Konsumsi Suplemen myHMB® Membuat Fungsi Otot Lebih Baik

Majalah Farmasetika – Otot merupakan organ dalam tubuh manusia yang besar peranannya dalam mobilitas sehari-hari. Rusaknya otot jelas menurunkan kualitas hidup. Oleh karena itu dibutuhkan suplementasi dari luar tubuh untuk menjaga kesehatan organ otot. Produk myHMB® merupakan pilihan yang tepat untuk tujuan tersebut.

Apa itu myHMB®, dan bagaimana cara kerjanya ?

myHMB® merupakan merk dagang dari senyawa β-Hydroxy-β-Mehyl Butyrate (HMB). Senyawa ini merupakan senyawa alami yang dihasilkan dari asam amino leusin. HMB bekerja dengan cara meningkatkan produksi protein otot serta mengurangi penguraian protein otot. (gambar 1). Mekanisme inilah yang menyebabkan HMB lebih poten dalam menjaga fungsi otot.  

Gambar 1. HMB bekerja dengan 2 mekanisme. Sumber: TSI Group (telah diolah)

Berbagai studi telah dilakukan untuk meninjau efek dari suplemen HMB terhadap kesehatan otot. Berdasarkan studi dari Stout dkk (2013) [1], diketahui bahwa suplementasi HMB meningkatkan kekuatan otot pada subjek uji manula berusia > 65 tahun. Berdasarkan studi lain oleh Lamboley dkk (2001)[2], suplementasi HMB meningkatkan batas toleransi otot terhadap aktivitas berat (ditunjukkan dengan peningkatan RCP sebanyak 56%). Selain itu, berdasarkan penelitian lain oleh Deutz, N.E dkk (2013)[3], suplementasi HMB  diketahui menjaga massa otot pada pasien rawat inap.  

Mengapa harus mengkonsumsi produk ini?

 Diketahui bahwa terdapat lebih dari 600 otot pada tubuh manusia. Otot-otot tersebut berperan besar untuk menunjang aktivitas dan pergerakan kita sehari-sehari. Berbagai faktor dapat menyebabkan penurunan fungsi otot, di antaranya adalah cedera/penyakit, nutrisi yang tidak cukup, kurangnya aktivitas, hingga penuaan (gambar 2).

Asupan protein yang diperoleh dari makanan sehari-hari seringkali tidak cukup melawan faktor-faktor tersebut. Oleh karena itulah dapat digunakan suplementasi HMB dari luar tubuh untuk menjaga fungsi otot.  

Gambar 2. Pengaruh usia terhadap fungsi otot. Fungsi otot akan menurun setelah usia 30 tahun. Sumber: TSI Group (Telah diolah)

Mengapa memilih myHMB®  ?

Produk HMB diproduksi Oleh TSI Pharmaceuticals Co. Ltd yang telah tersertifikasi GMP dan juga ISO 22000:2018 sehingga dengan demikian menjamin kualitasnya. Produk myHMB®  juga telah tersertifikasi halal.

Selain itu, produk myHMB® dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan mmasyarakat mulai dari kawula muda, atlet, olaragawan, masyrakat lanjut usia, hingga pasien dalam masa pemulihan. Pangsa pasar yang ditawarkan sangatlah luas dan beragam.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh HMB adalah bahwa hanya dibutuhkan dosis yang kecil untuk menghasilkan efek yan sedemikian besar (gambar 3), dengan semikian lebih praktis untuk digunakan oleh konsumer.

Gambar 3. Perbandingan dosis HMB dengan protein serta suplemen lainnya. SUmber: TSI group (telah diolah)

Produk apa saja yang kompatibel dengan myHMB®  ? 

myHMB® telah digunakan oleh berbagai manufaktur di banyak belahan dunia mulai dari Vietnam, India, Malaysia, Eropa hingga Amerika serikat. Bebrapa produk yang pernah diproduksi adalah dalam bentuk kapsul, tablet, serta sebuk..

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengnan produk myHMB® ataupun bahan baku lainnya, dapat menghubungi PT. Tatarasa Primatama melalui e-mail busdev@tatarasa.com atau melalui situs tatarasa.com/en/about-us/.  

REFERENSI

[1] Stout, J. R., Smith-Ryan, A. E., Fukuda, D. H., Kendall, K. L., Moon, J. R., Hoffman, J. R., Wilson, J. M., Oliver, J. S., & Mustad, V. A. (2013). Effect of calcium β-hydroxy-β-methylbutyrate (CaHMB) with and without resistance training in men and women 65+yrs: a randomized, double-blind pilot trial. Experimental gerontology48(11), 1303–1310. https://doi.org/10.1016/j.exger.2013.08.007 Bottom of Form

[2] Lamboley, C. R., Royer, D., & Dionne, I. J. (2007). Effects of beta-hydroxy-beta-methylbutyrate on aerobic-performance components and body composition in college students. International journal of sport nutrition and exercise metabolism, 17(1), 56–69. https://doi.org/10.1123/ijsnem.17.1.56

[3] Deutz, N. E., Pereira, S. L., Hays, N. P., Oliver, J. S., Edens, N. K., Evans, C. M., & Wolfe, R. R. (2013). Effect of β-hydroxy-β-methylbutyrate (HMB) on lean body mass during 10 days of bed rest in older adults. Clinical nutrition (Edinburgh, Scotland), 32(5), 704–712. https://doi.org/10.1016/j.clnu.2013.02.011

Metabolic Technologies, LLC (MTI) & TSI Group Ltd. (TSI). The Science of MyHMB® [PDF]. Retrieved from source directly.

TSINIHInfographic_v15 (myhmb.com)

What Is HMB | Proven Muscle Health Solution | myHMB

Share this:

About Aditia Budiman

On behalf of; Tan Soon Hock/Soekiandi Ali ----------------------------------------------- PT TATARASA PRIMATAMA Jl Sutera Niaga III No. 1, Alam Sutera Kec. Serpong, Kotamadya Tangerang Banten - 15325 INDONESIA Tlp: +62-21- 2904 7277 / 7377 (hunting) Fax: +62-21- 2904 7278 / 7399 email : busdev4@tatarasa.com; tatarasa@indo.net.id

Check Also

Baricitinib, Obat Sistemik Pertama untuk Alopecia Areata

Majalah Farmasetika – Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah menyetujui tablet baricitinib (Olumiant; …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.