iai

97% Apoteker Menginginkan Pemasangan Gelar “apt” di Depan Nama

farmasetika.com – Editorial. Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) telah merilis surat edaran : B1. 207/PP.IAI/1418/VI/2017 terkait masukan gelar apt pada 15 Juni 2017. Menindaklanjuti surat edaran tersebut, redaksi farmasetika.com telah membuat survei online sejak tanggal 16 Juni 2017 dan masih dibuka melalui link berikut ini.

Dalam survei tersebut terdiri dari 4 pertanyaan, yakni: nama, asal institusi apoteker, setuju tidaknya terkait pemasangan gelar apt di depan, komentar. 137 apoteker dari berbagai institusi apoteker mengikuti survei secara online. 97% dari 137 apoteker setuju agar pemasangan gelar “apt” sebelum nama.

Berikut adalah hasil survei sementara hingga tanggal 3 Juli 2017, untuk menjaga kerahasiaan, kami tidak mengumumkan nama apoteker yang ikut serta dalam survei ini.

1. Asal institusi apoteker

2. Hasil polling

3. Komentar

Gravatar
Gravatar180,097,097Agar profesi Apoteker lebih di kenalMonday, Jun 26th 1:08AM
Gravatar179,985,115Agar lebih di kenal seperti gelar dokterFriday, Jun 23rd 11:32AM
Gravatar179,955,557Gelar di depan ini menjadi penyemangat untuk bersikap lebih profesionalThursday, Jun 22nd 11:42PM
Gravatar179,902,589Untuk lebih memperkenalkan ‘apoteker’ secara tersurat kepada masyarakat.Thursday, Jun 22nd 3:19AM
Gravatar179,895,526Dengan semakin dikenalnya profesi apoteker, semaking diakui peranannya (terutama di dunia klinis), dampak jangka panjangnya adalah peningkatan mutu pelayanan terhadap pasien, mengingat pentingnya pencapaian sistem pelayanan kolaboratif yang katanya patient oriented.Wednesday, Jun 21st 9:38PM
Gravatar179,894,734Namun gelar sarjana S1 tdk perlu.kecuali jika S2 up..bolehlah dikasih.trus kalau udah S2.gelar S1 nya g usah…kayake aneh nyebutnya…SFarm.Mpharm.Apt…Wednesday, Jun 21st 9:06PM
Gravatar179,843,5812Tuesday, Jun 20th 6:00PM
Gravatar179,843,447Masyarakat harus lbh mengenal apa itu apoteker, siapa itu apoteker, kapan mereka bekerja, bagaimana pentingnya peran apoteker dlm penggunaan obat, dn dimana dpt bertemu dg apoteker..Tuesday, Jun 20th 5:49PM
Gravatar179,826,242Gelar Apoteker didepan lebih mudah dikenal oleh masyarakatTuesday, Jun 20th 10:19AM
Gravatar179,817,242Semoga apoteker makin dikenal di masyarakat. Shg perannya makin terlihat.Tuesday, Jun 20th 7:04AM
Gravatar179,809,598Biasa aja sih sebenarnya toh masyarakat juga sudah tau kalo apoteker itu di bagian obat-obatan
Selama kerja benar dan dedikasi tinggi, masyarakat juga lambat laun akan mengenal profesi ini
Kalo gelar hanya untuk gagah2an sih mending gak usah kesannya apoteker gamau kalah pamor. Toh sekarang masyarakat juga sudah banyak yg kenal profesi ini. Kalo mau malah disebar tenaga kerjanya bukannya branding nama pake gelar tapi gak salah juga sih branding dengan gelar selama kinerja juga baik. Semoga bisa jadi masukan :))
Tuesday, Jun 20th 4:09AM
Gravatar179,806,774JAYA APOTEKER ?Tuesday, Jun 20th 2:55AM
Gravatar179,805,871Menggunakan profesi apoteker di depan tp menggunakan huruf besar di awal nya .
