Download Majalah Farmasetika
apoteker
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Apoteker Berperan penting Lindungi Pasien dari Penjual Obat Online Ilegal

Majalah Farmasetika – Sumpah Apoteker memaksa lebih dari 325.000 apoteker yang berpraktik di seluruh Amerika Serikat untuk memprioritaskan “kesejahteraan umat manusia dan meringankan penderitaan.” Karena semakin banyak pasien terdorong untuk mencari akses obat yang lebih murah dan lebih mudah secara online karena akses obat yang sedang berlangsung dan tantangan biaya, apoteker dipanggil untuk memainkan peran penting dalam memerangi penjual obat online ilegal melalui mendidik pasien tentang risiko ritel obat online.

Tantangan dalam akses pengobatan dan kekurangan obat, bahkan lebih banyak pasien beralih ke internet untuk segala hal mulai dari antibiotik seperti amoksisilin (Moxatag; Fera Pharmaceuticals) dan obat ADHD seperti amfetamin/dextroamphetamine (Adderall; Teva Pharmaceutical) hingga obat kemoterapi cisplatin (Platinol; Qilu Pharmaceutical) atau obat diabetes semaglutide (Ozempic; Novo Nordisk). 

Penemuan menunjukkan sekitar 95% penjual obat online beroperasi secara ilegal, secara langsung melanggar UU negara bagian dan federal AS. Situs nakal ini menjual obat palsu atau tidak disetujui, beroperasi tanpa izin apotek yang diperlukan, atau tidak mewajibkan resep yang valid. Banyak konsumen tidak pernah tahu bahwa obat yang mereka terima dari penjual online bukanlah seperti yang mereka klaim. Lebih buruk lagi, obat-obatan yang dijual oleh penjual obat ilegal online ditemukan mengandung bahan berbahaya seperti merkuri dan fentanyl, yang berbahaya dan mematikan. 

Tren ini mengkhawatirkan bagi pendukung keselamatan pasien dan apoteker. Karena, seperti yang disarankan oleh survei nasional yang ditugaskan oleh ASOP Global Foundation, kebanyakan orang Amerika mengira mereka tahu lebih banyak daripada yang sebenarnya diketahui tentang apotek daring yang ditemukan secara daring, mereka mengambil risiko yang meningkatkan keterpaparan  terhadap potensi bahaya. 

Survei ASOP Global Foundation, tanggapan mengungkapkan bahwa hampir setengah dari orang Amerika secara keliru percaya bahwa semua situs web yang menawarkan layanan resep untuk orang Amerika telah disetujui oleh FDA atau regulator negara bagian. Selain itu, hampir tiga perempat orang Amerika berpendapat bahwa situs web yang terverifikasi dan aman yang menjual obat resep harus muncul pertama kali di hasil penelusuran atau diidentifikasi secara jelas sebagai situs yang sah.

Baca :  Fasilitasi Startup Kefarmasian, Fitur Buat Website Gratis Diluncurkan

Sebagai sumber tepercaya untuk informasi perawatan kesehatan, apoteker diposisikan secara unik untuk mengatasi kesalahan persepsi ini di antara pasien secara langsung. Apoteker diposisikan secara unik di garis depan membantu memastikan pasien memahami cara membeli obat dengan aman, baik online maupun offline.

Lima hal yang dapat dikatakan apoteker untuk membantu melindungi pasien dari penjual obat online ilegal:

  1. Baik membeli dari apotek online atau fisik, semua obat resep di AS memerlukan resep yang valid. Menjual obat resep tanpa resep yang sah tidak hanya ilegal, tetapi juga berbahaya. Pasien tidak dapat mempercayai kualitas obat yang dijual di luar rantai pasokan yang diatur melalui situs web “apotek” tanpa izin, di platform media sosial, atau di pasar online. Seperti yang diingatkan DEA dalam “Satu Pil Dapat Membunuh”, cara terbaik untuk tetap aman adalah dengan membeli obat dari apotek berlisensi.
  2. Verifikasi sebelum Anda membeli. Sebelum membeli dari sumber online, pasien harus mengunjungi safe.pharmacy atau legitscript.com untuk memverifikasi bahwa penjual online itu aman dan sah. Selanjutnya, penjual yang URL situs webnya diakhiri dengan .pharmacy telah diverifikasi sebagai aman oleh National Association of Boards of Pharmacy.
  3. Pelajari cara menghindari Obat-obatan Buruk. Obat palsu membunuh orang sungguhan. Apoteker dapat membantu pasien melindungi diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai dengan mengajari mereka cara membedakan obat yang aman dari yang buruk. Kampanye layanan publik Bad Meds menunjukkan caranya.
  4. Gunakan layanan resep untuk menghemat uang dan tetap aman. Layanan seperti NeedyMeds dan RefillWise dapat membantu pasien mengakses diskon dan menemukan harga terendah untuk pengobatan mereka.
  5. Pelajari lebih lanjut di www.ASOPFoundation.farmasi. Yayasan Global ASOP Nirlaba menawarkan informasi dan sumber daya gratis kepada penyedia dan pasien tentang cara tetap aman dan menghemat obat-obatan.
Baca :  Posisi dan Peran Apoteker dalam Keamanan Pangan

Sesuai dengan Sumpah Apoteker, penting bagi semua penyedia untuk mengenali ancaman kesehatan masyarakat yang semakin meningkat dari apotek online ilegal dan mengambil tindakan proaktif untuk melindungi pasien. Dengan memahami risiko yang terkait dengan pelaku ilegal ini dan menasihati pasien secara efektif, apoteker dapat menjadi garis pertahanan pertama untuk memerangi penjual obat online ilegal dan menjaga keamanan komunitas mereka.

Reference : 

ASOP Global. 2021 Survey American perceptions and use of online pharmacies executives summary. July 9, 2021. Accessed Aug 2, 2023. https://asopfoundation.pharmacy/wp-content/uploads/2021/07/ASOP-Global-Foundation-2021-Consumer-Behavior-Survey-Key-Findings_Final-7.9.2021.

ASOP Global. 2021 Survey American perceptions and use of online pharmacies executives summary. July 9, 2021. Accessed July 31, 2023. https://asopfoundation.pharmacy/wp-content/uploads/2021/07/ASOP-Global-Foundation-2021-Consumer-Behavior-Survey-Key-Findings_Final-7.9.2021.

Share this:

About Ayu Dewi Widaningsih

Avatar photo
Pharmacy Student

Check Also

Biosimilar: Benarkah Penggunaannya Memberikan Penghematan Biaya Menjanjikan?

Majalah Farmasetika – Pengenalan 8 biosimilar adalimumab (Humira; AbbVie) pada tahun 2023 menciptakan siklus kegembiraan …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.