Home / Berita / Apoteker Harus Tahu 4 Unsur Baru di Tabel Periodik Telah Diberi Nama
tabel periodik baru
Apoteker Harus Tahu 4 Unsur Baru di Tabel Periodik Telah Diberi Nama (pic: www.sciencenews.org)

Apoteker Harus Tahu 4 Unsur Baru di Tabel Periodik Telah Diberi Nama

e-farmasetika (13/6/2016). Kini mahasiswa farmasi dan apoteker akan mendapatkan tabel periodik baru dimana baris ketujuh saat ini sudah terisi penuh oleh unsur baru. Empat unsur, secara resmi ditambahkan ke tabel periodik pada bulan Desember 2015, dan kini telah diberi nama oleh penemunya. Mereka adalah nihonium (Nh), moscovium (Mc), tennessine (Ts), dan oganesson (Og).

Pada bulan Desember, the International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) resmi mengakui penemuan unsur 113, 115, 117 dan 118, mengisi baris ketujuh dari tabel periodik. Seperti regulasi sebelumnya, hak penamaan ditentukan oleh penemunya: Para ilmuwan di RIKEN di Wako, Jepang, memberikan nama unsur 113.

tabel periodik baru
Sumber : www.sciencenews.org

Nama elemen harus mengikuti aturan-aturan tertentu. Sejalan dengan konvensi, nama-nama yang diusulkan untuk empat elemen yang berasal dari nama ilmuwan dan lokasi geografis lembaga penelitian. Setelah lima bulan periode peninjauan publik dan persetujuan oleh IUPAC, nama-nama dari penemu akan menjadi resmi.

Elemen 113 dijuluki “nihonium” dengan simbol kimia Nh. Namanya berasal dari kata dalam bahasa Jepang “Nihon,” atau “Land of the Rising Sun,” nama untuk negara Jepang.

Elemen 115 akan menerima moniker “moscovium,” disingkat menjadi Mc, tempat dimana unsur ditemukan yakni di wilayah Moskow, the Joint Institute for Nuclear Research in Dubna, di mana bekerjasama dengan para peneliti di Lawrence Livermore National Laboratory di California dan Oak Ridge National Laboratory di Tennessee.

Tennessee juga menjadi salah satu nama unsur di tabel periodik. Nama yang diusulkan untuk elemen 117 adalah “tennessine,” negara bagian asal Oak Ridge, Vanderbilt University dan University of Tennessee. Unsur ini menggunakan simbol Ts.

Elemen 118 akan diberi nama oganesson, atau Og, setelah fisikawan Rusia Yuri Oganessian berkontribusi pada penemuan beberapa elemen superheavy.

Baca :  PP IAI Keluarkan Regulasi Baru Terkait Rekomendasi Surat Izin Praktik Apoteker

Sumber : https://www.sciencenews.org/blog/science-ticker/four-newest-elements-periodic-table-get-names

Share this:
  • 7.5K
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    7.5K
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Farmasi UGM Gelar Seminar Bertopik Pelayanan Kefarmasian berbasis Elektronik

farmasetika.com – Setelah sukses dengan Seminar Nasional & Talkshow Kefarmasian di tahun 2017, Pharmacious BEM KM …

One comment

  1. Jd ada tambahan ni buat ngapalin gol gas mulia: Heboh Negara Arab Karena Xeksi Randanya OmyGod

Leave a Reply

Skip to toolbar