Home / Regulasi / Badan POM Minta Produsen Tarik Produk AQUA dengan Tutup Kemasan Bermasalah

Badan POM Minta Produsen Tarik Produk AQUA dengan Tutup Kemasan Bermasalah

farmasetika.com – Beredarnya video produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merk AQUA yang memiliki kemasan yang mudah dibuka/rentan retak/pecah ketika tutup botol dibuka atau diupayakan dibuka melalui tepian tutup botol cukup meresahkan masyarakat. Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dan perusahaan AQUA angkat bicara.

Dikutip dari situs resmi Badan POM, produk AMDK merek AQUA dengan tutup kemasan botol yang tidak terstandar, dimana kemasan mudah terbuka pada bagian atas (disebut sebagai “pecah koin”), merupakan kemasan botol 330 ml dengan nomor batch tertentu yang diproduksi oleh pabrik di Cianjur bulan Juni 2017.

Terhadap produk tersebut, produsen telah melakukan penarikan/recall. Dan sebagai wujud tanggung jawab, produsen telah mengeluarkan pernyataan perusahaan terkait informasi tutup botol 330 ml pada tanggal 26 Juli 2017.

Badan POM memerintahkan produsen untuk memantau proses penarikan dan memastikan bahwa produk yang bermasalah tidak ada lagi di peredaran.

Badan POM telah melakukan penelusuran dan sampling terhadap produk yang bermasalah, dan akan terus melakukan pengawalan terhadap kasus ini sebagai perlindungan terhadap masyarakat.

Sementara itu, produsen AQUA mengeluarkan pernyataan resmi senada yang dikeluarkan oleh Badan POM dimana produsen telah menugaskan tim khusus untuk berkoordinasi dengan mitra ritel dan distributor demi memastikan bahwa produk 330 ml terbatas tersebut dikumpulkan dari pasaran.

Sebagian besar produk dengan tutup tidak standar tersebut telah diidentifikasi dan dikumpulkan. Produsen juga bekerja sama dengan pihak – pihak yang berwenang selama penelusuran dilakukan.

Produsen berkomitmen dalam rangka menjaga kualitas produk, konsumen yang menemukan produk botol AQUA 330 ml dengan kondisi tutup tidak standar tersebut dapat menukarkan produknya ke tempat pembelian semula, tanpa tambahan biaya.

Baca :  BPOM Rilis "Safety Alert" Untuk Piperacillin Tunggal dan Kombinasi Tazobactam Terkait DRESS

Produsen juga ingin meyakinkan masyarakat bahwa produk AQUA lainnya dengan tutup botol standar tetap aman dikonsumsi karena telah melalui proses produksi yang ketat dan higienis mulai dari sumber air, proses produksi, hingga distribusi.

Sumber :

  1. PENJELASAN BADAN POM TERKAIT TUTUP KEMASAN AIR MINERAL YANG TIDAK TERSTANDAR. http://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/54/PENJELASAN-BADAN-POM-TERKAIT-TUTUP-KEMASAN-AIR-MINERAL-YANG-TIDAK-TERSTANDAR.html (diakses 29 Juli 2017)
  2. Pernyataan Perusahaan Terkait Informasi Tutup Botol 330 ml. http://aqua.com/kabar_aqua/siaran-pers/pernyataan-perusahaan-terkait-informasi-2 (diakses 29 Juli 2017)
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

iai

Biaya Layanan Sistem Informasi Apoteker 100 rb/Tahun Diterapkan Januari 2020

Farmasetika.com – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) pada tanggal 2-3 November 2019 …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar