Harga Remdesivir untuk COVID-19 dibandrol 33 Juta

Majalah Farmasetika – Gilead Sciences Inc telah memberi harga untuk kandidat obat COVID-19 remdesivir pada $ 2.340 atau sekitar 33 juta (1 USD = Rp. 14.000) selama lima hari terapi di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara maju lainnya, yang berpotensi mencerminkan persaingan dengan obat steroid deksametason yang murah.

Harga untuk program asuransi

Label harga di bawah $ 5.080 per rekomendasi ditetapkan oleh kelompok riset harga obat AS, Institute for Clinical and Economic Review (ICER), minggu lalu.

Tetapi lebih sesuai dengan kisaran yang lebih rendah yang disarankan oleh ICER sekitar $ 2.520 hingga $ 2.800, jauh berbeda dengan obat generik deksametason yang murah dimana tidak dilindungi paten.

Remdesivir berada di garis depan perjuangan melawan COVID-19 setelah pengobatan anti-virus membantu mempersingkat waktu pemulihan rumah sakit dalam uji klinis. Telah disetujui untuk penggunaan darurat pada beberapa pasien di Amerika Serikat.

Tetapi deksametason baru-baru ini dianggap sebagai pengobatan terobosan yang potensial.

Harga remdesivir untuk perusahaan asuransi swasta AS akan menjadi $ 520 per botol, kata Gilead, yang setara dengan $ 3.120 per pasien untuk kursus pengobatan enam botol.

Harga per botol di luar asuransi swasta adalah $ 390, Gilead menambahkan.

Potensi keuntungan untuk Gilead

Analis di Royal Bank of Canada mengatakan mereka melihat potensi pendapatan sebesar $ 2,3 miliar dari obat pada tahun 2020, membantu mengimbangi lebih dari $ 1 miliar dalam biaya pengembangan dan distribusi.

Namun, potensi untuk mengangkat saham Gilead terbatas karena vaksin dan perawatan yang lebih baik berada di cakrawala jangka panjang, tambah mereka.

Gilead telah menandatangani perjanjian dengan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (HHS), dengan agensi dan negara-negara bagian yang akan mengatur alokasi untuk rumah sakit hingga akhir September.

Baca :  Studi Terbaru: Virus COVID-19 Bisa Menyebar 6 Meter Dibantu Angin

HHS telah mendapatkan lebih dari 500.000 kursus perawatan obat untuk rumah sakit A.S sampai September, agensi mengatakan pada hari Senin.

Ini mewakili 100% dari proyeksi produksi Gilead untuk Juli dari 94.200 kursus perawatan, 90% produksi pada Agustus dan September, di samping alokasi untuk uji klinis, kata HHS.

Setelah ini, setelah persediaan berkurang, HHS akan berhenti mengelola alokasi, kata Gilead.

Harga Remdesivir telah menjadi topik perdebatan sengit sejak regulator AS menyetujui penggunaan daruratnya pada beberapa pasien COVID-19 pada bulan Mei. Para ahli mengatakan Gilead perlu menghindari kelihatannya mengambil keuntungan dari krisis kesehatan demi keuntungan.

Regulator kesehatan Uni Eropa pekan lalu merekomendasikan persetujuan bersyarat dari obat tersebut ketika digunakan pada mereka yang sakit kritis. Lampu hijau resmi oleh Komisi Eropa diperkirakan akan segera menyusul.

Versi generik remdesivir

Gilead telah dikaitkan dengan pembuat obat generik yang berbasis di India dan Pakistan, termasuk Cipla Ltd dan Hetero Labs Ltd, untuk membuat dan memasok remdesivir di 127 negara berkembang.

Versi Cipla dihargai kurang dari 5.000 rupee India ($ 66,24 setara Rp. 945.000), sementara versi Hetero Lab dihargai 5.400 rupee.

Sumber : Gilead Prices COVID-19 Drug Candidate Remdesivir at $2,340 Per Patient https://www.medscape.com/viewarticle/933097

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Bio Farma Jelaskan Keunggulan Vaksin COVID-19 dari Tiongkok dan Vaksin Merah Putih

Majalah Farmasetika – Bio Farma menggandeng Sinovac dari Tiongkok untuk penyediaan vaksin Covid-19. Saat ini, …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.