Download Majalah Farmasetika

Pertimbangan Regulasi Terkait Model Peracikan 503B ke 503A untuk Apotek Komunitas

Majalah Farmasetika – Tinjauan mengenai persyaratan bagi apotek yang mempertimbangkan untuk memesan senyawa dari fasilitas 503B.

Pada 27 Juni 2023, FDA mengeluarkan panduan draf yang mengizinkan apotek 503A untuk membeli obat-obatan yang diracik dari fasilitas 503B untuk dibagikan kepada pasien. Panduan tersebut menetapkan bahwa obat yang diracik tidak boleh diubah dalam bentuk apa pun oleh 503A, dikemas ulang (selain dari penempatan label apotek), dipotong atau dibagi menjadi dosis yang berbeda, dijual oleh apotek, atau dipindahkan ke apotek lain atau kantor dokter, bahkan untuk dibagikan kepada pasien individu.

Sebelumnya, fasilitas 503B dapat mendistribusikan senyawa non-pasien tertentu yang dipersiapkan untuk apotek institusional seperti rumah sakit serta lembaga perawatan kesehatan lainnya dan untuk ‘penggunaan kantor’ bagi dokter. Beberapa rumah sakit menggunakan banyak 503B di seluruh negeri untuk mendapatkan berbagai produk steril. Fasilitas 503B tidak boleh terlibat dalam distribusi grosir senyawa yang diproduksi, artinya mereka tidak dapat menjual kepada pembeli yang akan menjual kembali. Ini tidak menghalangi penjualan ke rumah sakit, apotek rumah sakit rawat inap dan rawat jalan, klinik, apotek ritel, fasilitas perawatan jangka panjang, kantor dokter, atau entitas lain yang membagikan atau mengelola senyawa tersebut. Berdasarkan panduan yang dikeluarkan pada 27 Juni 2023, fasilitas 503B dapat menjual senyawa ke organisasi pembelian kelompok, logistik pihak ketiga, dan broker tanpa terlibat dalam grosir. Beberapa perbedaan utama antara peracikan 503B dan 503A sesuai dengan Undang-Undang Makanan Obat & Kosmetik dan berbagai panduan interpretatif FDA diuraikan dalam Tabel 1.

Dalam model 503B ke 503A, senyawa didistribusikan dari fasilitas 503B ke apotek 503A untuk dibagikan sesuai dengan resep di tingkat apotek komunitas yang relatif baru; menjadi penting untuk tetap mengikuti perkembangan apapun. Di bawah ini, kami mengidentifikasi daftar periksa untuk apotek untuk diikuti saat membeli dari fasilitas outsourcing 503B.

A. Lisensi/Pendaftaran

Meskipun apotek 503A dapat melakukan outsourcing dari 503B, mungkin ada larangan atau pembatasan tertentu oleh Dewan Apotek negara bagian tertentu. Jika membagikan ke pasien luar negara bagian, apotek harus memiliki lisensi luar negara bagian di negara bagian di mana mereka berencana untuk membagikan resep yang diracik. Langkah ini tidak dapat dilewati karena 503B adalah sumber obat-obatan yang diracik.

Fasilitas outsourcing harus terdaftar dengan Dewan Apotek negara bagian atau entitas lain yang bertanggung jawab untuk lisensi 503B di tingkat negara bagian untuk setiap negara bagian tempat pengiriman obat-obatan yang diracik. Sebagai contoh, jika 503B menjual ke 503A yang berlokasi di New Jersey (NJ), ia harus mematuhi semua aturan NJ yang berkaitan dengan fasilitas 503B.

Baca :  Menavigasi Siklus Hidup Biosimilar: Pertimbangan Kunci untuk Penghematan Biaya Berkelanjutan

Lebih lanjut mengenai logistik dan proses yang terlibat, hanya 503B yang berlisensi sebagai apotek yang dapat membagikan resep yang spesifik untuk pasien. Namun, dalam model 503B ke 503A, pesanan dari apotek adalah pesanan untuk ‘stok kantor’ untuk dibagikan. Apotek tidak mengirimkan resep pasien individu ke 503B.

B. Pembagian

503A hanya dapat membagikan resep 503B yang diracik kepada pasien atau agen pasien (kecuali untuk zat yang dikendalikan karena dokter tidak dapat menjadi agen pasien untuk obat-obatan ini). Pengiriman dari peracik 503A dari resep yang dibagikan kepada pasien yang menggunakan senyawa 503B kepada penyedia (misalnya, dokter, praktisi perawat) untuk pemberian kepada pasien diizinkan. Namun, resep tersebut harus berupa resep yang spesifik untuk pasien dan bukan untuk penggunaan kantor. Artinya, resep sebenarnya dibagikan kepada pasien dan diberi label seperti itu tetapi dikirim ke kantor pemberi resep untuk pemberian di tempat. Praktisi tidak dapat kemudian membagikan kembali obat resep kepada pasien. Hal ini dilarang di bawah aturan 503A dan secara eksplisit dilarang di negara bagian tertentu, seperti di NJ.

C. Mitigasi Kewajiban

Ada kewajiban bersama antara pembeli/pembagi apotek dan fasilitas outsourcing 503B, yang semakin menegaskan bahwa proses pemilihan yang menyeluruh adalah yang paling penting saat memilih mitra outsourcing 503B. Membuat kontrak antara 503A dan 503B yang menangani kejadian merugikan (AEs), kualitas produk, penarikan atau pemberitahuan di luar spesifikasi (misalnya, waktu, biaya) adalah hal yang penting. Kualitas, keselamatan, dan kesesuaian persiapan tetap menjadi tanggung jawab fidusia apotek dan apoteker yang membagikan. Tugas ini tidak dapat dipindahkan. Perlu dicatat bahwa fasilitas outsourcing 503B bukanlah produsen. Oleh karena itu, produk yang dibuat oleh 503B tidak dicakup oleh undang-undang dan batasan kewajiban produk yang sama seperti dari produsen cGMP yang disetujui FDA; termasuk klausul indemnifikasi dalam kontrak dapat membantu meminimalkan kewajiban.

