Download Majalah Farmasetika

Mengenal David Wijaya, Influencer dan Content Creator Apoteker Terpopuler

Majalah Farmasetika – Dengan follower instagram sebanyak 267 ribu, menjadikan David Wijaya sebagai influencer dan content creator apoteker terpopuler di Indonesia.

Redaksi Majalah Farmasetika secara eklusif mengadakan wawancara singkat dengannya (25/1/2023).

Founder youthranger, finplan, dan bijakobat

David Wijaya dikenal sebagai pendiri beragam platform edukasi seperti Youth Ranger Indonesia (@youthranger.id), Finplan (@finplan.id) dan Bijak Obat @bijakobat.id). Pengikut dari ketiga platform ini lebih dari 90 ribu orang.

David berharap bisa terus mengedukasi lebih banyak orang dan menebar beragam manfaat.

“Bagi saya pribadi, pendidikan adalah kunci untuk melepas rantai kemiskinan, kesenjangan sosial, dan tingkat kesehatan yang rendah. Walaupun kita apoteker, kita bisa juga merambah beragam bidang khususnya juga keuangan atau finance.” ujar apoteker yang menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung angkatan 2014.

David menjelaskan bahwa platform bijakobat.id merupakan platform edukasi kesehatan yang berfokus untuk memberikan informasi seputar kesehatan, khususnya penggunaan obat dengan bijak dan memberikan layanan konseling atau konsultasi bersama apoteker kepada masyarakat secara gratis.

Platform Youth Ranger Indonesia adalah platform kolaborasi para pemuda Indonesia untuk mengasah keterampilan serta potensinya ditunjang dengan beragam project yang akhirnya membatnu anak muda mempersiapkan dunia kerja. Melalui beragam kegiatannya, Youth Ranger Indonesia melantik lebih dari 30 duta pemuda yang tersebar di provinsi Indonesia. Harapannya ada banyak aksi kolaborasi nyata dan menjadikan pemuda ujung tombak pembangunan bangsa. Website nya bisa dilihat di https://youthrangerindonesia.com/

Platform berikutnya adalah finplan.id, melalui platform ini kita bisa belajar mengenai keuangan dengan ringan. Di Instagram ada beragam edukasi melalui meme yang membantu kita belajar dengan santai. Namun jika ingin mengikuti coursenya untuk belajar materi keuangan lebih dalam, bisa melalui websitenya di https://finplan.id/.

Baca :  Apoteker Solusi Penting Percepat Program Vaksinasi COVID-19 di Australia

Perjalanan karir David

David bercerita karirnya dimulai sewaktu masih menempuh pendidikan sarjana farmasi dengan mengikuti beragam perlombaan dan melakukan berbagai kegiatan sosial. Selain itu ia juga dikenal sebagai mahasiswa yang aktif berorganisasi di kampus dan menjadi Mahasiswa Berprestasi Sekolah Farmasi ITB.

Ketika mahasiswa, David Wijaya terpilih menjadi Staf Ahli Pharmaceutical Sciences and Education Nasional di ISMAFARSI (ikatan senat mahasiswa farmasi seluruh indonesia) periode 2016-2018. Beliau membantu mengembangkan beragam program kerja yang membantu peningkatan pemerataan kualitas pendidikan farmasi di Indonesia. Bergerak bersama tim nya disetiap wilayah, David berkordinasi hingga membuat beragam kegiatan perlombaan dan patient counseling club di kampus-kampus.

David Wijaya dibesarkan di Cirebon bersama ketiga saudara lainnya. Ia memulai pendidikan dasar di SD Putra Nirmala, Cirebon Jawa Barat. Kemudian meneruskan ke SMPK 1 BPK Penabur Cirebon, Jawa Barat, lulusan 2011, lalu ke SMAK 1 BPK Penabur Cirebon lulusan tahun 2014.

Pendidikan tingginya ia selesaikan di S1 Farmasi ITB, lulus tahun 2018 dan dituntaskan dengan menyelesaikan pendidikan apoteker di Apoteker Institut Teknologi Bandung pada tahun 2019. David juga kemudian mengambil beberapa lisensi perencanaan keuangan seperti Associate Wealth Planner (AWP®) dan Registered Professional Planner (RPP®)

“Suka duka sebagai content creator apoteker dengan follower yang tinggi sebenarnya hampir banyak sukanya. Senang karena apa yang dibagikan bisa bermanfaat bagi banyak orang, senang jika ada orang lain yang bisa merasakan dampak bahwa apoteker ada dan dikenal lebih jauh perannya dibandingkan hanya sebagai tukang obat saja. Dukanya karena harus membagi waktu dengan baik dan mengorbankan waktu waktu santai untuk berkontribusi lebih banyak.” jelas David.

Prospek content creator farmasi

Menurutnya, prospek kedepannya akan terus meningkatkan beragam literasi, saat ini content is the king, tapi bukan hanya sebatas konten, tapi harapannya konten yang bisa memberikan beragam kebermanfaatan bagi masyarakat.

Baca :  Apoteker Harus Tahu Sumber Kontaminasi pada Produk Steril dan Cara Mengatasinya

“Harapan saya akan lahir juga banyak content creator dari jurusan farmasi, jika ada yang tertarik juga bisa menghubungi saya. Senang jika banyak orang ikut aktif.
Disamping itu, saat ini ia juga aktif menjadi narasumber dalam memberikan materi edukasi kesehatan, keuangan, dan motivasi kepada pemuda Indonesia untuk lebih berkarya dan memajukkan Indonesia.” terang David.

Pada tahun 2019 lalu, David berkesempatan mendapatkan 3rd Winner of Asian Young Pharmacists Group Award atas kontribusinya terhadap Indonesia.
Saran dan pesan untuk para apoteker di Indonesia untuk selalu mengikuti perkembangan jaman, terus upgrade skill tidak hanya dibidang farmasi tapi bidang penunjang lainnya sehingga eksistensi apoteker juga bisa terus dan semakin dirasakan oleh masyarakat Indonesia. #NW

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

FDA telah menyetujui 2 metode administrasi baru untuk tablet obat antikejang (ASM) cenobamate (Xcopri; SK Biopharmaceuticals).

Majalah Farmasetika – Obat ini ditujukan untuk pasien dewasa dengan kejang parsial, dan kini obat …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.