Inovasi Pengobatan Terbaru Pada Mata : In Situ Gel Opthalmic

Farmasetika.com – Mata merupakan organ yang peka dan penting dalam kehidupan, terletak dalam lingkaran bertulang yang berfungsi untuk memberi perlindungan maksimal sebagai pertahanan yang baik dan kokoh.

Mata mempunyai pertahanan terhadap infeksi, karena sekret mata mengandung enzim lisozim yang dapat menyebabkan lisis pada bakteri dan dapat membantu mengeliminasi organisme dari mata (Muzakkar, 2007).

Pemberian obat mata adalah salah satu usaha yang paling menarik dan menantang yang dihadapi ilmuwan farmasi.

Anatomi, fisiologi, dan biokimia dari mata membuat organ ini sangat tahan terhadap zat-zat asing. Sebuah tantangan yang signifikan untuk formulator adalah untuk menghindari hambatan (barrier) pelindung mata tanpa menyebabkan kerusakan jaringan permanen.

Sebuah pengembangan baru, yaitu teknik diagnostik yang lebih sensitif dan formulasi agen terapi yang baru untuk memberikan sistem penghantaran mata dengan keberhasilan terapi yang tinggi telah dikembangkan.

Bentuk sediaan larutan tetes mata, suspensi, dan salep konvensional bukan lagi terapi yang optimal untuk pengobatan pada mata (Li, n et all 2009).

In situ sistem pembentuk gel dapat memenuhi kriteria ini karena dapat meningkatkan bioavailabilitas karena peningkatan waktu tinggal prekornea dan penyerapan, melepaskan obat berkepanjangan dan mempertahankan relatif konstan profil plasma, Mengurangi jumlah / frekuensi aplikasi maka ditingkatkan kepatuhan pasien dan kenyamanan (El-Kamel AH, 2002).

Apa itu In Situ Gel ??

Sediaan In situ gel adalah larutan polimer transparan sederhana yang merupakan cairan pada kondisi penyimpanan, namun diubah menjadi gel viskoelastis setelah dimasukkan ke dalam mata karena sifat transisi fasa dari polimer (Miyazaki et all 2001).

Polimer in situ yang biasa digunakan yaitu kombinasi HPMC & Poloxamer 407 dan kombinasi HPMC K4M & sodium alginat, dimana polimer tersebut dapat meningkatkan waktu tinggal pra-kornea dan dapat menurunkan frekuensi pemberian bentuk sediaan.

Keuntungan In Situ Gel Opthalmic

Keuntungan dari sediaan In Situ Gel yaitu In situ Gel dapat dipertahankan pada permukaan mata untuk durasi yang lebih lama dan dengan demikian dapat meningkatkan waktu tinggal obat di lokasi aksi, sehingga bioavailabilitas obat ditingkatkan dan ketidakpatuhan pasien lebih rendah dibandingkan dengan konvensional sistem pengiriman obat mata (Miyazaki et all 2001).

Persyaratan In Situ Gel Opthalmic

Persyaratan yang ideal untuk in situ pembentuk gel formulasi pemberian obat harus memenuhi persyaratan sebagai berikut (Miyazaki et all 2001) :

  1. Gelasi (Sol-Gel fase transisi)
  2. Pelepasan obat berkelanjutan
  3. pH optimal
  4. kejelasan
  5. sifat viskositas
  6. Steril
  7. Stabilitas
  8. Kandungan obat
  9. Toleransi okular
  10. Reprodusibilitas
  11. Isotonisitas
  12. kelengketan

Datar Pustaka

  1. Muzakkar, 2007, Uji Sterilitas Tetes Mata yang Beredar di Kota Palu Setelah Satu Bulan Penggunaan, Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi dan Pengetahuan Alam (STIFA) Pelita Mas, Palu.
  2. Li, n., Zhuanga, c., Wanga, m., Sunb, x., Niea, s., Pana, w., 2009. Liposome coated with low molecular weight chitosan and its potential use in ocular drug delivery. International Journal of Pharmaceutics. Vol. 379, p.131–138
  3. El-Kamel AH (2002) In vitro and in vivo evaluation of Pluronic F127- based ocular delivery system for timolol maleate. Int J Pharm 241(1): 47-55.
  4. Miyazaki S, Suzuki S, Kawasaki N, Endo K, Takahashi A, et al. (2001) In situ gelling xyloglucan formulations for sustained release ocular delivery of pilocarpine hydrochloride. Int J Pharm 229(1-2): 29-36.
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About Elasari Dwi Pratiwi

Elasari Dwi Pratiwi
Mahasiswa Magister Ilmu Farmasi, Wound Healing Research Group, Departemen Farmasetika dan Teknologi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran.

Check Also

Cantigi Ungu, Anti Penuaan Dini dan Antioksidan Alami

farmasetika.com – Cantigi ungu (Vaccinium varingiaefolium (Bl.) Miq.) merupakan tumbuhan yang hidup disekitar kawah pengunungan …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.