Download Majalah Farmasetika

Belajar dari PT Bintang Toedjoe, Inovasi Puyer dan Sachet Menggebrak Pasar Dunia

Majalah Farmasetika – Siapa yang tidak kenal dengan produsen obat tradisional Bintang Toedjoe? Kini bisa bertransformasi jadi perusahaan farmasi modern dan jadi market leader. Apa rahasianya? Bagaimana Bintang Toedje bisa melahirkan inovasi demi inovasi yang menggebrak pasar? Semua dikupas tuntas bersama Presiden Direktur Bintang Toedjoe, Fanny Kurniati di podcast CEO dan Co-founder CIAS, Dr. Indrawan Nugroho.

Sejarah PT Bintang Toedjoe

Didirikannya PT Bintang Toedjoe pada 29 April 1946 dan pertama berdirinya yaitu di kota Garut, Jawa Barat, pendiri peertama PT Bintang toedjoe yaitu shinse Tan Jun She, Tjia Pu Tjien, dan Hioe On Tjan. Alasan kenapa namanya Bintang Toedjoe? Karna shinse Tan Jun She punya anak prempuan tujuh jadi nama Bintang Toedjoe didirikan berdasarkan jumlah anak perempuanya  Tan, yakni 7 orang.

Pada waktu itu, dengan alat-alat yang sederhana dan mempekerjakan beberapa orang karyawan, PT Bintang Toedjoe berhasil memproduksi obat-obatan yang dijual bebasguna memenuhi kebutuhan masyarakat akan obat.

Dimulai dari Puyer No. 16 (Obat Sakit Kepala No. 16)

Salah satu obat yang diproduksi sejak berdirinya adalah Puyer No. 16 (Obat Sakit Kepala No. 16) yang sampaisaat ini masih legendaris di kalangan masyarakat dan masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan Puyer No. 16  buan hanya di indonesia melainkan diekspor juga ke beberapa negara.

PT Bintang Toedjoe yang berdi di Garut Lalu pindah ke jakarta  Pada tahun 1985 PT Bintang Toedjoe  Bintang Toedjoe di akui sisi oleh Kalbe farma dari sejak itulah PT Bintang Toedjoe mulai berkembang membuat prodak2 untuk suplemen kesehatan produk2 Herbal contoh prodak2 sperti Waisan, Caxon Ion C , Colza Dll.

Diakuisisi Kalbe Farma, luncurkan komix sachet

Pada tahun 1990 PT Bintang Toedjoe meluncurkan  Komix sachet, alasanya kenapa maluncurkan komix sachet? Karena waktu itu semua obat batuk berupa botol, dan PT Bintang Toedjoe  berinovasi supaya obat batuk ini praktis dan mudah di bawa kemna2 nah di sana PT Bintang Toedjoe mengeluarkan komix sachet dosisnya pas yang praktis di bawa kemana2. Dan pada tahun 1994 komix yang di produksi PT Bintang Toedjoe sukses sampe saat ini.

Apa sih sebenarnya yang membuat PT Kalbe tertarik sehingga mau mengakui aku sisi PT Bintang Toedjoe? karna produk PT Bintang Toedjoe  yang sachet itu untuk menengah ke bawah dan itulah yang bisa di manfaatkan PT Kalbe, karna potensi pasar kedepanya akan besar dengan bentuk-bentuk produk yang sachet yang praktis.

Inovasi sachet berikutnya, Extra Joss

Manajemen PT Bintang Toedjoe setelah di akui sisi oleh PT Kalbe untuk melahirkan inovasi dan produk yang hebat seperti komix dan  extrajos, pondasi utamanya yaitu “people” atau SDM jadi itulah yang PT Bintang Toedjoe inovasi terlebih dahulu karna PT Bintang Toedjoe dan Kalbe berkeyakinan SDM adalah dasar dari semuanya kalau PT Bintang Toedjoe ga punya SDM dan mindset inovasi itu akan percuma maka yang PT Bintang Toedjoe bentuk adalah budaya inovasi itu no satu dan sampe saat ini pun PT Bintang Toedjoe masih melakukan itu, jadi yang di lakukan PT Bintang Toedjoe setiapharinya adalah berinovasi dan ada yang namanya konim, jadi semua tim selalu melakukan “konim”, konim adalah masing-masing orang harus memberikan ide dan inovasinya baik itu berdampak ke efisiensi, efektivitas atau berdampak target jadi itu yang PT Bintang Toedjoe buat, jadi setiap orang di targetkan bahwa mereka harus mebuat konim untuk departemen devisi maupun untuk pekerjaan mereka sendiri.

