Home / Berita / TedTalks / Apa yang Bisa Kita Lakukan Ketika Antibiotik Sudah Tidak Bekerja Melawan Infeksi?
ijpst

Apa yang Bisa Kita Lakukan Ketika Antibiotik Sudah Tidak Bekerja Melawan Infeksi?

Majalah Farmasetika (V1N7-September 2016) – Rubrik TedTalks. Penemuan antibiotik penisilin mengubah segalanya. Infeksi yang sebelumnya telah membunuh banyak orang tiba-tiba dengan cepat dapat disembuhkan. Namun segalanya berubah ketika Maryn McKenna, seorang jurnalis kesehatan ternama mempresentasikan hasil ulasannya berbasis data dan fakta resistensi antibiotik saat ini yang pada akhirnya menjawab “Apa yang Bisa Kita Lakukan Ketika Antibiotik Sudah Tidak Bekerja Melawan Infeksi?”

Berawal dari kisah pamannya yang meninggal

Dalam pembuka presentasinya, McKenna menceritakan kisah pamannya bernama Joe McKenna. Dia adalah seorang suami muda dan pemain basket semi-pro dan pemadam kebakaran di New York City pada tahun 1938. Masa dimana belum ditemukannya penisilin.

antibiotik
pic : TedTalks

Suatu ketika terjadi kecelakaan ketika bekerja sebagai pemadam kebakaran dimana salah satu nozel selang kebakaran, raksasa, sepotong berat logam, terjatuh dari rak dan menghantamnya. Beberapa hari kemudian, bahunya mulai sakit. Dua hari setelah itu, ia demam dan suhunya terus meningkat.

Dibawa ke Rumah Sakit dan didiagnosis terkena infeksi, saat itu dikenal dengan infeksi “blood poisoning” suatu infeksi dimana para tenaga medis sudah memakluminya karena tidak ada yang bisa mereka lakukan.

Orang-orang yang mendapat infeksi ini jika mereka beruntung bisa pulih sendirinya. Naas, pamannya tidak beruntung. Dia berada di rumah sakit selama seminggu, gemetar kedinginan, dehidrasi dan mengigau, mengalami koma. Tidak ada yang berhasil. Dia meninggal saat berusia 30 tahun.

Masa Pra-antibiotik dan Pasca-antibiotik

Jika Anda melihat kembali melalui sejarah, kebanyakan orang meninggal dengan cara pamannya meninggal. Kebanyakan orang tidak mati dari kanker atau penyakit jantung, penyakit gaya hidup yang menimpa kita di Barat hari ini. Mereka tidak mati dari penyakit mereka karena mereka tidak hidup cukup lama untuk mengembangkan mereka. Mereka meninggal karena luka seperti ditanduk oleh lembu, ditembak di medan perang, hancur di salah satu pabrik baru Revolusi Industri, dan sebagian besar terkena infeksi.

Baca :  3 Asisten Apoteker Salah Memberikan Obat Hingga Sebabkan Cedera Fisik Serius

Semua itu berubah ketika penemuan antibiotik. Tiba-tiba, infeksi yang menjadi hukuman mati berubah menjadi sesuatu yang bisa membuat pulih kembali. Sejak itu, disebut dengan zaman keemasan obat ajaib.

Dan sekarang akan segera mengakhiri masa itu. Joe McKenna meninggal pada hari-hari terakhir dari era pra-antibiotik. Saat ini adalah masa di ambang era pasca-antibiotik, pada hari-hari awal saat infeksi sederhana seperti yang Joe alami akan membunuh orang lagi.

Klik halaman berikutnya >>

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About Nasrul Wathoni

Profile photo of Nasrul Wathoni
Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

virus dna

Penemu CRISPR-Cas9 Ungkap Teknologi Edit DNA yang Bisa Mengubah Segalanya

Majalah Farmasetika (V2N1-Januari 2017) – Rubrik TedTalks. Saat ini, melalui teknik modifikasi genetik yang rumit telah …

Leave a Reply

Skip to toolbar