parasetamol apoteker

Apoteker di Irlandia Ditegur dan Dibimbing Karena Tidak Praktik Profesional

Majalah Farmasetika (V1N5-Juli 2016). The Pharmaceutical Society of Ireland (PSI) telah menegur seorang apoteker karena kinerja profesional di Apotek yang buruk (19/7).

PSI adalah badan hukum yang bertanggung jawab untuk mengatur apoteker dan apotek komunitas di Irlandia. Selain itu, bertanggung jawab dalam mengawasi pelatihan apoteker baru, apoteker teregistrasi di PSI adalah penting sebagai lisensi praktek untuk dapat bekerja di apotek di Irlandia.

Apoteker Yeremia Blake, pemilik Apotek Blake, akan “dibimbing” selama satu tahun oleh seorang apoteker pengawas/mentor, dan dia harus bertemu dengan mentor setidaknya 3 kali selama setahun.

Dewan PSI jika di Indonesia mungkin seperti MPEDAI (Majelis Etik dan Disiplin Apoteker Indonesia Pusat) menemukan bahwa Blake terbukti kurang memelihara dan mengendalikan daftar obat, daftar resep, dan catatan farmasi, termasuk catatan obat yang dimusnahkan. Blake juga ditegur karena kurangnya penyimpanan yang sesuai terkait produk obat untuk manusia dan hewan. Misalnya, produk kadaluwarsa tidak dipisahkan dari barang-barang lainnya dan juga tidak dihapus untuk pembuangan atau perusakan.

Obat-obatan yang diperlukan untuk disimpan di suhu dingin juga tidak disimpan dengan benar di lemari es. Selain itu, Blake tidak menyimpan obat-obatan yang disimpan dalam lingkungan yang bersih atau yang sesuai.

Apoteker Blake juga tidak menjamin bahwa prosedur operasi standar (SOP) yang diikuti, dan ia tidak memberikan konsultasi terhadap pasien.

“Dewan memutuskan untuk memberlakukan kondisi ini dengan memperhatikan standar profesional yang sangat buruk dalam banyak aspek pekerjaan Blake selama jangka waktu lama,” tulis keputusan dewan.

Mentor Apoteker akan mengajukan laporan atas perubahan yang dilakukan Blake untuk masalah ini, dan kemudian dewan akan meninjau semua laporan pada akhir tahun untuk memastikan bahwa perilakunya memuaskan.

Jika salah satu laporan tidak memenuhi dewan, maka Blake akan terus dipantau sampai dewan mengampuni.

Baca :  Mau Jadi APA para Apoteker di Indonesia?

Sumber :

  1. http://www.pharmacytimes.com/news/pharmacist-reprimanded-for-poor-professional-practices
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Pharmaceutical_Society_of_Ireland
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Buktikan Mutasi Virus Corona Tak Sebabkan COVID-19 Lebih Parah Tapi Cepat Menular

Majalah Farmasetika – Sebuah studi besar menunjukkan bahwa varian virus korona baru yang mungkin lebih …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.