Disitulah mulai lahir inovasi2 produk sachet sperti komix extrajos dll, timbulah pertanyaan, dari mana lahirnya inovasi produk? PT Bintang toedjoe mempunyai tim khusus namanya empytiting new produk development yaitu gabungan dari semua bagian, dan di adakan (kolaborasi) setiap 1 bulan sekali melakukan kolaborasi/meeting membahas ide2 produk baru PT Bintang Toedjoe disana terlahirlah produk-produk baru.

Sejarah extra jos

Keunikan proses lahirnya Extra Joss, Extra Joss  ini mulai diproduksi oleh PT Bintang Toedjoe sejak 14 Agustus 1994. Ide nama ‘Extra Joss’ diperoleh karena mudah diingat, sederhana, dan terkesan segar dengan dua huruf ‘S’ ganda yang menguatkan personalitinya. Kata ‘Joss’ berasal dari dialek pergaulan masyarakat Surabaya yang terkenal suka bersuara lantang dan blak-blakan.

‘Joss’ bermakna manjur atau oke. Tidak heran bila Bintang Toedjoe memilih Jawa Timur sebagai lokasi peluncuran perdana produk Extra Joss, khususnya di Malang dan Surabaya pada September 1994.

Setelah dipastikan semuanya berjalan lancar, akhirnya mereka pun melakukan grand launching pada April 1995 bersama Wicaksana Overseas Internasional (WOI) sebagai distributor resmi mereka.

Setelah launcing Extra Joss mengalami ke susahan masuk ke pasar karna pasar sudah beradaptasi dengan botol sedangkan Extra Joss ini berupa sachetan dan bagimana cara untuk mendapatkan manset customer ini supaya mereka mengakui bahwa sachetan ini lebih bagus dan praktis dan mudah di bawa ke mana-mana.

Jatuh bangunnya Extra Joss

Dan setelah 1 tahun Extra Joss launching mengalami ke gagalan yaitu jatuh bangun tapi bukan karna produknya melainkan karna tacklinya yang gagal dan PT Bintang Toedjoe kembali lagi ke DNA no satu brand DNA yaitu suplemen ini mau ke mana tujuannya dan mau sperti apa, yang berstamina yang aktif produktif singgle dus dan setelah ambil tacklinnya  ini biangnya dan buat apa botolnya setelah itu  Extra Joss mulai dikenal dan mulai langsung meledak dipasaran, padahal masih sama produknya dengan taun lalu hanya dengan menemukan inovasi ini biangnya buang botolnya extra joss barulah terkenal, jadiplajaran segala unsur dari segala integrasinya harus pas.

dan beberapa taun jadi market leader dan 2006 Extra Joss mulai terlena sudah di atas lupa diri dan melupakan DNA yang Extra Joss buat, dan akibanya dalam  5 tahun mengalami turun drop, di tahun 2010 omsetnya dari 100% menjadi 50% dan ini menjadi tantangan buat PT bintang toedjoe dan dari itulah Extra Joss back tone decor dan mulai mencari kesalahan raundkost nya apa, ternyata kesalahannya yang pertama penah turun lapangan dan kedua hanya tergantung pada market besar yang ketiga melupakan iklan yang sudah di buat bagus dan komunikasi yang bagus dengan, gara-gara terlena dan lupa diri kepada DNAnya yang buat extra joss mulai terlupakan dan identitasnya mulai hilang.

di 2010 Extra Joss di tata ulang lagi dan memperbaiki kesalahan2 melalakukan perubahan dan mengambil strategi yang tepat sehingga menumukan kata laki yaitu artinya jiwa laki dan disitulah mulai naik, dalam 3 tahun Extra Joss menjadi market rider lagi.

Belajar dari pengalaman masa lalu, menjadi market leader Asia dan Dunia

PT Bintang Toedjoe setelah itu kembali  melahirkan inovasi yaitu  kemasan baru  berupa kemasan Tube dan kemasan ini pada tahun 2013 dapat penghargaan di indonesia di Asia dan di dunia sebagai Innovative Packaging pertama kali di dunia.

Saat ini, dengan memperkerjakan lebih dari 22000 orang karyawan, PT Bintang Toedjoe merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia yang tidak hanya memproduksi obat-obatan, melainkan juga memproduksi suplemen makanan dan fitofarmaka.

Selengkapnya bisa disimak di

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kemenkes Rilis Kasus Gagal Ginjal Baru, Sirup Praxion Ditarik BPOM

Majalah Farmasetika – Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan kasus baru gangguan asus baru Gangguan Ginjal Akut …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.