Loading Events

« All Events

Training on Campus : Professional Coaching Farmasi Industri Seri Manajemen Kualitas

January 30, 2020 @ 8:00 am - 5:00 pm

Berbagai perkembangan yang terjadi baik di tingkat nasional, regional maupun global tampak begitu terlihat sangat cepat, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Industri farmasi merupakan salah satu industri yang mengandalkan teknologi dengan terus menerus memperbaharui kemampuan dalam memenuhi regulasi pemerintah dalam hal ini CPOB. Hal ini tentunya sejalan dengan tanggung jawab Apoteker yang merupakan salah satu personil kunci di industri farmasi, senantiasa dituntut untuk terus meningkatkan kompetensinya agar selaras dengan perkembangan teknologi dan regulasi guna menghasilkan produk sediaan farmasi yang aman, bermutu dan berkhasiat.

Tantangan Pendidikan Tinggi Farmasi (PTF) dalam menyiapkan Apoteker yang kompeten, handal dan memiliki performa terbaik dalam pekerjaan kefarmasian sekarang ini, khususnya Farmasi Industri, menjadi semakin besar. Meskipun standar lulusan dan standar kompetensi yang telah disepakati oleh stakeholder (APTFI, IAI dan KFN) dalam bentuk naskah akademik Pendidikan Farmasi, Standar Kompetensi Apoteker Indonesia (SKAI), pada kenyataannya tidak mudah memberikan pengalaman langsung praktek farmasi Industri ke kampus. Terlebih lagi, apoteker di farmasi industri mengembangkan keahliannya tidak hanya pada RnD, produksi, QC dan QA saja, melainkan banyak juga merambah ke bidang registrasi, marketing, rantai pasok, dan lain sebagainya.

Salah satu kata kunci mengejar pesatnya kebutuhan dunia kerja dengan kesiapan lulusan, adalah mempercepat paparan praktek dalam proses pembelajaran mahasiswa. Kompetensi yang meliputi pengetahuan, keahlian, dan sikap perilaku harus sudah dikenalkan kepada mahasiswa semenjak dini, agar calon apoteker memiliki mindset, wawasan, dan orientasi yang tepat dalam menyiapkan karir setelah dilantik menjadi seorang Apoteker.

Berdasarkan masih adanya kesenjangan implementasi teori di kampus dengan praktik farmasi Industri saat ini, Departemen Farmasetika dan Teknologi Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, bekerjasama dengan Epsilon Sharing Community yang merupakan wadah alumni Farmasi Unpad dan praktisi farmasi industri, berkeinginan untuk berkolaborasi berbagi pengalaman, pengetahuan dan terutama praktek, dengan menyelenggarakan pelatihan kepada calon lulusan perguruan tinggi farmasi dalam hal implementasi pengetahuan yang didapat di kampus agar lulusan siap dalam melakukan praktik kefarmasian khususnya di Industri Farmasi.

Baca :  Seminar Nasional dan Workshop Farmasi Industri Terbesar di Tahun 2017 Digelar 27-28 Oktober

Sasaran dan Program Pelatihan

Sasaran dari Program Pelatihan Tematik Farmasi Industri:

  1. Mahasiswa program studi Sarjana Farmasi
  2. Mahasiswa program studi Apoteker
  3. Dosen Perguruan Tinggi Farmasi (PTF)
  4. Lulusan Apoteker baru

Tujuan Pelatihan

Melalui pelatihan ini diharapkan peserta mampu dan memahami :

  1. Peran Apoteker di Industri Farmasi
  2. Implementasi CPOB di Industri Farmasi
  3. Basic Tools yang digunakan dalam melakukan pekerjaan kefarmasian dan operasional di Industri Farmasi
  4. Mengembangkan diri dan karir di bidang Farmasi Industri

Metode Pelatihan

Pelatihan ini dilakukan dengan metode eksperiental dan simulasi dengan cara pemaparan materi dan divisualisaikan melalui video-video tutorial berdurasi pendek untuk memberikan gambaran proses dan implementasi di Industri Farmasi serta workshop melalui studi kasus dan implementasi tools yang diberikan.

Program Training Epsilon

Pelatihan ini merupakan In House Training yang kami sebut sebagai program Training on Campus yang bekerjasama dengan Departemen Farmasetika dan Teknologi Farmasi / Pusdi Drugs Delivery & Disposition serta Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) untuk menambah pengetahuan dan kemampuan peserta pelatihan. 8 (delapan) topik dasar pada silabus pelatihan adalah pilihan topik yang dapat menjadi acuan dalam menentukan konten pelatihan dan dapat disesuakan dengan kebutuhan perserta.

Fasilitas Pelatihan

Setiap peserta dalam pelatihan ini mendapatkan :

  1. Seminar Kit, Copy Materi bentuk hardcopy dan softcopy dalam format PDF.
  2. Sertificate of Attendace dari Epsilon Sharing Community & Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran.
  3. Konsumsi

Waktu dan Tempat Pelatihan

Tempat Pelatihan          : Gedung 1 Lab. Departemen Farmasetika dan Teknologi

Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363

Waktu Pelatihan            : Disesuaikan dengan kegiatan Kampus dengan target 1 bulan 1 kali pelatihan

Contact Person             : Budi (081220200575)

Link pendaftaran : http://bit.ly/UNPADepsilon2020

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Organizer

Pusat Studi Penghantaran dan Distribusi Obat, Farmasi Unpad
Website:
farmasi.unpad.ac.id

Mari berbagi informasi event kefarmasian, kontak kami klik link berikut ini Kirim Event atau Agenda

Skip to toolbar