10 Tips Finansial Terbaik untuk Mahasiswa Farmasi dan Apoteker

Majalah Farmasetika – Rata-rata, apoteker saat ini lulus dengan lebih dari $170,000 (Rp. 2.4 milyar) dalam hutang pinjaman mahasiswa di Amerika Serikat. Tidak menutup kemungkinan terjadi juga di Indonesia walaupun dengan nilai yang lebih kecil.

Mencari tahu bagaimana mengatasi utang itu, di atas prioritas keuangan lainnya seperti membayar uang muka rumah atau merencanakan pensiun, tidaklah mudah. Sebagian besar sekolah farmasi tidak mengajarkan keuangan pribadi, jadi terserah Anda untuk mengatur diri sendiri agar sukses dengan mengendalikan uang Anda saat Anda masih mahasiswa.

Berikut adalah 10 tips finansial terbaik untuk mahasiswa farmasi:

1. Buat Anggaran

Ketika mendengar kata anggaran , apa yang terlintas di benak Anda? Makan ramen, hidup hemat, belanja di toko barang bekas? Meskipun tidak satu pun dari ini adalah praktik buruk (dan tentu saja dapat membantu Anda menghemat), membuat anggaran berarti membuat rencana permainan untuk uang Anda. Anggaran membantu Anda mempersiapkan pengeluaran di muka, memungkinkan Anda mengarahkan pendapatan yang dapat dibelanjakan (uang yang tersisa setelah membayar tagihan) menuju tujuan keuangan.

Mengembangkan anggaran sebagai siswa adalah kunci untuk menghindari pengeluaran berlebihan dan akan membantu Anda meminimalkan hutang. Apoteker Keuangan Anda menawarkan template penganggaran gratis dan sederhana. Setelah menyiapkan anggaran Anda, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi seperti Mint atau EveryDollar untuk melacak kemajuan bulanan Anda.

2. Kembangkan Tujuan Keuangan yang Solid

Meskipun Anda mungkin tidak menghasilkan banyak uang sebagai siswa, pertimbangkan untuk memiliki tujuan keuangan yang spesifik, terukur, dan tepat waktu untuk tabungan, kekayaan bersih, dan pembayaran utang. Berikut adalah kerangka dasar yang dapat Anda gunakan untuk penetapan tujuan: Pada <tanggal>, saya ingin <tujuan keuangan> sehingga <mengapa Anda ingin mencapainya>. Untuk mencapai ini, saya akan <langkah yang akan Anda ambil untuk membuat tujuan menjadi kenyataan>.

Baca :  5 Tren Digital Farmasi di Masa Depan

3. Siapkan Dana Darurat

Keadaan darurat dan pengeluaran tak terduga bisa datang kapan saja dan dengan cepat menggagalkan rencana keuangan Anda, kecuali jika Anda memiliki dana darurat. Pedoman umum adalah memiliki biaya 3 hingga 6 bulan yang dihemat di rekening darurat, tetapi menabung sebanyak itu bisa menjadi tantangan bagi siswa. Pilih jumlah yang Anda rasa nyaman sehingga Anda tidak perlu bergantung pada kartu kredit untuk menyelamatkan Anda jika biaya tak terduga muncul.

4. Minim Hutang Kartu Kredit

Hutang kartu kredit seringkali merupakan akibat dari pengeluaran yang berlebihan atau membayar pengeluaran yang tidak terduga. Menyiapkan anggaran dan berkontribusi untuk dana darurat dapat membantu mencegah Anda terjerumus ke dalam hutang kartu kredit. Jika Anda memilikinya, cobalah untuk menghilangkannya sesegera mungkin dan temukan strategi yang akan membantu Anda menghindarinya di masa depan.

5. Hitung dan Lacak Kekayaan Bersih Anda

Menghitung dan melacak kekayaan bersih Anda adalah cara cepat untuk menganalisis kesehatan keuangan Anda. Kekayaan bersih Anda adalah aset Anda (barang yang Anda miliki) dikurangi kewajiban Anda (hutang yang Anda berutang). Berkat pinjaman mahasiswa, ini mungkin akan menjadi angka negatif yang besar untuk mahasiswa farmasi, tetapi jangan biarkan hal itu membuat Anda putus asa! Ingat, lintasan kekayaan bersih Anda lebih penting daripada jumlah saat ini.

