Gambaran Klinis Sindrom Serotonin

Majalah Farmasetika – Sindrom serotonin adalah hasil dari stimulasi serotonin berlebih pada reseptor serotonin pusat dan perifer. Hal ini dapat terjadi karena kelebihan prekursor atau agonis serotonin, peningkatan pelepasan serotonin, penurunan reuptake serotonin, atau penurunan metabolisme serotonin, yang sering disebabkan oleh pemberian obat serotonergik.

Sindrom serotonin umumnya terjadi dalam waktu 6 jam setelah perubahan dosis atau penambahan obat. Ini sama mungkinnya terjadi dengan dosis terapeutik seperti halnya overdosis, sehingga sangat sulit untuk memprediksi kapan pasien berisiko.

Sindrom serotonin secara klasik dikaitkan dengan tiga serangkai gejala: perubahan status mental, ketidakstabilan otonom (yaitu, takikardia, hipertermia, hipertensi), dan kelainan neuromuskular (hiperrefleksia, mioklonus). Sayangnya, tidak semua pasien datang dengan gejala yang begitu jelas.

Sindrom serotonin sering merupakan diagnosis eksklusi setelah menyingkirkan sindrom neuroleptik maligna, toksisitas antikolinergik, dan hipertermia maligna, yang semuanya dapat hadir dengan gejala yang serupa namun dapat dibedakan. Jika tidak diidentifikasi dan ditangani dengan benar, sindrom serotonin dapat mengakibatkan komplikasi yang signifikan, seperti kejang, rhabdomyolisis, asidosis metabolik, gagal ginjal, gagal jantung, dan koagulasi intravaskular diseminata.

Selain itu, pasien dengan sindrom serotonin berada pada peningkatan risiko kematian di lingkungan dengan suhu lingkungan yang lebih tinggi. Sindrom serotonin umumnya diketahui terkait dengan kombinasi obat yang memiliki aktivitas serotonergik atau meningkatkan fungsi serotonergik.

Antidepresan serotonergik (MAOI, SSRI, SNRI, TCA) adalah penyebab umum yang terkait dengan sindrom serotonin, terutama bila diberikan pada dosis tinggi dan sering, dengan obat serotonergik lainnya (seperti triptan atau antidepresan lainnya), atau dengan obat lain yang mengubah metabolismenya.

Salah satu penyebab umum yang terkait dengan sindrom serotonin yang sering diabaikan adalah obat bebas, terutama suplemen herbal. Beberapa obat OTC yang terkait dengan sindrom serotonin termasuk dekstrometorfan, ginseng, L-triptofan, dan St John’s Wort, dan 5-HTP. Ada laporan kasus yang diterbitkan yang menunjukkan peran suplemen herbal dalam perkembangan sindrom serotonin.

Bryant dan Kolodchak melaporkan kasus seorang laki-laki berusia 19 tahun yang mengembangkan gejala sindrom serotonin saat datang ke program hari psikiatri untuk pengobatan depresi dan penyalahgunaan zat. Pasien sering menggunakan mariyuana dan MDMA dan baru-baru ini mencoba detoksifikasi dengan rejimen triptofan dan St John’s Wort yang ditemukan di internet.

Setelah diselidiki lebih lanjut, ditemukan juga bahwa pasien telah minum obat batuk juga, diduga dekstrometorfan. Penggunaan obat-obatan ini secara bersamaan menghasilkan perkembangan sindrom serotonin.

Patel dan Marzella mempresentasikan kasus seorang pria berusia 28 tahun yang mengembangkan sindrom serotonin parah setelah 5 menit jogging di tempat perawatan. Daftar pengobatan rumahan yang disediakan oleh pasien menunjukkan penggunaan 200 mg sertraline, 350 mg bupropion (baik sebagai formulasi lepas cepat dan jangka panjang), dan jumlah cyclobenzaprine harian yang tidak diketahui, serta divalproex.

Dia mengembangkan rhabdomyolysis luas yang berkembang menjadi sindrom kompartemen akut yang membutuhkan fasciotomi. Saat kondisi pasien memburuk, terungkap bahwa ia memiliki lebih dari 21 suplemen makanan yang berbeda, termasuk 5-HTP, yang mulai ia konsumsi pada hari pertama datang. Informasi ini mengarah pada diagnosis sindrom serotonin, memungkinkan untuk pengobatan yang tepat dengan benzodiazepin dan pemulihan pasien akhirnya.

Warner, dkk menerbitkan serangkaian kasus sindrom serotonin perioperatif selama prosedur rawat jalan. Seorang pria 72 tahun memakai fluoxetine, asiklovir, dan kunyit sebelum prosedur dan menjadi tidak responsif dengan aktivitas seperti kejang segera setelah menerima 2 dosis fentanil.

Ahli anestesi baru-baru ini bertemu dengan pasien dengan toksisitas serotonin dan mampu mengidentifikasi sindrom serotonin sebagai kemungkinan penyebabnya. Sindrom ini teratasi dalam waktu 1 menit setelah pemberian nalokson dan pasien hanya mengalami kebingungan ringan setelahnya.

Sindrom serotonin mungkin tidak jelas untuk dikenali, memberikan peluang untuk perkembangan yang cepat dan komplikasi yang parah. Selain itu, sulit untuk memprediksi pasien mana yang berisiko mengalami sindrom serotonin.

Peran obat OTC dan suplemen herbal dalam sindrom serotonin tidak didefinisikan dengan jelas dan laporan kasus adalah bukti terbaik yang tersedia saat ini. Sangat penting untuk mendapatkan daftar obat yang akurat dan terkini dari pasien, termasuk penggunaan suplemen herbal baru-baru ini.

Penggunaan obat OTC secara historis kurang dilaporkan oleh pasien kepada penyedia medis mereka. Pasien yang memakai obat serotonergik harus dipantau dan gejala sindrom serotonin diingat.

Referensi :

Clinical Overview: Serotonin Syndrome https://www.pharmacytimes.com/view/clinical-overview-serotonin-syndrome.

Share this:

About Ayu Dewi Widaningsih

Pharmacy Student

Check Also

Hasil Studi Upadacitinib Menggembirakan untuk Terapi Penyakit Crohn

Majalah Farmasetika – AbbVie mengumumkan hasil topline positif dari U-ENDURE, studi pemeliharaan fase 3 yang …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.