Ex : Apt Royyan Dwi Agustio S.Farm
Tuesday, Jun 20th 2:34AM
Gravatar179,803,547Agar lebih mudah dikenal masyarakat.Tuesday, Jun 20th 1:26AM
Gravatar179,803,520Semoga kedepan ada plan2 bijak terkait kesejahteraan aptTuesday, Jun 20th 1:21AM
Gravatar179,802,003Ketika org mengenal apoteker dgn istilah ahli obat, maka disitu rasa tanggung jawab apoteker sendiri dipergunakan. Sehingga dapat memberikan semangat trhadap apoteker sendiri untuk senantiasa belajar agar masyarakat lebih percya dan yakin bahwa apoteker sumber informasi bagi masyarakat terkait informasi serta edukasi ttg obatMonday, Jun 19th 11:59PM
Gravatar179,800,671Biar ada perubahan untuk profesi kita.Monday, Jun 19th 10:37PM
Gravatar179,798,326Seperti yang dikatakan bahwa, dgn kebiasaan memanggil gelarnya masyarakat pasti akan lebih mengenal profesi apotekerMonday, Jun 19th 8:29PM
Gravatar179,797,675Supaya lebih di kenal oleh masyarakat luasMonday, Jun 19th 8:04PM
Gravatar179,791,243agar apoteker lebih dikenal lagi di kalangan masyarakat awam yang tak mengerti adanya peran apoteker dalam bidang kesehatanMonday, Jun 19th 3:52PM
Gravatar179,776,161Biar lebih terkenal n familiar di mata masyarakatMonday, Jun 19th 9:43AM
Gravatar179,775,675Lebih mengenalkan profesi dan agar terbiasa memanggil apoteker sesama nakes.Monday, Jun 19th 9:34AM
Gravatar179,769,105Semangat untuk para reka sejawat smg usulannya disetujui segera!!Monday, Jun 19th 7:10AM
Gravatar179,768,608Setuju, karena dengan begitu sedikit demi sedikit akan merubah paradigma apoteker di Indonesia yang masih kurang diapresiasi sebagai sebuah profesi tenaga kesehatanMonday, Jun 19th 6:58AM
Gravatar179,768,019Tapi klo jadi didepan ijazah dll gimna?Monday, Jun 19th 6:42AM
Gravatar179,768,011Dengan penulisan gelar Apt di depan akan membuat apoteker lebih dikenal seperti halnya dokter.Monday, Jun 19th 6:40AM
Gravatar179,767,754Agar apoteker lebih dikenal di masyarakat dan menumbuhkan kepercayaan diri apoteker dalam berpraktik, tidak hanya di belakang layar tapi kini berada di depan layarMonday, Jun 19th 6:33AM
Gravatar179,755,579agar masyarakat lebih mengenal adanya profesi apotekerSunday, Jun 18th 9:06PM
Gravatar179,731,380setujuSunday, Jun 18th 4:06AM
Gravatar179,727,343Bismillah, semoga dg gelar baru ini masyarakat semakin tahu tentang apoteker. Amin semoga suksesSunday, Jun 18th 12:54AM
Gravatar179,726,093Agar profesi apoteker lebih dikenal sama seperti dokterSaturday, Jun 17th 11:41PM
Gravatar179,724,710Agar apoteker lebih dikenal masyarakat dan dikenal bukan sekedar tukang obat sajaSaturday, Jun 17th 10:41PM
Gravatar179,716,110Saran aja, bagaimana jika gelar S1 nya di hilangkan. Jadi hanya:
apt. Brilliani Farmasetikawati
Saturday, Jun 17th 4:38PM
Gravatar179,709,780Biar masyarakat mengenal apoteke,Saturday, Jun 17th 1:20PM
Gravatar179,706,927Setuju banget biar kita sebagai Apoteker bisa lebih dikenal dan dihargaiSaturday, Jun 17th 12:05PM
Gravatar179,701,262Agar apoteker semakin jayaSaturday, Jun 17th 9:41AM
Gravatar179,699,753Semoga dg adanya ide tsb masyarakat jd lbh mengenal profesi kitaSaturday, Jun 17th 9:02AM
