7 Tips Jitu dalam Mencari Pekerjaan Bagi Apoteker yang Baru Lulus

9 Alasan Kuat Mengapa Harus Menjadi Seorang Apoteker

Majalah Farmasetika (V1N7-September 2016). Apa sih apoteker? siapa mereka? kenapa harus menjadi Apoteker? sedikit dari beberapa pertanyaan yang sering terdengar di kalangan masyarakat awam. Padahal  menurut “the American Association of Colleges of Pharmacy” ada beberapa alasan kuat yang bisa mendasari mengapa harus menjadi seorang Apoteker. Alasan-alasan yang mencerminkan sebagai seorang Apoteker yang hebat, terutama di negara maju saat ini.

9 Alasan yang mirip dengan kondisi di Indonesia ini pada dasarnya memiliki pengaruh yang sangat penting di tatanan pelayanan kesehatan. Tidak heran akan terasa baik secara langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat yang dilayani oleh para Apoteker.

1. Saya Ingin Membantu Orang Menjadi Sembuh

Apoteker memainkan peran kunci dalam membantu pasien agar merasa lebih baik dan sembuh secepat mungkin. Apoteker dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan pasien dengan memilih obat yang terbaik dan membantu untuk menghindari efek samping.

Beberapa obat yang tersedia di apotek bisa mengobati penyakit tunggal atau penyakit lainnya. Apoteker bekerja dengan resep untuk menentukan obat- terbaik dan terapi non-obat untuk penyakit pasien tertentu, usia, jenis kelamin, kesehatan, dll. Apoteker sebagai penolong pasien untuk informasi reaksi alergi dan efek samping terkait obat lainnya.

2. Saya Suka Bekerja Langsung dengan Pasien

Sejak apotek sering terletak dalam sebuah komunitas perumahan dan di tempat-tempat belanja umum seperti supermarket, apoteker umumnya dianggap sebagai anggota paling mudah dicari dari tim kesehatan. Pasien sering dapat mengunjungi apoteker lokal mereka untuk mencari nasihat tentang obat mereka tanpa harus membuat janji.

Baca :  Peran Apoteker di Masa Pandemi COVID-19

Apoteker juga dapat menyediakan layanan lain yakni swamedikasi seperti imunisasi, perawatan asma, layanan monitoring tekanan darah, skrining kolesterol, manajemen penyakit diabetes, konsultasi berhenti merokok, kepadatan tulang scan untuk pemeriksaan osteoporosis, klinik manajemen antikoagulan dan banyak lagi.

3. Saya Menikmati Luas Peluang Karir dan Lapangan Pekerjaan

Apoteker dapat bekerja dalam berbagai bidang profesional. Mayoritas apoteker (60 persen -di Amerika-red.) bekerja di apotek masyarakat rantai independen atau ritel dan memberikan konseling kepada pasien pada penggunaan resep dan over-the-counter (OTC) obat.

Apoteker bekerja di berbagai lingkungan kesehatan lainnya juga, termasuk rumah sakit, panti jompo, industri farmasi, perguruan tinggi dan sekolah-sekolah serta pemerintahan. Apoteker memainkan peran kunci kepemimpinan dalam semua aspek sistem kesehatan.

4. Saya Ingin menjadi Anggota Penting dari Tim Kesehatan

Apoteker bekerja dengan profesional perawatan kesehatan lainnya untuk memaksimalkan hasil kesehatan. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa kehadiran seorang apoteker di rumah sakit sebagai anggota penuh tim perawatan pasien telah terbukti untuk mencegah kesalahan obat dan mengurangi biaya.

Kolaborasi profesional kesehatan, seperti dokter dan apoteker, dapat membantu untuk memastikan bahwa pasien dengan benar mengambil obat yang diresepkan dan menghindari interaksi obat yang berbahaya.

5. Saya Bisa Punya Pekerjaan “Mobilitas, Stabilitas, dan Fleksibilitas”

Apoteker bisa bekerja di berbagai bidang. Apoteker mungkin dapat membangun jam kerja non-tradisional atau paruh waktu, tergantung pada pengaturan praktek. Bahkan di Amerika, karena kekurangan apoteker, mahasiswa apoteker sering menerima beberapa tawaran pekerjaan sebelum lulus.

Klik halaman berikutnya >>

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

Studi Buktikan Mutasi Virus Corona Tak Sebabkan COVID-19 Lebih Parah Tapi Cepat Menular

Majalah Farmasetika – Sebuah studi besar menunjukkan bahwa varian virus korona baru yang mungkin lebih …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.