Apotek 503A mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan jaminan dari fasilitas 503B bahwa senyawa tersebut memenuhi spesifikasi dan, jika penarikan diperlukan, 503B akan menangani biayanya. Jika 503B mengetahui adanya AE dari suatu lot tertentu, 503B harus segera memberi tahu apotek (seperti yang dilakukan oleh produsen dalam keadaan serupa).

503B harus melaporkan AE ke FDA melalui MedWatch. Jika apotek menerima laporan AE, penting untuk memiliki kebijakan dan prosedur (P&P) untuk menangani pelaporan AE (atau penarikan) dengan kerangka waktu yang ditentukan. Beberapa negara bagian (misalnya, California) memiliki persyaratan pelaporan AE yang spesifik untuk apotek 503A yang terlibat dalam peracikan steril.

Apotek masih harus mematuhi persyaratan USP QA/QC. Meskipun apotek itu sendiri tidak melakukan peracikan, apotek harus menyimpan obat-obatan yang diracik dengan tepat sebelum dibagikan. Selain itu, apotek harus mengevaluasi baik keluhan maupun AE dan harus memiliki P&P untuk menangani keluhan. Investigasi keluhan dan AE harus mempertimbangkan apakah masalah kualitas meluas ke produk steril yang diracik lainnya (CSP). Pertimbangan penting adalah bahwa keluhan pasien dapat diajukan ke FDA atau Dewan Apotek atau keduanya oleh pasien dan ini sering kali memicu inspeksi. Salah satu cara untuk mengurangi risiko ini adalah dengan menampilkan nama fasilitas peracikan dan informasi kontak pada label apotek jika dibagikan kepada pasien (beberapa pertimbangan pelabelan diuraikan dalam Tabel 2). Meskipun persyaratan ini hanya merupakan rekomendasi USP, praktik terbaik untuk keselamatan pasien harus selalu menjadi prioritas utama.

Baca :  Menavigasi Siklus Hidup Biosimilar: Pertimbangan Kunci untuk Penghematan Biaya Berkelanjutan

D. Pemeriksaan Fasilitas 503B

Penting bagi apotek untuk memeriksa bahwa 503B terdaftar di situs web FDA sebagai memiliki pendaftaran yang masih berlaku. Apotek tidak dapat membeli senyawa 503B dari siapa pun selain langsung dari 503B. Apotek tidak dapat membeli senyawa ini dari pengemas ulang atau grosir.

Di situs web FDA, apotek juga dapat menentukan apakah fasilitas 503B memiliki pelanggaran yang tertunda, misalnya 483 yang diterbitkan atau penarikan yang dilakukan dan apakah inspeksi telah ditutup (misalnya, FDA FMD-145 yang diterbitkan). Apotek juga dapat melihat penarikan langsung di situs web FDA karena mungkin memerlukan beberapa hari sebelum pemberitahuan mengenai penarikan lot tertentu. 503B bertanggung jawab untuk memastikan Sertifikat Analisis (COA), formulasi, stabilitas, dan Tanggal Kedaluwarsa (BUD) sesuai dan apotek tidak perlu mendapatkan dokumen-dokumen ini dari 503B. Namun, sebagai bagian dari proses pemeriksaan, apotek harus memastikan apakah obat tersebut diracik dari produk yang tersedia secara komersial atau bahan baku API bubuk dan apakah mereka akan dapat terus memasok produk meskipun terjadi kekurangan.

Referensi

  1. Prohibition on Wholesaling Under Section 503B of the Federal Food, Drug, and Cosmetic Act. FDA. June 2023. Accessed June 19, 2024. https://www.fda.gov/regulatory-information/search-fda-guidance-documents/prohibition-wholesaling-under-sCosmetic Act. ection-503b-federal-food-drug-and-cosmetic-act
  2. Section 503A and 503B of the Food, Drug & Cosmetic Act. FDA. August 13, 2021. Accessed June 19, 2024. https://www.fda.gov/drugs/human-drug-compounding/fdc-act-provisions-apply-human-drug-compounding#:~:text=Section%20503A%20of%20the%20FD%26C,compounding%20within%20an%20outsourcing%20facility.
  3. Facility Definition Under Section 503B of the Federal Food, Drug, and Cosmetic Act. FDA. May 2018. Accessed June 19, 2024. https://www.fda.gov/media/97359/download
  4. <797> Pharmaceutical Compounding—Sterile Preparations. USP. December 1, 2019. Accessed June 19, 2024. https://www.uspnf.com/sites/default/files/usp_pdf/EN/USPNF/revisions/gc-797-postponement-rb-notice-20191122.pdf
  5. Compounded Drug Products That Are Essentially Copies of a Commercially Available Drug Product Under Section 503A of the Federal Food, Drug, and Cosmetic Act. FDA. January 2018. Accessed June 19, 2024. https://www.fda.gov/regulatory-information/search-fda-guidance-documents/compounded-drug-products-are-essentially-copies-commercially-available-drug-product-under-section
Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

praktek kefarmasian

Viral! Petugas Cleaning Service Nekat Meracik Obat untuk Pasien di RSUD Ryacudu, 7 Orang Diperiksa Inspektorat

Majalah Farmasetika – Seorang petugas cleaning service di RSUD Ryacudu, Kotabumi, Lampung Utara, mendadak viral …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.