Gravatar179,697,860Cuma gelar Apt di depan tanpa gelar di belakangSaturday, Jun 17th 8:17AM
Gravatar179,685,636Apt bukan aptSaturday, Jun 17th 1:05AM
Gravatar179,684,950Bagaimana kalo apt. Ismadi saja. Tidak menggunakan S. Farm lagi kalo sudah apoteker. Supaya ga rancu juga saat dipanggil lengkap.Saturday, Jun 17th 12:26AM
Gravatar179,684,881Pembenahan dari internal sejawat Apoteker
juga diperlukan
Saturday, Jun 17th 12:19AM
Gravatar179,684,178Rapihkan roda organisasi IAI.. khususnya di PC Daerah tertentu.. dinkes mengeluarkan SIPA tanpa ada surat rekomendasi dari pengurus PC khususnya tim rekomendasi.. ada juga nama apoteker sebagai penanggungjawab walaupun sudah mengundurkan diri dan apoteknya ttp buka selama 6 bulan setelah APA nya resign.. maklum yg punya sekretaris dinkes.. mohon di bantu..Friday, Jun 16th 11:39PM
Gravatar179,684,171Sanga setuju. Dan segera d realisasikanFriday, Jun 16th 11:42PM
Gravatar179,683,951Setuju. Apoteker lebih mudah dikenal dengan pencantuman gelar seperti itu.Friday, Jun 16th 11:27PM
Gravatar179,683,832Saya setuju segala bentuk usaha dalam memperkenalkan atau mempermudah masyarakat untuk mengenal dan menganggap keberadaan profesi apotekerFriday, Jun 16th 11:22PM
Gravatar179,683,696Betul sekali, agar profesi apoteker lebih dikenal masyarakat luasFriday, Jun 16th 11:18PM
Gravatar179,683,455Agar masyarakat lebih mengenal profesi Apoteker dan terbiasa dengan sebutan Apoteker.Friday, Jun 16th 11:05PM
Gravatar179,683,423Penyebutan apoteker di depan nama dapat memperbaiki citra apoteker selama ini dan agar apoteker lebih dikenal di masyarakatFriday, Jun 16th 11:03PM
Gravatar179,683,239sangaaaaaaaaat setuju, untuk mengenalkFriday, Jun 16th 10:53PM
Gravatar179,683,182Gelar sarjana tidak perlu dicantumkan lagi jika sdah lulus apoteker, karena jika sdah bergelar apoteker, maka pasti sblumnya lulus sarjana frmasi, kcuali Glar psca srjana lain seprti S2 farmasi, spesialis, S3, dan Profesor.Friday, Jun 16th 10:46PM
Gravatar179,682,784Dengan cara demikian lambat laun masyarakat akan mengetahui apa, siapa itu apoteker, dan tdk asing lagi didengarFriday, Jun 16th 10:28PM
Gravatar179,682,315SetujuFriday, Jun 16th 10:00PM
Gravatar179,681,889Agar lebih di kenal masyarakat, karena yang masyarakat tahu itu hnyalah dokter, bidan dan perawat.Friday, Jun 16th 9:32PM
Gravatar179,681,624sudah sepantasnya memang jasa kita di hargai denga sebutan gelar profesi di depan nama agar masyarakat makin tau dan mengenal profesi kitaFriday, Jun 16th 9:17PM

Hingga saat ini survei/polling masih dibuka melalui link berikut ini. Hasil survei ini akan dilaporkan ke PP IAI.

Share this:
  • 244
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    244
    Shares

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ribuan Apoteker Indonesia Ramaikan Ultah IAI ke 65 di Media Sosial

Majalah Farmasetika – Organisasi Profesi Apoteker resmi di Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) merayakan hari …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.