Gambar oleh Thorsten Frenzel dari Pixabay

FDA Menyetujui Formula Baru Metoklopramid Nasal untuk Diabetik Gastroparesis

Majalah Farmasetika – Food and Drug Administration (FDA) telah menyetujui formulasi baru metoclopramide/metoklopramide untuk menghilangkan gejala gastroparesis diabetik pada orang dewasa.

Kelebihan penghantaran obat metoklopramid melalui nasal

Produk yang disebut Gimoti (Evoke Pharma) memproduksi metoclopramide melalui administrasi hidung/nasal, menawarkan keuntungan dibandingkan pemberian oral, yang dapat terhambat karena pengosongan perut yang melambat, kata perusahaan itu dalam pengumuman persetujuan.

Sistem pengiriman obat dengan dosis 15 mg metoclopramide dalam setiap semprotan 70-mcL, yang dapat diambil 30 menit sebelum makan dan sebelum tidur selama 2-8 minggu, tergantung pada respon simptomatik, menurut informasi resep Gimoti.

Indikasi, kontraindikasi, dan efek samping metoclopramide nasal

Metoclopramide, antagonis dopamin-2, telah tersedia selama 4 dekade dalam formulasi oral dan injeksi. Ini membawa risiko pengembangan tardive dyskinesia – gangguan gerakan yang serius dan seringkali tidak dapat diperbaiki – yang meningkat seiring lamanya pengobatan. Karena itu, penggunaan obat tidak boleh melebihi 12 minggu.

Kontraindikasi lain termasuk riwayat tardive dyskinesia, ketika stimulasi motilitas GI mungkin berbahaya, pheochromocytoma dan paraganglioma yang melepaskan katekolamin, dan epilepsi.

Henry Parkman, MD, yang terlibat dengan uji klinis yang mengarah ke persetujuan, menjelaskan dalam pernyataan Evoke bahwa “pasien dengan gastroparesis menderita gejala khas seperti mual, sakit perut, kembung, rasa kenyang dini, serta muntah yang bisa parah dan melemahkan. Pasien-pasien ini sering memiliki penyerapan obat-obatan yang diberikan secara tidak menentu karena penundaan pengosongan lambung.

“Tidak seperti obat-obatan oral, Gimoti diberikan melalui hidung, melewati saluran GI yang sakit, memungkinkan obat untuk memasuki aliran darah secara langsung dan karenanya dapat memberikan pengiriman terapi yang dapat diprediksi,” tambah Dr. Parkman, ketua dan direktur Laboratorium Motilitas Gastroenterologi di Temple Universitas, Philadelphia.

Gimoti akan tersedia secara komersial pada kuartal keempat tahun ini di AS, menurut Evoke.

Sumber : FDA Approves Metoclopramide Nasal Spray for Diabetic Gastroparesis https://www.medscape.com/viewarticle/932857

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Nasal Spray Diazepam, Sediaan Baru untuk Epilepsi

farmasetika.com – Bermula dari gejala epilepsi (cluster atau acute repetitive) yang sering muncul tiba-tiba, dan …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.