Home / R & D / Uji Klinik / Kombinasi Obat Baru Memberikan Harapan Untuk Terapi Acute Myeloid Leukaemia
Leukemia Limfositik Kronis
pic : freedigitalphotos.net

Kombinasi Obat Baru Memberikan Harapan Untuk Terapi Acute Myeloid Leukaemia

farmasetika.com – Baru-baru ini sebuah uji klinis di Amerika Serikat akan mencoba menguji kombinasi obat baru untuk Acute Myeloid Leukaemia (AML). Penelitian ini diharapkan dapat memaksimalkan efektivitas dalam membunuh sel-sel kanker dari masing-masing obatnya.

Apa itu Acute Myeloid Leukaemia?

Acute Myeloid Leukaemia (AML) adalah kanker dari sel darah jenis myeloid, ditandai dengan pesatnya pertumbuhan sel darah putih abnormal yang diproduksi di sumsum tulang dan mengganggu produksi sel darah normal.

AML adalah leukimia akut yang paling umum yang mempengaruhi orang dewasa, dan insiden meningkat dengan usia. Meskipun AML adalah penyakit yang relatif jarang, terhitung sekitar 1,2% dari kematian akibat kanker di Amerika Serikat.

Gejala AML disebabkan oleh penggantian sumsum tulang normal dengan sel-sel leukemia, yang menyebabkan penurunan sel darah merah, trombosit, dan sel darah putih normal. Gejala ini termasuk kelelahan, sesak napas, mudah memar dan pendarahan, dan peningkatan risiko infeksi. Beberapa faktor risiko dan kelainan kromosom telah teridentifikasi, tetapi penyebab spesifik tidak jelas. Sebagai leukemia akut, AML berkembang pesat dan biasanya fatal dalam beberapa minggu atau bulan jika tidak diobati.

Kombinasi Obat Baru Memberikan Harapan Untuk Terapi Acute Myeloid Leukaemia

Uji klinik yang akan dilakukan di University of Maryland Greenebaum Comprehensive Cancer Center, Fox Chase Cancer Center dan University of Southern California, akan menggabungkan obat talazoparib PARP inhibitor dengan DNA methyltransferase (DNMT) inhibitor decitabine. AML sering didahului dengan sindrom myelodysplastic (MDS), yang decitabine merupakan pengobatan yang sudah disetujui FDA.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa PARP dan DMNT inhibitor meningkatkan efek masing-masing bila digunakan dalam kombinasi.

“Kelangsungan hidup jangka panjang dengan AML sangat rendah dan sayangnya daftar obat saat ini sebagian besar tetap tidak berubah selama beberapa dekade,” kata Profesor Feyruz Rassool, anggota dari variabel-SU2C Epigenetik Dream Team.

Baca :  Perflutren Mikrosfer, Agen Kontras ZAMAN NOW!

“Kombinasi terapi, seperti talazoparib dan decitabine memungkinkan untuk menyerang kanker dari berbagai sudut pada tingkat yang paling dasar untuk efek potensi yang lebih besar.” lanjutnya.

Stephen Baylin, co-leader tim, menjelaskan: “Ketika PARP tiba di lokasi kerusakan, akan memperbaikinya, dan kemudian pergi. Jika terjebak di sana, itu akan membunuh sel. Hal yang sama berlaku untuk molekul yang disebut methyltransferases DNA, yang penting untuk mengatur bagaimana instruksi genetik dapat dibaca dan ditindaklanjuti. Kami menemukan bahwa methyltransferase DNA sebenarnya meningkatkan waktu ketika PARP terjebak di lokasi kerusakan DNA,dan meningkatkan efektivitas inhibitor PARP. ”

Pengujian berharap untuk menghasilkan pengobatan alternatif untuk penyakit yang akan dibuat tersedia di Rumah Sakit.

Tim juga optimistis bahwa penelitian ini akan mengarah ke aplikasi yang diperluas dari pengobatan dalam bentuk lain dari kanker:

“Pekerjaan kami juga menunjukkan harapan terapi kanker ovarium dan kanker payudara, terutama kanker payudara triple-negatif, yang sangat sulit untuk diobati,” Rassool menambahkan.

“Jika uji klinis pertama ini berhasil, kami berharap untuk memperluas studi kami untuk membantu lebih banyak pasien.” tutupnya.

Sumber :

  1. New drug combination gives hope for acute myeloid leukaemia treatment. http://www.pharmafile.com/news/513512/new-drug-combination-gives-hope-acute-myeloid-leukaemia-treatment (diakses 12 Maret 2017).
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Acute_myeloid_leukemia (diakses 12 Maret 2017).
Share this:
  • 218
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    218
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

penelitian

Pergeseran Trend Pengembangan Obat Baru di Industri Farmasi Dunia dan Permasalahannya

farmasetika.com – Pengembangan obat baru merupakan bagian yang memakan biaya sangat tinggi dalam industri farmasi. …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar