baby-teeth

FDA Peringatkan Bahaya Penggunaan Tablet dan Gel Homeopati Gigi

Majalah Farmasetika (V1N8-Oktober 2016). Food and Drug Administration (FDA) Amerika kemarin (30/9) memperingatkan produk homeopati gigi (homeopathic teething) bentuk tablet dan gel. Produk Hyland dan sejenisnya banyak dijual secara online termasuk di Indonesia.

Menurut informasi dari salah satu situs online di Indonesia, Hylands Baby Teething Gel aman dan efektif membantu mengurangi sakit dan bengkak pada gusi si kecil semasa pertumbuhan gigi. Terbuat dari tanaman tanaman sehingga aman dan tidak ada efek samping bagi si kecil.

pic : raisingnaturalkids.com
pic : raisingnaturalkids.com

FDA memperingatkan konsumen bahwa homeopati tablet gigi dan gel dapat menimbulkan risiko pada bayi dan anak-anak. FDA merekomendasikan kepada konsumen untuk berhenti menggunakan produk tersebut.
Homeopati tablet gigi dan gel didistribusikan oleh CVS, Hyland, dan mungkin orang lain, dan dijual di toko-toko ritel dan online.

Konsumen harus segera mencari perawatan medis jika anak mereka mengalami kejang, kesulitan bernapas, kelesuan, mengantuk berlebihan, kelemahan otot, kulit memerah, sembelit, kesulitan buang air kecil, atau agitasi setelah menggunakan tablet gigi homeopati atau gel.

“Tumbuh gigi dapat dikelola obat tanpa resep atau over-the-counter (OTC),” kata Janet Woodcock., direktur FDA Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat.

“Kami merekomendasikan orang tua dan pengasuh tidak memberikan tablet dan gel gigi homeopati untuk anak-anak dan mencari nasihat dari profesional perawatan kesehatan mereka untuk alternatif yang aman.” lanjutnya.

FDA menganalisis efek samping yang dilaporkan ke lembaga mengenai tablet dan gel homeopati gigi, termasuk kejang pada bayi dan anak-anak yang diberi produk ini, sejak peringatan keselamatan pada tahun 2010 terkait tablet gigi homeopati. FDA saat ini sedang menyelidiki masalah ini, termasuk pengujian sampel produk. Badan ini akan terus berkomunikasi dengan publik sebagai informasi lebih lanjut tersedia.

Baca :  Setelah 6 Dekade, Tafenoquine, Obat Pertama Malaria Plasmodium Vivax Disetujui FDA

Homeopati tablet gigi dan gel belum dievaluasi atau disetujui oleh FDA untuk keselamatan atau keampuhan. Badan ini juga tidak menyadari manfaat kesehatan terbukti dari produk yang diberi label untuk meringankan tumbuh gigi gejala pada anak-anak.

Sumber : http://www.fda.gov/NewsEvents/Newsroom/PressAnnouncements/UCM523468

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

BPOM Tetapkan Vitamin D 1000 IU sebagai Suplemen Kesehatan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Majalah Farmasetika –  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan Keputusan Kepala Badan POM …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.