Duchenne Muscular Dystrophy

Vyondis 53, Obat Baru untuk Perawatan Duchenne Muscular Dystrophy

Majalah Farmasetika – VYONDYS 53 adalah obat untuk perawatan tipe tertentu dari Duchenne muscular dystrophy (DMD). Obat ini harus digunakan hanya pada pasien yang memiliki mutasi spesifik gen distrofin.

FDA berikan persetujuan di Amerika Serikat untuk obat golodirsen (nama dagang Vyondis 53): antisense antisense oligonucleotide yang dikembangkan oleh Sarepta Therapeutics sebenarnya telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) pada 12 Desember 2019.

(DMD) adalah yang paling umum dari lebih dari 30 jenis distrofi otot. Ini adalah penyakit genetik yang mengarah pada kerusakan progresif serat otot. Kondisi ini biasanya memengaruhi anak laki-laki saja tetapi anak perempuan juga dapat membawa gen bermutasi dan mengalami beberapa gejala. Mereka memiliki risiko 50 persen menularkan gen yang bermutasi kepada putra mereka, yang akan terkena penyakit itu.

Distrofi otot Duchenne dan Becker secara bersama-sama memengaruhi 1 dari 3.500 hingga 5.000 pria yang baru lahir di seluruh dunia. Antara 400 dan 600 anak laki-laki di Amerika Serikat dilahirkan dengan kondisi ini setiap tahun.

Penyebab Duchenne

Duchenne disebabkan oleh mutasi genetik yang mencegah tubuh memproduksi distrofin, protein yang otot perlu bekerja dengan baik. Tanpa distrofin, sel-sel otot menjadi rusak dan lemah. Seiring waktu, anak-anak dengan Duchenne akan mengalami masalah berjalan dan bernafas, dan akhirnya otot-otot yang membantu mereka bernafas dan jantung akan berhenti bekerja. Duchenne adalah penyakit progresif yang tidak dapat dipulihkan. Saat ini tidak ada obat untuk Duchenne.

Apa manfaat obat ini ?

VYONDYS 53 meningkatkan kadar distrofi pada otot sebagian besar pasien. Dipercaya bahwa peningkatan ini dapat memprediksi manfaat klinis pada pasien.

VYONDYS 53 disetujui di bawah program persetujuan yang dipercepat FDA, yang memberikan akses pasien sebelumnya ke obat baru yang menjanjikan sementara perusahaan terus melakukan uji klinis untuk mengkonfirmasi bahwa obat tersebut bekerja dengan baik.

Lebih banyak percobaan sedang berlangsung untuk menilai apakah ada manfaat klinis dari VYONDYS 53.

Bagaimana obat digunakan ?

VYONDYS 53 diberikan oleh profesional kesehatan sekali setiap minggu langsung ke aliran darah melalui jarum di pembuluh darah. Ini dikenal sebagai infus intravena, atau IV.

Apa bentuk dan dosis di pasaran ?

Produk ini akan disediakan dalam botol dosis tunggal 100mg/2mL. Dalam siaran persnya, Sarepta mengumumkan bahwa distribusi komersial Vyondys 53 di AS akan segera dimulai.

Baca :  Esketamine Intranasal, Terapi Tambahan Baru Antidepresi Mayor yang Resisten

Bagaimana mekanisme kerja obat ?

Golodirsen dirancang untuk berikatan dengan ekson 53 distrofin pra-mRNA yang mengakibatkan dikeluarkannya ini ekson selama pemrosesan mRNA pada pasien dengan mutasi genetik yang dapat menerima ekson 53 melewatkan. Exon 53 melewatkan dimaksudkan untuk memungkinkan produksi terpotong secara internal protein distrofin pada pasien-pasien dengan mutasi genetik yang dapat menerima ekson 53 yang dilewati

Bagaimana Efek Samping Obat ?

Reaksi hipersensitivitas, seperti ruam kulit, pireksia (demam), pruritus, urtikaria, dermatitis, dan pengelupasan kulit, telah terjadi pada pasien yang dirawat dengan VYONDYS 53. Toksisitas ginjal diamati pada penelitian pada hewan. Meskipun tidak diamati dalam studi klinis dengan VYONDYS 53, toksisitas ginjal, termasuk glomerulonefritis yang mengancam jiwa, telah diamati setelah pemberian beberapa oligonukleotida antisense. Reaksi merugikan yang paling umum yang terjadi pada setidaknya 20% pasien yang diobati dengan VYONDYS 53 dan lebih sering daripada pasien yang diobati dengan plasebo adalah sakit kepala (41%), pireksia (41%), jatuh (29) %), sakit perut (27%), nasofaringitis (27%), batuk (27%), muntah (27%) dan mual (20%).

Siapa yang berpartisipasi dalam uji klinis?

Ada dua uji klinis yang mendaftarkan pasien dengan DMD (Trial 1 / NCT02310906 dan Trial 2 / NCT0250381). Uji coba dilakukan di Amerika Serikat dan Eropa.

Apakah ada perbedaan dalam seberapa baik obat ini bekerja dalam uji klinis di antara jenis kelamin, ras dan usia?

Uji coba yang melihat manfaat VYONDYS 53 hanya terdiri dari anak laki-laki yang seusia dan sebagian besar berkulit putih. Itu tidak mungkin untuk menentukan apakah ada perbedaan dalam seberapa baik obat bekerja dalam subkelompok jenis kelamin, ras dan usia. Apakah ada perbedaan dalam seberapa baik obat bekerja dalam uji klinis di antara jenis kelamin, ras, dan kelompok umur ? Populasi untuk uji coba ini kecil dan relatif homogen; oleh karena itu, tidak ada analisis efikasi subpopulasi yang dilakukan.

