Home / Dispensing / Edukasi / 70% Pasien di Inggris Merasa Tidak Perlu Ke Dokter Setelah Bertemu dengan Apoteker
apoteker dokter

70% Pasien di Inggris Merasa Tidak Perlu Ke Dokter Setelah Bertemu dengan Apoteker

farmasetika.com – Sebuah laporan dari survei terbaru di Inggris yang dilakukan oleh asosiasi pasien (The Patients Association) dan Asosiasi Layanan Primer Farmasi (the Primary Care Pharmacy Association) melaporkan bahwa apoteker memiliki peran penting dalam layanan kesehatan yang disambut oleh pasien.

Apa itu Asosiasi Pasien dan Asosiasi Layanan Primer Farmasi?

Asosiasi Pasien merupakan organisasi indenpenden yang menerima pengaduan para pasien di Inggris, mirip seperti LPKI di Indonesia. Sedangkan Asosiasi Layanan Primer Farmasi merupakan organisasi non profit yang menaungi seluruh Apoteker yang bekerja langsung terhadap pasien.

70% Pasien di Inggris Merasa Tidak Perlu Ke Dokter Setelah Bertemu dengan Apoteker

Survei yang berjudul “A Survey of patients and carers views of pharmacists based in GP practices” menunjukkan bahwa 70% pasien di Inggris merasa tidak perlu berkunjung dan membuat janji ke dokter setelah dilayani oleh Apoteker klinis.

Survei ini dilakukan ketika dokter umum di inggris mulai mempekerjakan apoteker terlatih menjadi bagian integral dari tim klinis prakteknya sebagai ahli dalam obat-obatan. Penelitian ini didukung oleh pemerintah setempat dan menjadi skema percontohan untuk Wales dan Irlandia Utara. Diharapkan dalam waktu dekat setiap praktek klinis di Inggris akan memiliki apoteker khusus yang menawarkan dukungan konsultasi pasien.

Keberadaan apoteker membantu dokter lebih fokus mengelola pekerjaannya

Memiliki seorang apoteker dalam praktek klinis berarti dokter bisa fokus dengan keterampilan mereka di mana mereka yang paling dibutuhkan, misalnya pada cara mendiagnosa dan mengobati pasien dengan kondisi yang kompleks. Ini akan membantu dokter dalam mengelola pekerjaan mereka tepat waktu.

Periode survei yang dilakukan selama musim panas, lebih dari 300 tanggapan diterima. Hampir 80% dari pasien menyambut baik penambahan apoteker untuk tim praktek umum dan mengatakan bahwa mereka mengharapkan review obat-obatan mereka dengan apoteker.

Baca :  Pandangan Apoteker Terkait Vaksin Palsu, Salah Siapa?

Hampir 80% responden juga menyatakan bahwa mereka memiliki akses yang lebih baik ke layanan dengan apoteker berbasis dokter praktek umum. Dengan 70% merasa bahwa mereka tidak perlu membuat janji untuk bertemu dokter mereka setelah berbicara dengan apoteker mereka.

Peran apoteker bekerjasama dengan dokter praktek umum adalah hal baru

Peran apoteker yang dipekerjakan oleh dokter praktek umum adalah salah satu yang relatif baru, ada pekerjaan yang harus dilakukan dalam meningkatkan profil dan manfaat dari peran ini dengan pasien dan dokter.

” Kami telah melakukan proyek ini untuk lebih memahami pandangan pasien dan memiliki mekanisme sendiri dalam pengobatan mereka dan peduli pada praktek dokter umum, serta memiliki kesempatan untuk mempengaruhi perubahan.” ujar Katherine Murphy, Kepala Eksekutif Asosiasi Pasien, dikutip dari patients-association.org.uk (11/12/16).

“Asosiasi Layanan Primer Apoteker senang dengan temuan survei ini, yang jelas menunjukkan bahwa pasien menghargai kesempatan untuk mendiskusikan obat-obatan dan perawatan dengan apoteker berbasis praktik tanpa merasa perlu untuk membuat janji dengan dokternya. Kami menyambut laporan ini dan berharap untuk terus membangun hubungan positif kami dengan Asosiasi Pasien untuk mempromosikan manfaat dari apoteker praktek untuk pasien dan masyarakat. ” ungkap Liz Butterfield, Ketua Asosiasi Layanan Primer Apoteker.

Sumber :

Patient Association. Patients welcome benefits from new pharmacist role in GP practices. http://www.patients-association.org.uk/press/patients-welcome-benefits-new-pharmacist-role-gp-practices/(Diakses 11 Desember 2016).

About PCPA. http://www.pcpa.org.uk/about-pcpa.html.(Diakses 11 Desember 2016).

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Cegah Resistensi Antibiotik Dengan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat “Gema Cermat”

Farmasetika.com –  Antibiotik merupakan senyawa yang dapat menekan proses biokimia dalam sel bakteri. Penggunaan antibiotik …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar