129(12):1244-1250. doi: 10.1016/j.amjmed.2016.07.018.
  7. Chua KP, Conti RM. Out-of-pocket spending among commercially insured patients for epinephrine autoinjectors between 2007 and 2014. JAMA Intern Med. 2017;177(5):736-739. doi: 10.1001/jamainternmed.2017.0252.
  8. Grissinger M. EPINEPHrine for anaphylaxis: autoinjector versus 1-mg ampoule or vial. PT. 2017;42(12):724-725.
  9. New epinephrine injection launched in retail pharmacies. Contemporary Clinic® website. contemporaryclinic.pharmacytimes.com/news-views/new-epinephrine-injection-launched-in-retail-pharmacies. Published July 9, 2019. Accessed July 15, 2019.
  10. Symjepi (epinephrine injection). Symjepi website. symjepi.com. Accessed July 15, 2019.
  11. How to use Symjepi. Symjepi website. symjepi.com/#two. Accessed July 19, 2019.
  12. Moss RB, Daniels K, Moll T, Carlo DJ. Human Factors study in untrained adolescents comparing a recently approved single-dose epinephrine prefilled syringe with an approved autoinjector. Ann Allergy Asthma Immunol. 2018;120(5):540-541. doi: 10.1016/j.anai.2018.02.027
  13. Symjepi for Injectable Epinephrine. https://www.pharmacytimes.com/publications/issue/2019/august2019/symjepi-offers-new-option-for-injectable-epinephrine
Print Friendly, PDF & Email
Share this:
  • 35
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    35
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Produk Biologi Pertama untuk Asma Berat pada Anak disetujui FDA

Farmasetika.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah memperluas indikasi untuk mepolizumab (Nucala, …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar