Download Majalah Farmasetika
bupivacaine

KEMENKES Keluarkan Surat Edaran Penghentian Pemakaian Obat Bupivacaine Injeksi Dexa Medica

KEMENKES Keluarkan Surat Edaran Penghentian Pemakaian Obat Bupivacaine Injeksi Dexa Medica. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) melalui surat edaran Nomor : HK.03.03/III/0843/2016 tentang “Penghentian Pemakaian Obat Anestesi Bupivacaine Injeksi Dexa Medica” menginformasikan untuk melarang dan menghentikan pemakaian Anestesi Bupivacaine injeksi produksi Dexa Medica sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Hal ini menindaklanjuti surat edaran sebelumnya No.03.03/I/0598/2016 yang menghentikan pemakaian obat serupa produksi Bernofarm sehubungan dengan adanya Kejadian Tidak Diharapkan (KTD) sentinel di beberapa Rumah Sakit yang diduga akibat pemakaian obat anestesi Bupivacaine Injeksi keluaran Pabrik Dexa Medica.

Oleh karenanya, Kemenkes untuk sementara melarang dan menghentikan pemakaian obat anestesi Bupivacaine Injeksi produksi Dexa Medica. Selanjutnya Kementrian Kesehatan RI akan menugaskan Tim Investigasi Terpadu ke Rumah Sakit dimana terjadi KTD sentinel. Surat edaran ini ditanda-tangani kemarin (26/4) oleh Direktur Jenderal, Bambang Wibowo.

Berikut adalah surat edaran lengkapnya :

bupivacaine

Oleh karenanya, Apoteker yang berperan penting dalam proses produksi, distribusi, dan pengadaan obat Bupivacaine ini hendaknya mengikuti surat edaran yang dikeluarkan Kemenkes. Tidak terkecuali Dokter spesialis anestesi yang akan menggunakan produk ini.

Share this:
Baca :  Studi: Peran Apoteker Sangat Vital Dalam Meningkatkan Efektivitas Biaya Pengobatan Pasien Hipertensi

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Simak! Kemenkes Terbitkan Panduan Terbaru Penerbitan SIP Bagi Tenaga Medis dan Kesehatan

Majalah Farmasetika – Pada tanggal 12 Januari 2024, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi G. Sadikin, …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.