6. Kembangkan Strategi Pembayaran Pinjaman Siswa

Mempertimbangkan bahwa sebagian besar lulusan baru memiliki hutang pinjaman mahasiswa lebih dari $100,000, penting untuk memiliki strategi pembayaran yang solid. Mulailah dengan meninjau pinjaman federal dan swasta yang Anda miliki untuk melihat saldo Anda saat ini dan kemungkinannya setelah lulus. Kenali opsi pembayaran pinjaman seperti pengampunan pinjaman layanan publik, pembiayaan kembali, dan rencana pembayaran lainnya, sehingga Anda dapat selangkah lebih maju ketika Anda lulus.

7. Mulailah Mendidik Diri Sendiri

Anda tidak memerlukan gelar master di bidang keuangan untuk sukses dengan uang, tetapi penting untuk memiliki dasar yang kuat yang akan membantu Anda membuat keputusan keuangan yang cerdas dan mengembangkan kebiasaan uang yang baik. Jika Anda tertarik dengan sumber daya yang dibuat untuk apoteker, lihat buku Apoteker Keuangan Anda ( Tujuh Gambar Apoteker: Cara Memaksimalkan Penghasilan Anda, Menghilangkan Tanggal, dan Menciptakan Kekayaan ), situs web, dan podcast.

Baca :  Mahasiswa Unpad Ciptakan Pasta Gigi Bentuk Tablet Ramah Lingkungan

8. Pertimbangkan Side Hustle

Usaha sampingan adalah cara untuk menghasilkan uang ekstra di luar pekerjaan penuh waktu, yang, bagi mahasiswa farmasi, kemungkinan besar hanya sekolah. Tetapi Anda dapat mengubah keterampilan atau minat dan hobi pribadi Anda menjadi aliran pendapatan untuk mencapai tujuan keuangan Anda lebih cepat.

9. Mulai Berinvestasi dalam Rencana Tabungan 401(K), 404(B), atau Hemat Perusahaan Anda

Ketika Anda terperosok dalam pinjaman mahasiswa dan hutang lainnya, mungkin sulit untuk mengejar investasi, dan Anda mungkin merasa bahwa Anda dapat menunda tabungan pensiun selama beberapa tahun. Kenyataannya, bagaimanapun, adalah Anda harus memanfaatkan bunga majemuk, dan semakin dini Anda mulai menabung, semakin baik.

Mereka yang bekerja sebagai magang farmasi mungkin memiliki pilihan untuk berkontribusi pada rencana pensiun yang disponsori majikan. Jika perusahaan menawarkan kontribusi yang sesuai, itu memberi Anda uang gratis. Bagi kebanyakan orang, memenuhi syarat untuk pertandingan perusahaan adalah pilihan terbaik, bahkan saat melunasi pinjaman mahasiswa. Berapa banyak yang Anda hemat di luar persyaratan minimum tergantung pada tujuan keuangan Anda.

10. Atur Sistem untuk Menghindari Gaya Hidup Creep

Gaya hidup merayap bisa terjadi bahkan jika Anda seorang mahasiswa yang tidak bergaji sebagai apoteker biasa. Penting untuk tidak jatuh ke dalam permainan perbandingan dengan rekan-rekan Anda. Menghabiskan uang untuk liburan, untuk mendekorasi apartemen Anda, atau membeli banyak pakaian untuk wawancara dan konferensi dapat menyebabkan Anda berutang lebih banyak.

Ambil Langkah untuk Mempersiapkan Diri Secara Finansial

Referensi :

Top 10 Financial Tips for Pharmacy Students. News Release. Tim Ulbrich; April 29, 2022. Accessed April 29, 2022. https://www.pharmacytimes.com/view/top-10-financial-tips-for-pharmacy-students.

Share this:

About Ayu Dewi Widaningsih

Pharmacy Student

Check Also

Gizi Rendah Berpotensi Besar Terkena Diabetes di 10 Tahun Kedepan

Majalah Farmasetika – Orang dewasa muda yang berisiko mengalami kerawanan pangan mengalami peningkatan kejadian diabetes …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.