Kegunaan dan Kebutuhan Propilen Glikol sebagai Eksipien Sediaan Likuid

Majalah Farmasetika – Sediaan likuid merupakan sediaan wujud cair yang mengandung satu atau lebih zat aktif yang terlarut atau terdispersi stabil dalam medium yang homogen pada saat diaplikasikan. Eksipien merupakan bahan selain zat aktif yang ditambahkan dalam formulasi suatu sediaan untuk berbagai tujuan dan fungsi.

Propilen glikol merupakan salah satu eksipien yang sering digunakan dalam sediaan likuid. Propilen glikol banyak digunakan sebagai pelarut dan pembawa khususnya untuk zat-zat yang yang tidak stabil atau tidak dapat larut dalam air.

Menurut badan pusat statistika, pada tahun 2017 kebutuhan propilen glikol di Indonesia sebesar 39.816.222 kg/tahun atau sekitar 39.816 ton/tahun.

Eksipien dalam formulasi sediaan likuid

Sediaan likuid merupakan sediaan wujud cair yang mengandung satu atau lebih zat aktif yang terlarut atau terdispersi stabil dalam medium yang homogen pada saat diaplikasikan.

Eksipien merupakan bahan selain zat aktif yang ditambahkan dalam formulasi suatu sediaan untuk berbagai tujuan dan fungsi. Eksipien merupakan zat tambahan yang tidak mempunyai efek farmakologi.

Eksipien dapat meningkatkan kualitas fisik obat dengan mempengaruhi transport obat dalam tubuh, mencegah kerusakan sebelum sampai ke sasaran, meningkatkan kelarutan dan bioavailabilitas, meningkatkan stabilitas obat, menjaga pH dan osmolaritas, menstabilkan emulsi, mencegah disosiasi zat aktif dan memperbaiki penampilan sediaan.

Kriteria eksipien yang baik ialah harus netral secara fisiologis, stabil, tidak mempengaruhi bioavaibilitas obat, sesuai peraturan undang-undang. Propilen glikol merupakan salah satu eksipien yang sering digunakan dalam sediaan likuid. Namun belum ada perusahaan dalam negeri yang memproduksi propilen glikol.

Propilen glikol

Propilen glikol merupakan cairan kental, jernih, tidak berwarna, rasa khas, praktis tidak berbau. dapat bercampur dengan air, aseton, kloroform, larut dalam eter, dan dalam beberapa minyak esensial, tidak dapat bercampur dengan minyak lemak.

Propilen glikol banyak digunakan sebagai pelarut dan pembawa khususnya untuk zat-zat yang yang tidak stabil atau tidak dapat larut dalam air. Dalam kondisi biasa, propilen glikol stabil dalam wadah yang tertutup baik dan juga merupakan suatu zat kimia yang stabil bila dicampur dengan gliserin, air, atau alkohol.

Propilen glikol secara umum merupakan pelarut yang lebih baik dari gliserin dan dapat melarutkan berbagai bahan, seperti kortikosteroid, fenol, obat-obatan sulfa, barbiturat, vitamin A dan D, alkaloid. Propilen glikol memiliki kekurangan yaitu mudah menguap.

Perkembangan di Indonesia 

Kebutuhan propilen glikol di dalam negeri dalam beberapa tahun ini meningkat. Menurut badan pusat statistika, pada tahun 2017 kebutuhan propilen glikol di Indonesia sebesar 39.816.222 kg/tahun atau sekitar 39.816 ton/tahun. Namun belum ada perusahaan dalam negeri yang memproduksi bahan ini, sehingga seluruh kebutuhan untuk industri masih mengandalkan dari pasokan impor. Dari keterangan di atas, propilen glikol sangat dibutuhkan di Indonesia sehingga pendirian pabrik propilen glikol sangat diperlukan.

Propilen glikol digunakan dalam berbagai sektor industri di Indonesia seperti industri makanan, industi kosmetik, dan industri cat. Selain itu, dalam industri farmasi sendiri, propilen glikol digunakan untuk formula obat terutama pada sediaan likuid.

Kesimpulan

Propilen glikol merupakan eksipien yang banyak digunakan sebagai pelarut dan pembawa dalam sediaan likuid. Kebutuhan propilen glikol di dalam negeri dalam beberapa tahun ini meningkat sehingga pendirian pabrik propilen glikol di Indonesia sangat diperlukan.

Sumber :

Allen, L. V., 2009, Handbook of Pharmaceutical Excipients, Sixth Edition, Rowe, R. C., Sheskey, P. J., Queen, M. E., (Editor), London, Pharmaceutical Press and American Pharmacists Assosiation.

Badan Pusat Statistika (BPS). 2018. Statistic Indonesia. Tersedia secara online di www.bps.go.id.

Penulis : Kirka Dwi Aprial, Program Studi Sarjana Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Peranan Natrium Karboksimetil Selulosa dalam Sediaan Suspensi

Majalah Farmasetika – Suspensi adalah suatu sediaan cair yang mengandung bahan obat berupa partikel padat …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.