Bagaimana uji coba dirancang?

Ada dua percobaan yang mengevaluasi VYONDYS 53 untuk DMD. Data dari Uji Coba 1 digunakan untuk mengevaluasi manfaat dan efek samping dari VYONDYS 53 dan data dari Uji Coba 2 untuk mengevaluasi efek samping saja. Semua pasien menggunakan kortikosteroid dosis stabil selama minimal 6 bulan sebelum memasuki uji coba.

Dalam Percobaan 1, pasien secara acak ditugaskan untuk menerima VYONDYS 53 atau plasebo seminggu sekali. Baik pasien maupun penyedia layanan kesehatan tidak tahu perawatan mana yang diberikan sampai setelah uji coba selesai. Manfaat dievaluasi dengan mengukur tingkat distropin dalam biopsi otot sebelum dan setelah 48 minggu perawatan.

Baca :  Mengenal Tablet Tenapanor, Obat Baru Sindrom Iritasi Usus Besar

Dalam Percobaan 2, pasien menerima VYONDYS 53 atau plasebo seminggu sekali hingga 96 minggu. Baik pasien maupun penyedia layanan kesehatan tidak tahu perawatan mana yang diberikan. Data yang dikumpulkan digunakan untuk penilaian efek samping.

Keamanan dan kemanjuran VYONDYS 53 dievaluasi dalam dua uji klinis. Pasien yang terdaftar memiliki diagnosis DMD yang dikonfirmasi secara genotipik (mutasi yang dikonfirmasi dari gen DMD yang setuju untuk tidak dilewati 53). Pasien menggunakan kortikosteroid dosis stabil selama minimal 6 bulan sebelum pendaftaran.

Percobaan 1 / Bagian 1 adalah uji coba dosis-buta ganda, terkontrol plasebo, pada 12 pasien DMD. Pasien diacak 2: 1 untuk menerima VYONDYS 53 atau plasebo yang sesuai. Percobaan 1 / Bagian 2 adalah studi label terbuka selama 168 minggu yang menilai kemanjuran dan keamanan VYONDYS 53 dengan dosis 30 mg / kg / minggu pada 12 pasien yang terdaftar di Bagian 1, ditambah 13 pasien naif pengobatan tambahan dengan DMD dapat menerima ekson 53 skipping. Titik akhir kemanjuran primer adalah perubahan dari baseline pada tingkat protein distrofin (diukur sebagai% dari normal) pada Minggu ke 48 dari Bagian 2

Percobaan 2 adalah percobaan double-blind, terkontrol plasebo di mana pasien menerima VYONDYS 53 dengan 30 mg / kg atau plasebo IV sekali seminggu hingga 96 minggu, setelah semua pasien menerima VYONDYS 53 dengan dosis 30 mg / kg.

Sumber

Serepta Therapeutics Inc. VYONDYS 53 (golodirsen) [Internet]. 12 Desember 2019. 2019 [cited 2020 May 14]. Available from: https://www.fda.gov/drugs/drug-approvals-and-databases/drug-trials-snapshots-vyondys-53

Distrofia di Duchenne, golodirsen approvato negli Stati Uniti [Internet]. [cited 2020 May 14]. Available from: https://malattierare.aou.udine.it/news/medianews/distrofia-di-duchenne-golodirsen-approvato-negli

Muscular Dystrophy News : What is Duchenne Muscular Dystrophy (DMD)? [Internet]. 2020. Available from: https://musculardystrophynews.com/muscular-dystrophy-types/what-is-duchenne-muscular-dystrophy/

Duchenne and Becker muscular dystrophy [Internet]. Available from: https://ghr.nlm.nih.gov/condition/duchenne-and-becker-muscular-dystrophy#sourcesforpage

Sarepta Therapeutics I. Duchenne muscular dystrophy: the basics [Internet]. 2019 [cited 2020 May 15]. Available from: https://www.duchenne.com/about-duchenne

Park B. FDA Approves Vyondys 53 for Duchenne Muscular Dystrophy. December 16, 2019 [Internet]. 2019; Available from: https://www.empr.com/home/news/fda-approves-vyondys-53-for-duchenne-muscular-dystrophy/

Sarepta Therapeutics anuncia la aprobación de la FDA de la inyección VYONDYS 53 TM (golodirsen) para el tratamiento de la distrofia muscular de Duchenne (DMD) en pacientes susceptibles de omitir el exón 53 [Internet]. 12 diciembre, 2019. [cited 2020 May 14]. Available from: https://www.duchenne-spain.org/blog/sarepta-therapeutics-anuncia-la-aprobacion-de-la-fda-de-la-inyeccion-vyondys-53-golodirsen-para-el-tratamiento-de-la-distrofia-muscular-de-duchenne-dmd-en-pacientes-susceptibles-de-omiti/

Redazione. Duchenne: FDA dice no all’approvazione accelerata di golodirsen [Internet]. 22 Agosto 2019. 2019 [cited 2020 May 14]. Available from: https://www.osservatoriomalattierare.it/malattie-rare/distrofia-muscolare-di-duchenne/15127-duchenne-fda-dice-no-all-approvazione-accelerata-di-golodirsen

Idrus A Al. FDA surprises Sarepta by spurning its 2nd Duchenne drug [Internet]. Aug 19, 2019. 2019 [cited 2020 May 14]. Available from: https://www.fiercebiotech.com/biotech/fda-surprises-sarepta-by-spurning-its-second-duchenne-drug

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About Meilinda Setya Praceka

Meilinda Setya Praceka

Check Also

Komisi Eropa Setujui Obat Hepatitis D Pertama (Bulevirtide)

Majalah Farmasetika – Apa yang dimulai dengan penelitian dasar 25 tahun lalu kini telah menghasilkan …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.